Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Pentingnya Menjaga Kelestarian Alam

Eduaksi | Thursday, 01 Feb 2024, 11:13 WIB
BEM FAI UAD lakukan kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Pelangi (Dok. Istimewa)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan program kegiatan Rekonstruksi Ekosistem. Kegiatan ini diinisiasi khususnya oleh Departemen Sosial Masyarakat (Sosmas), dengan mengangkat tema “Ikhtiar Melestarikan Alam dari Narasi Menuju Aksi”.

Program kegiatan dilaksanakan pada Minggu, 21-1-2024 di Pantai Pelangi, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam acara itu, Departemen Sosmas BEM FAI UAD berkolaborasi dengan Tim Aksi Konservasi Yogyakarta.

Gubernur BEM FAI UAD, Muhammad Ilham, menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang dilanda krisis ekologi yang cukup prihatin. Maka perlu adanya aksi dari masyarakat untuk mencegah sebelum terjadinya hal-hal yang merugikan lingkungan.

“Krisis ekologi adalah salah satu bentuk perbuatan manusia sendiri. Dengan adanya kegiatan Rekonstruksi Ekosistem, diharapkan menjadi langkah awal untuk memperbaiki ekosistem yang ada di Indonesia terkhusus di DIY,” ujar Ilham.

“Kami melihat berbagai macam problem yang terjadi di Yogyakarta saat ini, salah satunya krisis ekologi. Dampak terjadinya krisis ekologi menjadi titik perhatian bagi kami karena menyangkut keselamatan dan kesehatan bagi masyarakat. Maka dari kegiatan ini, kami bertujuan untuk membentuk kesadaran masyarakat dalam upaya melestarikan ataupun membentuk kembali ekosistem yang ada di kota Yogyakarta,” sambungnya.

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh Tim Konservasi Yogyakarta mengenai pentingnya menjaga kelestarian alam, pemilahan sampah, dan proses daur ulang sampah plastik. Setelah sesi penyampaian materi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan bersih-bersih lingkungan pantai dan aksi menanam pohon.

“Dari acara ini, kami bisa memahami akan pentingnya melestarikan alam dan menjaga lingkungan hidup. Dampak dari krisis ekologi sangat membahayakan kita semua, bukan hanya manusia, tetapi ini akan berdampak pada seluruh makhluk hidup. Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat, dan bisa menumbuhkan kesadaran bersama,” tutup Ilham. (can)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image