Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anita Puspa Abida

Semangka Sejuta Manfaat

Kuliner | Monday, 25 Dec 2023, 22:36 WIB
https://www.pexels.com/id-id/foto/irisan-semangka-3429784/

Semangka (Citrullus vilgaris schard) adalah tanaman yang berasal dari Afrika Tropik. Di Indonesia, buah semangka dapat tumbuh di berbagai ketinggian, tetapi lebih optimal pada tempat yang memiliki banyak cahaya matahari serta udara bersuhu tinggi sekitar 25–30 derajat celsius. Buah semangka banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan juga menyegarkan. Buah ini ada yang memiliki daging buah berwarna merah ataupun kuning dan ada juga yang memiliki biji ataupun tidak memiliki biji, tergantung jenisnya. Buah semangka memiliki kandungan air hingga 92%, sehingga buah ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas-panasnya. Buah ini juga mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, asam folat, mineral, kalium, dan magnesium. Selain itu, buah semangka juga memiliki kadar serat tinggi yang sangat baik untuk membantu memperbaiki fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Buah semangka termasuk ke dalam buah-buahan berwarna, sehingga mengandung banyak likopen. Likopen adalah adalah salah satu antioksidan kuat, senyawa antioksidan merupakan senyawa yang dapat mencegah proses auto oksidasi radikal bebas.

Apa Saja Manfaat yang Ada pada Semangka?

1. Sebagai antioksidan Manfaat semangka bagi kesehatan tubuh adalah sebagai antioksidan. Kandungan likopen yang tinggi memberikan efek antioksidan untuk tubuh kita. Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh, khususnya yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. 2. Menghidrasi tubuh Mengonsumsi semangka secara rutin dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan memang sangat baik untuk mencegah dehidrasi. Seperti yang kita ketahui bahwa buah semangka mengandung hampir 92% air, hal itu yang membuat buah semangka dapat menghidrasi tubuh kita apabila mengonsumsinya. Saat tubuh terhidrasi dengan baik, maka akan mempermudah proses metabolisme. 3. Menjaga kesehatan kulit Semangka mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Kandungan vitamin A dan C pada semangka dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. 4. Memelihara kesehatan ginjal Seperti yang kita ketahui, ginjal merupakan organ yang berfungsi sebagai penyaring segala hal yang masuk ke dalam tubuh kita. Pada proses penyaringan, ginjal memerlukan cairan yang cukup untuk membantu proses filtrasi. Oleh karena itu, buah semangka sangat baik untuk membantu proses filtrasi ginjal. 5. Membantu menjaga kesehatan pencernaan Buah ini mengandung serat yang cukup tinggi. Serat membantu mencegah atau meredakan masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare. Hal ini dikarenakan serat dapat memperbaiki tekstur tinja dan meningkatkan pergerakan usus. Selain itu, serat juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu menjaga berat badan yang sehat. Makanan berserat tinggi juga berpengaruh terhadap penurunan risiko kanker usus besar. Sekarang kita tahu bahwa pada buah semangka terdapat banyak sekali manfaatnya. Selain menyegarkan, ternyata buah semangka juga banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh. Selain itu, buah ini juga mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi buah semangka, jangan sampai buah yang segar ini membahayakan kesehatan. Terlalu banyak mengonsumsi buah semangka dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, mengonsumsi apapun harus sewajarnya dan sesuai porsinya ya guys! Salam sehat, teman-teman!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image