Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supadilah

Dari Pelosok Daerah, Tunjukkan Peduli Palestina

Agama | Sunday, 12 Nov 2023, 21:33 WIB
Masyarakat kabupaten Lebak tunjukkan kepedulian kepada bangsa Palestina

Konflik Palestina kembali menjadi perhatian kita. Dari berbagai daerah dilakukan aksi dalam rangka menunjukkan kepedulian kepada Palestina baik itu penggalangan dana untuk Palestina, kecaman kepada Israel, desakan kepada pemerintah daerah, dan lainnya.

Di kota-kota besar maupun kecil digelar aksi bela Palestina. Hal ini disebabkan kondisi di Palestina yang semakin mengkhawatirkan. Korban semakin berjatuhan. Justru bukan dari tentara tetapi rakyat sipil seperti wanita dan anak-anak yang menjadi korban.

Padahal zaman semakin modern. Semodern ini hampir tidak ada lagi perang hingga memakan korban ya kecuali di Palestina ini. Sekarang ini korban tewas serangan Israel di Gaza tembus 11.000 orang, sebanyak 4.506 anak yang jadi korban.

Sayangnya dengan jumlah korban sebanyak itu, dunia masih belum tegas memberikan sanksi Israel. PBB belum tegas memberikan pernyataan menghukum agresi Israel. Dunia Islam pun belum menunjukkan bantuan tegasnya kecuali bantuan kesehatan, kemanusiaan, dan kecaman. Meskipun, itu pun sudah lebih baik daripada diam saja.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyatakan hingga saat ini rakyat Indonesia telah menyumbangkan sedikitnya Rp22 miliar untuk dana kemanusiaan Palestina. Semakin hari perang Palestina belum reda. Korban semakin berjatuhan. Kapan perang berhenti?

Tak ada yang diuntungkan dalam sebuah perang. Pemenang juga kehilangan banyak nyawa. Pihak yang kalah lebih banyak lagi kehilangan. Penyulut perang harus sadar diri lalu menghentikan aksinya.

Keprihatinan atas konflik Palestina semakin mengemuka. Di masjid-masjid disampaikan kondisi kekinian Palestina lewat khutbah Jum'at. Bahkan salat di Masjid Nabawi Arab Saudi pun memanjatkan doa qunut untuk Palestina dan di beberapa negara lainnya.

Dukungan terus mengalir hingga hari ini. Di tengah konflik yang terus melanda Israel terus menggila. Banyak rumah sakit diganggu dan dihancurkan. Kampus dan lembaga pendidikan dirusak. Setelah fasilitas kesehatan dan pendidikan juga dihancurkan,

kurang apa lagi hingga Israel layak dikatakan penjahat perang?

Dari pelosok Indonesia juga menunjukkan kepedulian terhadap bangsa Palestina. Meskipun agak belakangan dibanding daerah lain yang lebih kota nuansanya.

Didorong semangat kaum muda, masyarakat Rangkasbitung, Kabupaten Lebak menggelar doa bersama dan istiqosah pada Ahad, 12 November 2023.

Masyarakat, lembaga agama, tokoh masyarakat, dan pemerintah daerah datang pada acara yang bertepatan dengan car free day ini. Saling mengingatkan tentang Palestina, mengirimkan doa terbaik untuk Palestina, dan berdonasi terbaik untuk Palestina. Masyarakat semangat mengikuti meskipun matahari panas menyengat. Penggalangan dana dilakukan dengan cara lelang lukisan, lelang vespa, lelang sorban, dan lainnya. Dari seribuan, dia puluh ribuan, ratusan ribu, jutaan dan lainnya terkumpul menjadi satu.

Panitia menginformasikan donasi akhir didapatkan sejumlah Rp. 358 juta rupiah. Donasi ini akan disumbangkan untuk masyarakat Palestina. Berharap bisa sedikit meringankan penderitaan mereka. Dan yang paling penting menunjukkan bahwa kita tidak diam atas kejahatan yang dilakukan Israel kepada Palestina.

Mudah-mudahan sumbangan masyarakat dibalas oleh Allah sebagai sedekah jariyah, sebagai pahala terbaik. Aamiin

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image