Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Analisis Konten Youtube Maudy Ayunda Oleh : Annisa Putri Sihabudin KPI

Eduaksi | Thursday, 04 Jan 2024, 17:15 WIB

Konten ini adalah salah satu channel youtube yang banyak digemari anak muda, khususnya kalangan Gen Z. Bagaimana tidak, siapa yang tidak mengenali sosok motivator keren ini yang mampu menginspirasi banyak orang. Ya Maudy Ayunda, sosok wanita cerdas, karismatik, namun juga lembut dan supel ini adalah motivator, model, penyanyi, penulis, sekaligus aktris yang mampu memukau dan memikat hati banyak orang, akan luasnya wawasan ilmu pengetahuan dan segudang bakat yang dimilikinya.

Dari konten yang telah dipaparkan, judul yang tepat untuk Artikel ini rasanya cocok dengan mengambil tema “Membangun Circle Positif” karena adanya keterkaitan dengan Judul Channel Youtube Maudy Ayunda yang telah dipilih, yaitu Tips Gaul dan Banyak Teman. Sebab, suksesnya pergaulan pertemanan pastinya akan melahirkan circle positif.

Berdasarkan konten yang telah saya cermati hingga akhir, konten ini sangat mengedukasi dan memberi insight baru tentang bagaimana cara membangun circle positif (Tips Gaul dan Banyak Teman) terutama di era sekarang ini.

Didalam kontennya, Maudy Ayunda sekaligus membedah buku pengetahuan yang ia baca yang berjudul “How To Win Friends and Influence People by Dale Carniegie” Sosok Carnegie sendiri merupakan salah satu pendukung Responsibility. Dimana Carniege percaya bahwa kita dapat memengaruhi sikap orang lain dengan mengubah sikap kita terhadap orang tersebut. Nah dalam konten ini, Maudy Ayunda memberikan banyak sekali tips-tips jitu agar dapat membantu kita untuk menjadi orang dan pemimpin dengan pengaruh lebih. Melalui skill komunikasi, tutur kata, serta perilaku yang baik dan disukai banyak orang.

Tips tersebut diantaranya yakni (Pertama) kita dapat menggunakan panggilan nama (memanggil nama seseorang tersebut) serta memberikan senyuman terhadap interaksi yang kita mulai. Misalnya, “Hi Annisaa..” dan dengan diiringi senyuman. Karena penulis menuturkan dalam bukunya “names are the most important words in any language” Nama adalah hal terpenting dalam segala jenis Bahasa apapun. Itu berarti dengan kita memanggil nama diiringi senyuman terhadap lawan bicara kita, membuat orang lain merasa diapresiasi dan menunjukkan bahwa kita menghargai kehadiran mereka dengan mengingat dan memanggil namanya.

Ekspresi wajah yang diiringi senyuman pun termasuk alat komunikasi terpenting karena memberikan indikasi ke lawan bicara, bahwa kita senantiasa senang dan nyaman bercengkrama dengan mereka. Sehingga biasanya senyuman ini bersifat menular, dan akan terjalin topik yang memberikan dampak aura positif didalamnya.

Tips atau insight (Kedua) yang dipaparkan Maudy Ayunda dalam konten Youtube nya adalah “Cara Memberikan Kritik” memang tidak ada yang menyukai kritikan, namun hal ini sangat penting adanya dan kita harus mengetahui bagaimana cara mengkritik yang baik dengan tidak menyinggung/menyakiti perasaan mereka. Karena ketika kita telah menyinggung perasaan orang lain, hubungan interaksi dengan lawan bicara kita tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Carnegie selaku penulis menuturkan di dalam bukunya bahwa saat kita tidak setuju dengan perspektif orang, kita perlu memberikan kritik dengan melakukan 3 cara ini yaitu cara pertama adalah “Never say you are wrong” ketika kita melakukan sebuah kritikan dengan mengatakan “Kamu salah!” kalimat itu pasti sangat berbekas dan menyakiti serta menyinggung perasaannya. Maka hal yang harus kita lakukan adalah dengan menasihatinya terlebih dahulu dengan menuturkan kalimat yang baik sehingga nyaman untuk didengar. Seperti “sebaiknyaa..” penyampaian halus ini disebut juga Sandwich Teknik yaitu menyampaikan dengan hal-hal positif sehingga lawan bicara pun dapat lebih terbuka untuk mendengarkan kritikan yang kita sampaikan. Cara terakhir dalam memberi kritikan yang baik dengan mengakui kesalahan dan kekurangan-kekurangan kita. Dengan begitu, mereka pun akan lebih terbuka untuk menerima kekurangan-kekurangan yang ada pada dirinya juga.

Tips atau Insight (Ketiga) yakni “Buatlah Orang lain Merasa Penting” Maudy Ayunda menuturkan in English Language is “Always make the other person feel important” caranya cukup simple yakni dengan sering bertanya dan berinteraksi tentang dirinya, ajaklah lawan bicara untuk sekedar ngobrol santai dan berdiskusi tentang bagaimana kehidupan mereka, seperti hobi dsb. Nah dengan begitu, mereka akan lebih antusias dengan obrolan yang kita bangun, karena dapat menarik perhatian mereka.

Dari beragam Tips (Insight) yang telah Maudy Ayunda tuturkan dalam konten Youtubenya, ada satu hal yang perlu diingat bahwa ketika kita mengikuti seluruh tips yang ada, jangan sampai kita menjadi people pleaser. People pleaser sendiri adalah Istilah untuk menyebut seseorang yang selalu berusaha menyenangkan dan memenuhi ekspetasi orang lain. Jangan sampai ketika ada hubungan pekerjaan atau ketika sedang berhadapan dengan personal toxic lainnya kita selalu ramah. Melainkan kita tetap harus membela diri kita sendiri dan dapat berbuat tegas dengan orang lain.

Seperti yang Maudy Ayunda tuturkan dalam penutup konten Youtube nya yaitu “This is not one size fits all stategy for all interactions that we will have in our lives” yang berarti ini semua bukanlah strategi yang cocok untuk semua interaksi yang akan kita lakukan dalam kehidupan kita. So, bijaklah dalam bersikap!

Dapat ditinjau bahwa dalam Artikel ini terdapat Teori Lasswell yakni Teori Komunikasi yang dimana proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yaitu Channel Youtube Maudy Ayunda. Serta menimbulkan efek tertentu. Ya, semua paparan yang telah dijelaskan oleh Maudy Ayunda tentu akan berdampak positif jika kita menerapkan seluruh tips-tips jitu tersebut.

Telah kita pelajari bersama bahwa Pertumbuhan komunikasi sebagai salah satu disiplin ilmu sosial dapat dikatakan dimulai pada awal abad ke 19. Sedikitnya ada tiga perkembangan penting yang terjadi pada masa ini.

· Pertama, adalah penemuan-penemuan teknologi komunikasi seperti telepon, telegrap, radio, televise, dan lain-lain.

· Kedua, proses industrialisasi dan modernisasi yang terjadi di negara-negara Eropa Barat dan Amerika.

· Ketiga, pecahnya Perang Dunia I dan II.

Nah keterkaitan antara perkembangan komunikasi ini akhirnya memunculkan teknologi baru seperti Internet sehingga segala akses informasi bisa didapati melalui internet seperti konten Youtube Maudy Ayunda yang menginspirasi banyak orang. Tentunya konten ini sangat mudah diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan internet juga seseorang dapat memilah atau memfilter mana saja konten/berita yang dirasa positif. Dengan memperbanyak tontonan konten positif ini, menjadikan kepribadian diri seseorang tersebut dapat lebih baik lagi serta terhindar dari tontonan-tontonan negatif lainnya. Sehingga terciptalah interaksi yang baik dengan orang lain, dan relasi dengan orang-orang positif semakin meluas,

Dalam konten ini terdapat Model Alir Dua Tahap, dimana dikatakan bahwa media memiliki pengaruh yang kuat terhadap audience, media membawa pengaruh kepada opini yang mempengaruhi pendapat pengikutnya yang bersifat antar pribadi.

Setelah konten ini di tayangkan dan dicermati dengan seksama, tentunya konten tersebut dapat mempengaruhi kepribadian diri manusia untuk berproses dan bertumbuh lebih baik lagi dengan mengikuti tips and trick yang sudah dipaparkan di channel Youtube Maudy Ayunda tersebut. Tips-tips jitu itu tentunya berdampak sekali terhadap kehidupan yang lebih baik, serta meningkatkan value (kualitas) diri kita untuk meng-upgrade diri menjadi pribadi yang memiliki circle pertemanan positif.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image