Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Oka Rusmini Memperkenalkan Kata Sapaan pada Novel Tarian Bumi

Sastra | Sunday, 10 Dec 2023, 17:29 WIB

Oka Rusmini memperkenalkan Kata Sapaan Dalam Bahasa Bali pada novel Tarian Bumi.

Membaca karya sastra sama dengan membaca peradaban manusia. Karya sastra merupakan cerminan kehidupan yang tak luput dari nilai-nilai kebudayaan. Unsur-unsur budaya dalam Novel berjudul " Tarian Bumi'" seperti pada novel ini penulis banyak menyelipkan bahasa Bali.

Sebagai negara yang kaya akan budaya, Indonesia memiliki beragam bahasa daerah. Salah satu yang paling menarik adalah bahasa seperti bahasa Bali yang memiliki tata bahasa dan kosa kata unik. Beragam kata tentunya akrab dengan kehidupan masyarakat Pulau Dewata tersebut, Misalnya:

1. Penggunaan panggilan ibu dalam bahasa Bali

Dalam bahasa Bali biasa, 'ibu' juga biasa disebut meme atau meme'. Mungkin, bagi masyarakat luar Bali yang mendengar kata ini akan terdengar sedikit ambigu. Sebenarnya, penulisannya tidak menggunakan huruf 'K.' Namun karena logat Bali yang memiliki penekanan yang agak kental di belakang kata.

2. Pengunaan panggilan untuk anak perempuan

Dalam bahasa Bali anak perempuan berkasta sudra biasa di panggil dengan sebutan 'Luh' pada nama depannya. Tidak jelas kapan pemberian nama ini dimulai namun, dalam catatan sejarah tertulis sistem pemberian nama ini ada pada abad ke-14 yakni pada masa pemerintahan Raja gelgel.

3. Pengunaan panggilan Jero dalam bahasa Bali.

Nama panggilan Jero adalah bentuk suatu penghormatan yang digunakan untuk menyapa perempuan berkasta sudra yang menikah dengan laki-laki dari kasta Brahmana.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image