Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Menulis Cerita dari Gresik

Edukasi | Thursday, 16 Nov 2023, 11:06 WIB
Dosen Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ikuti Program Residensi Literatutur Yayasan Gang Sebelah (Dok. Istimewa)

Dr. Wiwiek Afifah, S.Pd., M.Pd., selaku salah satu dosen Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Fakultas Sastra, Budaya, dan Komunikasi (FSBK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ikuti Program Residensi Literatutur pada 10–12 November 2023. Program ini merupakan kolaborasi antara Yayasan Gang Sebelah dengan Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Program tersebut diinisiasi sebagai media bagi para penulis untuk dapat membuat karya tulisan sastra termasuk menulis cerita pendek (cerpen) tentang Gresik. Karya-karya itu akan menjadi luaran program yang nantinya akan dibukukan.

Wiwiek dalam wawancara melalui WhatsApp pada 12-11-2023 menuturkan bahwa terdapat total 18 penulis cerpen dari 15 kabupaten/kota di 4 provinsi di Indonesia yang ikut serta dalam program ini. Para penulis tersebut berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda dengan mayoritasnya adalah cerpenis, wartawan, dosen, guru, budayawan, dan sinematografis.

Adapun selama tiga hari kegiatan, para peserta diajak menyusuri kawasan sarat budaya dan sejarah di Kabupaten Gresik mulai kawasan pelabuhan, kota tua, hingga Giri Kedaton. Lebih lanjut, para peserta juga dibawa ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kelurahan Lumpur Gresik dan mencoba menikmati kuliner olahan bandeng.

Tak lupa Wiwiek juga mengungkapkan harapannya setelah mengikuti program tersebut. “Harapan bisa menjadi cerpenis yang mulai aktif dan mampu mengangkat berbagai isu-isu strategis di masyarakat. Khususnya terkait dengan masyarakat pesisir dan industri,” ungkapnya menutup wawancara. (Lid)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image