Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Edukasi Stunting, Wasting, dan Underweight

Edukasi | Monday, 04 Mar 2024, 10:38 WIB
Dosen dan Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Edukasi tentang Stunting, Wasting, dan Underweight di Dusun Sono (Dok. Istimewa)

Ciri khas stunting adalah tubuh anak lebih pendek dari standar perhitungan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Sementara wasting adalah kondisi anak yang berat badannya menurun jauh di bawah standar kurva pertumbuhan. Lalu, underweight ditandai dengan adanya kekurangan gizi. Ketiga kondisi dapat mengakibatkan masalah perkembangan emosional, sosial, dan kognitif anak di masa dewasa.

Oleh karena itu, dalam rangka menurunkan kasus stunting, wasting, underweight, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berkolaborasi bersama dosen Fakultas Farmasi UAD apt. Lolita, M.Sc. Ph.D. melaksanakan kegiatan edukasi pencegahan dan penanganan pada Senin, 5 Februari 2024. Sasaran mereka yakni warga di kawasan pesisir pantai selatan. Acara tersebut berlangsung di posyandu Dusun Sono, Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Kegiatan dihadiri kurang lebih 20 orang meliputi kader posyandu, ibu hamil, orang tua, serta balita. Selain edukasi, dilakukan juga pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan, serta pemberian vitamin. Di samping itu, disampaikan praktik pengolahan makanan olahan nugget berbahan dasar tempe, ayam, dan sayuran. Edukasi dilanjutkan pada Sabtu, 17 Februari 2024 bertempat di halaman Masjid At-Taqorrub Dusun Sono Parangtritis.

Lolita menjelaskan, “Anak-anak usia 5–10 tahun membutuhkan asupan gizi yang seimbang, kaya akan nutrisi, kalsium, protein, zat besi untuk proses pertumbuhannya. Sebagai orang tua, kita harus memperhatikan dan memenuhi agar anak tidak mengalami stunting, wasting, maupun underweight.”

Pada rangkaian kegiatan edukasi ini, juga dilakukan pelatihan pengolahan produk olahan nugget ayam. Nugget diyakini mengandung nilai protein tinggi sehingga diharapkan dapat memperbaiki asupan gizi pada anak-anak. Melalui kegiatan edukasi ini, semoga dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang stunting, wasting, dan underweight sehingga mampu dilakukan tindakan pencegahan dan penanganannya. (doc)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image