Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Wujudkan Kemandirian Desa Lewat Festival Hasil Bumi

Edukasi | Wednesday, 15 Nov 2023, 12:43 WIB
Pembukaan Festival Hasil Bumi Kalurahan Serut oleh H. Sunaryanta selaku Bupati Gunungkidul bersama Rektor UAD, Prof. Dr. Muchlas, M.T. dan para tamu undangan (Dok. Istimewa)

Program Penguatan Kapasitas Organisasi (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) gelar Festival Hasil Bumi di Kalurahan Serut, Gedangsari, Gunungkidul, pada Minggu, 12 November 2022. Bertempat di Balai Kalurahan Serut, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh masyarakat dari tujuh pedukuhan yang ada di Kalurahan Serut.

Acara yang mengusung tema “Swasembada Pangan Menuju Kalurahan Serut Sejahtera untuk Meningkatkan Komoditi Lokal dan Kemandirian Desa” merupakan luaran dari beberapa kegiatan yang sebelumnya sudah dilakukan bersama dengan masyarakat dan Sanggar Tani Muda Kalurahan Serut. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi monitoring lahan, penanaman pohon pisang dan tabulampot, hingga membuat produk olahan tepung pisang dan pupuk organik.

Sugiyanta selaku Lurah Kalurahan Serut dalam sambutannya mengungkapkan rasa senangnya dapat berkolaborasi dengan UAD. “Pada kesempatan ini semoga apa yang kita gagas bersama UAD ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Pada 2021, UAD telah lebih dulu membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kalurahan Serut untuk membantu masyarakat dalam efisiensi penggunaan biaya listrik. Tahun ini, UAD kembali berkolaborasi dengan Kalurahan Serut dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan ekonomi masyarakat. “Dulu kita membangun PLTS, kali ini kita berfokus pada pemberdayaan masyarakat untuk menguatkan ketahanan pangan,” tutur Rektor UAD, Prof. Dr. Muchlas, M.T. dalam sambutannya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa UAD akan terus berkomitmen dalam menggalakkan kegiatan-kegiatan yang mendukung Catur Dharma Perguruan Tinggi, terlebih kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, H. Sunaryanta selaku Bupati Gunungkidul juga mengharapkan kolaborasi UAD dengan Gunungkidul dapat terus berlanjut. “Dengan kolaborasi ini, semoga kualitas sumber daya manusia di Gunungkudul dapat terus meningkat,” ungkapnya.

Turut hadir dalam acara ini Dr. Choirul Fajri, S.Kom. M.A. selaku Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD, Prof. Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D. selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UAD, Dr. Yudi Ari Adi, S.Si., M.Si. selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) UAD, Tawar, S.Si., M.Kom. selaku Wakil Dekan Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Akademik, dan Kemahasiswaan FAST UAD, Ambar Pratiwi, S.Si., M.Sc. selaku Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum FAST UAD, Ariadi Nugraha, S.Pd., M.Pd selaku Kepala Bidang Humas dan Protokol UAD, AKP Suryanto, S.Pd. selaku Kapolsek Gedangsari, Rismiyadi, M.Sc. selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, serta Eko Krisdianto, S.E. selaku Panewu Gedangsari.

Adapun rangkaian kegiatan pada acara ini meliputi presentasi dari masing-masing pedukuhan. Kemudian dilanjutkan dengan talkshow dan lomba mewarnai bagi anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). (Lid)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image