Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Amma Choridaa

Mari Budayakan Literasi di Sekolah Melalui Program Perpustakaan Keliling

Edukasi | Friday, 08 Mar 2024, 15:48 WIB

Pekalongan (6/3/2024). Mahasiswa KKN UIN Gus Dur kelompok 30 angkatan 58 menjalin kolabolasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kajen.

Kegiatan kolaborasi ini merupakan salah satu bentuk program kerja dari mahasiswa KKN kelompok 30 yakni perpustakaan keliling. Pespustakaan keliling diselengarakaan untuk membekali literasi siswa pada tingkat sekolah dasar supaya gemar membaca buku. Selama kegiatan berlangsung terbagi menjadi dua sesi kegiatan dengan tempat yang berbeda. Sesi pertama perpustakaan keliling ditujukan untuk siswa MI NU Rowolaku, berlangsung pada pukul 08.00-09.30. Pada kesempatan kali ini, bapak Mahkrus selaku kepala sekolah MI NU Rowolaku menyambut hangat pengadaan perpustakaan keliling ini bagi siswa Madrasah. Konsep program kerja yang disusun oleh mahasiswa KKN yaitu siswa mulai dari kelas I sampai kelas VI secara bergantian diarahkan menuju mobil perpustakaan.

Kemudian, pada sela-sela pergantian tersebut mahasiswa KKN mengisi kekosongan kelas dengan belajar dan bermain. Alhasil siswa mempunyai kedekatan dengan mahasiswa KKN untuk saling berinteraksi maupun berkenalan satu sama lain. Siswa diberi waktu kurang lebih 15 menit membaca buku, setelah waktu selesai siswa diarahkan untuk mengembalikan buku. Hal tersebut dilakukan supaya siswa tertib dan tidak ramai sendiri. Sebagai apresiasi rasa terimakasih atas berjalannya kegiatan, mahasiswa KKN memberikan jajan kepada setiap siswa.

Setelah kegiatan perpustakaan keliling selesai di MINU Rowolaku, selanjutnya sesi kedua mobil perpustakaan menuju ke SDN Rowolaku. Tempat SDN Rowolaku tidak begitu jauh dengan MI NU Rowolaku, sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai tujuan. Kegiatan perpustakaan keliling di SDN Rowolaku berlangsung mulai pukul 09.30-11.00 WIB. Seperti sesi kegiatan sebelumnya, siswa sangat berantusias menuju mobil perpustakaan. Sebagaimana, mayoritas siswa di SDN Rowolaku mengaku sangat senang adanya kegiatan perpustakaan keliling ini. Bagi mereka, membaca adalah hal yang menyenangkan apabila diberi hal yang menarik seperti membaca sambil bercerita. Apalagi siswa kelas satu dan dua, mayoritas dari mereka masih membutuhkan bimbingan dalam membaca buku.

Dengan tertib pada akhir kegiatan siswa SDN Rowolaku mengembalikan buku ke dalam mobil dan merapikannya. Pada akhir kegiatan ini juga para mahasiswa KKN kelompok 30 membagikan jajan kepada setiap siswa untuk tetap semangat belajar. Harapan kedepan semoga program kerja perpustakaan terjalin kerja sama antara dinas perpustakaan daerah dengan sekolah yang ada di desa Rowolaku. Selain itu, program perpustakaan keliling bisa menjadi sarana literasi tahunan bagi MI NU Rowolaku dan SDN Rowolaku.

Penulis : Amma Chorida Adila (Mahasiswa UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image