Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image VINCENT WANG

Mengenal Perkembangan Musik di Indonesia

Sejarah | Saturday, 08 Jan 2022, 15:13 WIB

Menurut Banoe (2003 : 288), musik yang diartikan dari kata muse yang merupakan dewa seni dan ilmu pengetahuan. Membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia. Sedangakan menurut Sylado (1983 : 12) musik adalah waktu untuk didengar. Musik adalah waktu yang hidup, kumpulan ilusi dan alunan suara berisi rangkaian nada yang berjiwa dan dapat menggerakkan hati para pendengarnya.

Musik di Indonesia telah mengalami perubahan dari masa ke masa. Sekarang telah hadir berbagai musisi di Indonesia dengan berbagai jenis musik yang seringkali melupakan ciri khas dari musik Indonesia. Musik Indonesia atau Musik Nusantara yang menggambarkan Indonesia, mengalami oerubahan dari era Hindu-Buddha hingga era modern.

Perkembangan musik di Indonesia mengalami pengaruh besar pada masa Hindu-Buddha. Musik yang digunakan sebagai salah satu kegiatan ritual masyarakat. Musik atau suara-suara yang dihasilkan oleh anggota badan atau alat tertentu yang dipercaya memiliki kekuatan magis. Alat musik yang diciptakan berasal dari alam sekitar. Salah satunya adalah alat musik bambu yang seringkali disebut kledi.

Setelah masuknya Hindu-Buddha ke Indonesia pada abad ke-4 ketika berdirinya Kerajaan Kutai dan Tarumanegara. Musik yang awalnya hanya untuk ritual, pada masanya menjadi bagian dari kegiatan istana. Musik menjadi sebuah hiburan untuk para tamu istana. Musik istana berkembang pesat dengan alat musik gamelan.

Ketika masa kerajaan-kerajaan Islam yang berkuasa, perkembangan musik semakin cepat. Kebudayaan Islam memberikan pengaruh terhadap seni musik. Alat-alat musik dari pedagang Arab yang diperkenalkan seperti gambus, rebana, dan rebab. Dalam perkembangan alat musik gambus yang dimainkan dengan iringan alat musik lain seperti biola dan berbagai lainnya sehingga membentuk kelompok musik baru yang sering disebut dengan orkes gambus.

Nusantar juga memiliki pengaruh besar dari bangsa Barat dalam perkembangan musik di Indonesia. Dalam masa kolonialisme pendatan membagikan berbagai alat musik seperti biola, cello, gitar, flute, dan ukulele. Indonesia mulai memasuki perkembangan musik modern. Menciptakan berbagai karya dengan kombinasi musik Barat dan Nusantara.

Ketika memasuki musik modern dengan efek dari globalisasi. Berbagai jenis aliran musik mulai masuk ke Indonesia, seperti : pop, jazz, blues, rock, R&B, hingga musik-musik India. Musik di Indonesia muncul dengan berbagai perpaduan unsur-unsur dari musik asing dengan musik Nusantara. Perpaduan antara unsur-unsur kedaerahan dengan unsur musik Barat menghasilkan musik etnis.

Indonesia dengaan berbagai macam alat musik dapat menghasilkan musik-musik kreatif yang keren. Membawa kembali musik tradisional Nusantara dengan perpaduan musik Modern seperti yang sudah mulai dilakukan oleh musisi-musisi di Indonesia membuat Bangsa Indonesia bangga akan hasil karyanya. Dengan tidak melupakan budayanya sendiri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image