Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syahrial, S.T

Janji dan Ancaman Allah Pasti Terlaksana

Agama | Tuesday, 20 Feb 2024, 18:58 WIB
Dokumen Pikiran Rakyat



Allah Mahakuasa yang menciptakan alam semesta beserta isinya. Dia memiliki kekuasaan mutlak untuk menentukan dan menjalankan kehendak-Nya. Tidak ada kekuatan apapun di dunia ini yang sanggup menghalangi atau membatalkan janji dan ancaman Allah. Apapun yang Allah janjikan pasti akan terlaksana, begitu pula dengan ancaman-Nya.

Sayangnya, banyak manusia yang ragu dan tidak mempercayai janji maupun ancaman Allah. Mereka meragukan kemahakuasaan Allah dan menantang-Nya. Ketika mendengar firman Allah dalam Al-Quran atau hadis yang menjanjikan surga bagi orang beriman dan mengancam neraka bagi orang kafir, mereka meminta bukti atau menantang agar segera ditimpa azab.

Sikap seperti itu sangat keliru dan berbahaya. Sebagai umat beriman, sudah sepantasnya kita menerima kebenaran Al-Quran dan Hadis dengan lapang dada. Kita wajib meyakini bahwa janji surga dan ancaman neraka pasti akan Allah lakukan pada waktunya.

Allah Maha Menepati Janji

Al-Quran secara tegas menyatakan bahwa Allah pasti menepati janji-Nya. Dalam Qs. Ar-Rum ayat 6, Allah berfirman: “Allah menjanjikan kepada orang-orang beriman laki-laki dan perempuan (akan mendapat) surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di taman-taman surga. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar, itu adalah keberuntungan yang besar.”

Janji surga bagi orang beriman ini pasti akan Allah tepati. Allah telah menjamin hal tersebut dalam firmannya. Maka sudah sepatutnya kita sebagai hamba yang beriman mengimani janji Allah dan berusaha meraihnya dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.

Tidak Ada yang Bisa Menghalangi Azab Allah

Begitu pula dengan ancaman azab Allah, pasti akan ditimpakan kepada mereka yang mengingkari janji-Nya. Dalam Qs. Al-An’am ayat 147, Allah berfirman: “Jika mereka mendustakan kamu (Muhammad), maka katakanlah: "Tuhanmu memiliki rahmat yang luas; dan siksaan-Nya tidak dapat ditolak dari kaum yang berdosa".

Ayat ini menegaskan bahwa tidak ada satu makhluk pun yang mampu menghalangi atau menolak datangnya azab Allah. Jika Dia berkehendak menurunkan azab, maka azab itu pasti tiba. Oleh karena itu, janganlah kita menantang azab Allah dengan meremehkan ancaman-Nya. Sebaliknya, kita harus menghindari dosa dan senantiasa memohon ampunan kepada Allah.

Kesimpulannya, sebagai umat Muslim kita wajib meyakini bahwa janji dan ancaman Allah di dalam Al-Quran dan Hadis adalah benar adanya. Kita tidak boleh meragukan atau menantang-Nya. Hendaknya kita mengimani dan mengamalkan kebenaran Al-Quran dan Hadis, serta berdoa memohon kemudahan dan petunjuk dari Allah. Dengan demikian, kita termasuk hamba Allah yang beriman dan bertakwa yang berhak memperoleh janji surga-Nya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image