Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Occe Kalizeus

Wisata Kuliner Di Bekasi, Wajib Coba Sekarang Juga

Kuliner | Sunday, 03 Dec 2023, 18:56 WIB

Membahas kuliner di Bekasi itu sama saja membicarakan kebudayaan orang-orang yang ada di dalamnya. Tentu saja hal itu akan banyak memakan waktu sehingga ribuan kata dalam tulisan ini akan terdengar membosankan. Untuk itu mari katakan tidak, saya tidak akan melakukannya.

Bekasi sendiri sesungguhnya luas banget maka itu dibagi menjadi dua pemerintahan, ada Kota Madya yang luasnya 210,4 Km2 dan Kabupaten yang luasnya 1.225 Km2. Karena itu bahasa di sana juga beragam sekali dengan keunikan aksentuasi satu-satunya di dunia. Cuma Bekasi yang punya itu, maka tak heran jika beberapa tahun lalu Bekasi sempat dijadikan bahan “tertawaan” di atas pentas Standup Comedy, lebih spesifik lagi salah satu standup komedian cukup terkenal menjadikan Bekasi sebagai landasan dia melucu. Baik Pemkot maupun Pemkab tak jarang mengadakan acara kuliner guna meningkatkan usaha kuliner yang dilakukan warganya, terutama sebelum pandemi, harapannya dunia wirausaha di Bekasi dapat mencuat dan melesat.

Di helatan Car Free Day (CFD) kamu akan menemukan beragam makanan yang Bekasi banget. Sejak 2019 industri makanan dan minuman naik 7 persen, sebut Kemenperin, meski di tahun awal pandemi tak sedikit yang mengalami gulung tikar, tapi 2021 sudah mulai terlihat banyak yang buka lapak. Jelas Bekasi menjadi bagian menjamur, bertumbuh, dan berkembangnya industri tersebut. Kultur nongkrong pun semakin tak bisa dihindari, hampir tiap bulan ada saja tempat makan baru buat dicicipi. Mulai dari makanan tradisional sampai makanan kekinian punya tempatmya sendiri entah di Kota maupun Kabupaten. Untuk mempermudah perjalanan wisata kuliner kamu di Bekasi, ini dia 6 tempat makan populer yang layak kita santap hingga tak tersisa!

Warkop Masa Gitu

Warkop ini memiliki tagline “Warung Kopi Terlengkap Se-Jagad Raya”, dan selalu ada saja jargon baru di sana, jargon yang biasanya bakal kamu temukan di mobil-mobil truk trayek Pantura. Boleh jadi ketika kamu ke sana jargonnya sudah berbeda saat penulis melihatnya. Di Warkop Masa Gitu kamu bisa menemukan apapun. Tidak sekadar ngopi kampay, kamu bisa sekaligus melakukan wisata kuliner, karena pilihan makanan di sana banyak banget. Ada camilan makanan Indonesia, makanan kekinian, aneka mie, dan masih banyak lagi. Di sana juga ada live akustik, bisa lah kalau hanya sekadar request lagu Pamungkas. Kombinasi kopi, camilan, dan lagu-lagu Pamungkas tidaklah buruk-buruk amat, kok.

Koma Junkyard Café

Sesuai namanya, kafe di Bekasi Timur yang dekat dengan kampus Muhammadiyah ini memanfaatkan barang bekas dan tak terpakai sebagai furnitur atau hiasan. Di antaranya ada kursi dari krat bekas minuman ringan dan meja dari ban bekas. Meski begitu, desainnya tetap enak dipandang, keren dan justru jadi gimmick tersendiri. Dikelilingi pepohonan rindang menyejukan yang membuat suasana jadi adem disertai damai. Bila hari tenggelam dan malam menampakan kesenduannya, lampu rambat yang menghiasianya pun membuat semakin syahdu atau bisa jadi sembilu, tergantung mood kamu ketika melihatnya. Banyak pilihan menu yang siap menemani waktu nongkrongmu bersama teman-teman atau malah pacar. Ada waffle, burger, takoyaki, hingga berbagai makanan khas Indonesia.

Out Of The box

Konsep Amerika modern ini terletak di komplek Sentrakota, Jatibening. Out The Box sangat cocok untuk tempat kumpul-kumpul anak-anak muda, atau Bapak/Ibu muda. Dengan harga yang terjangkau, bisa dikatakan sebagai tempat makan yang nyaman dengan berbagai outlet makanan yang tidak ada di Jakarta. Tak sedikit yang bilang jika bakso di sini enak, terdapat Taiwan Street Snack yang menggugah selera. Cumi panggang goreng berpadu dengan nasi panggang keju juga juara banget! Konsep industrial dan udara terbuka diusung dalam gaya tempat ini, berhiaskan barang industri tak terpakai sebagai hiasan kafe, seperti drum, kontainer dan kayu bekas. Secara penataan bentuk tak terlalu berbeda dengan Junkyard Café. Out Of The Box juga memiliki beragam fasilitas seperti food court, arena bermain anak, light festival, live band dan free wifi. Out Of The Box menyajikan menu berat hingga makanan ringan dengan harga terjangkau.

Es Duren Patal

Begitulah orang-orang Bekasi menyebutnya, meskipun nama sebenarnya adalah Es Durian Orien. Cuaca panas di Bekasi membuat es durian ini selalu laris ditandangi pembeli. Satu porsinya dibanderol dengan harga terjangkau. Beragam varian gabungan rasa yang menarik pun dihadirkan seperti topping keju, coklat dan kacang. Selain es durian, kedai ini menyediakan roti bakar dan kudapan manis lain. Jika ke sini siapkanlah mental untuk mengantri, khususnya di akhir pekan. Biasanya, tempat ini baru mulai dipadati pelanggan saat hari mulai beranjak malam. Di tempat ini juga tersedia menu-menu makanan ringan seperti roti bakar, otak-otak, nugget, sosis goreng, dan jus buah. Jagoan menu di sini adalah es duren dengan topping coklat kacang. Es duren Patal merupakan kombinasi dari es krim vanila yang dituang oleh vla duren dan topping sesuai pilihan. Jadi berbeda dengan es duren yang isinya durian yang hanya diberi es batu dan susu kental manis. Es duren Patal rasanya bikin nagih, kesegarannya bikin gak puas-puas!

Raja Sunda

Restoran ini sangat cocok bila dikunjungi bersama keluarga besar. Seperti namanya desain tempat ini memang sangat sundanis. Di bagian depan pengunjung disuguhi tempat duduk seperti di restoran biasa. Namun di bagian belakang, disediakan saung-saung yang bisa dipilih untuk lesehan dengan pemandangan yang asri. Menunya juga seperti kebanyakan masakan sunda di manapun adanya; ada ikan bakar, sayur asem, pete goreng, pete bakar, ayam goreng, ayam bakar, dan masih banyak lagi. Sambal di Raja Sunda memiliki ciri khas tersendiri. Bisa dibilang sambalnya itu sambal yang family banget! Sambal yang hanya pas dimakan bersama keluarga besar. Gak percaya? Silakan dicoba!

Sop Janda

Saya kira yang punya pemilik tempat makan ini adalah seorang janda, ternyata singkatan dari Jakarta-Sunda, sop janda merupakan tempat makan yang bisa dibilang harganya terjangkau oleh penyuka sop iga rawit garis keras atau sate. Satu porsi sop iganya dihidangkan satu mangkuk penuh sudah pasti akan memenuhi perut dan ambisimu terhadap makanan enak genre sop. Disajikan dengan sepiring nasi hangat, satu porsi sop iga sapi rawit yang gurih ini dihargai Rp50.000 rupiah untuk satu porsinya. Saat yang tepat untuk membawakan keluargamu atau calon mertuamu. Dijamin mereka bakal minta dibawakan lagi!

Sumber: Semay Media, Terus Membara Tak Pernah Padam

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image