Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bakhitabiyya Ridya Payuwaha

Wujudkan Generasi Muda Anti-Narkoba, Mahasiswa KKN Unes Giat 6 Menyelenggarakan Sosialiasi di SMPN

Eduaksi | Tuesday, 19 Dec 2023, 13:07 WIB

Mahasiswa UNNES GIAT 6 telah menyelenggarakan Sosialisasi Anti Narkoba di Aula SMP Negeri 2 Ngargoyoso pada Senin, 13 November 2023 yang dihadiri oleh siswa-siswi kelas 7 dengan total sebanyak 109 siswa-siswi. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 12.30 WIB hingga pukul 14.00. Sasaran sosialisasi ini merujuk pada Siswa-siswi SMP yang merupakan remaja tahap awal sebagai upaya dalam memberikan edukasi terkait bahaya narkoba dimana hal ini menjadi bentuk perlindungan diri agar tidak terjadi penyalahgunaan narkoba yang dapat berakibat fatal bagi kesehatan fisik dan juga mental. Sosialisasi ini dilakukan sebagai upaya dalam mewujudkan generasi muda yang bersih dan anti narkoba.

Selama kegiatan berlangsung, antusias siswa-siswi sangat terasa melalui partisipasi aktif dimulai dari sesi pemaparan materi hingga sesi tanya jawab yang tidak lupa juga mahasiswa mengadakan sesi ice breaking sebagai salah satu pendekatan kepada siswa-siswi yang hadir. Materi sosialisasi ini membahas terkait pengertian dan pengelompokan jenis-jenis narkoba, dampak penggunaan narkoba, bahaya ketergantungan narkoba, faktor penyebab penyalahgunaan narkoba, serta upaya penanganan penyalahgunaan narkoba. Dilaksanakannya sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran generasi muda dalam mewujudkan generasi yang cerdas dan bersih tanpa narkoba serta menghindari penyalahgunaan narkoba guna menyelamatkan generasi yang merupakan pemimpin masa depan bangsa Indonesia.

“Narkoba atau NAPZA merupakan zat/ bahan berbahaya yang mempengaruhi kondisi kejiwaan atau psikologi seseorang baik pikiran, perilaku, ataupun perasaan seseorang yang dapat menyebabkan ketergantungan terhadap zat tersebut” ujar mahasiswa KKN UNNES GIAT 6 Desa Dukuh di dalam materinya terkait sosialisasi penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan ini tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan baru, namun juga turut mengajak siswa-siswi SMP untuk dengan lantang menyuarakan kata tidak terhadap segala bentuk dan jenis narkoba. Dengan semangat generasi muda yang anti narkoba, Tim KKN UNNES GIAT 6 berharap kegiatan sosialisasi ini dapat membentuk karakter mahasiswa agar sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang merupakan pedoman dalam memutus rantai penyalahgunaan narkoba.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada tim KKN UNNES GIAT 6 Desa Dukuh yang telah membagikan ilmunya untuk adik-adik SMP, semoga ilmu yang diberikan dapat diserap dan bermanfaat kedepannya sehingga dapat terwujudkan generasi muda yang bebas narkoba” ujar salah satu guru SMPN 02 Ngargoyoso yang ikut mendampingi selama berlangsungnya acara tersebut(13/11/23)

Diharapkan melalui sosialisasi yang dilakukan oleh KKN UNNES GIAT 6 tingkat kesadaran remaja terkait dengan bahaya narkoba dapat terus meningkat, disisi lain kami mengharapkan sikap anti narkoba dapat diimplementasikan dengan baik tidak hanya di lingkungan sekolah, namun juga di lingkungan rumah dan sekitar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image