Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fathurrochman

Resensi Buku Mushtholah wa Takhrij Al-Hadits

Eduaksi | Tuesday, 31 Oct 2023, 23:03 WIB

Identitas Buku

Gambar depan buku Mushtholah wa Takhrij Al-Hadits. Sumber : Dokumen pribadi

· Judul Buku : Mushtholah wa Takhrij Al-Hadits

· Penulis : Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dan KH. Abdul Syukur, M.A

· Penerbit : Jejak Pustaka

· Cetakan : Agustus 2023

· ISBN : 978-623-183-483-6

· Tebal Halaman : 245 halaman

· Lebar : 14 cm

· Panjang : 21 cm

Sinopsis Buku

Buku ini membahas tentang Ilmu Mushtholah Al-Hadits yang merupakan suatu syarah atau penjelasan ulang dari sebuah tulisan berbahasa Arab yang berjudul ‘Ilm Mustalah al-Hadits, Ilm al-Takhrij Wa al-Ta’arruf Ala Kutub al-Hadits dalam kitab al-jadawil al-jamiah fi al-ulum an-nafiah.Tulisan aslinya disusun oleh Dr. Jasim bin Muhammad bin Muhalhal al yasin dan beberapa mahasiswanya yang dipilih untuk membantu dalam penulisan tersebut.

Resensi Buku

Buku Mushtholah wa Takhrij Al-Hadits, merupakan buku Mushtholah al-Hadits yang di susun oleh Prof. Dr. KH. Fuad Thohari, M.A dan KH. Abdul Syukur, M.A secara simple dan jelas. Buku ini berisi tentang penjelasan ilmu mushtholah al-Hadis dan Takhrij al-Hadits yang digunakan untuk mengetahui penjelasan hadits dari segi dirayah.

Belajar Ilmu Hadits sangat penting dan dibutuhkan di masa sekarang ini. Dengan mempelajari Mushtholah al-Hadits, seorang muslim khususnya mahasiswa di perguruan Tinggi Islam dapat mengetahui dan menilai suatu hadits apakah itu perbuatan yang dilakukan benar-benar bersumber dari Sunnah Nabi atau bukan. Pada Zaman ini, Arus informasi semakin mudah diakses dan berkembang, membuat kita harus lebih teliti dan berhati-hati dalam menyeleksi suatu hadits agar kita tidak jatuh pada perkara yang salah (Hoax).

Buku ini termasuk buku Hadts yang lengkap pembahasannya, jarang ada buku yang susunannya seperti buku ini dimulai dari pengertian atau definisi lalu menyajikan beberapa contoh dan gambaran yang sesuai dengan klasifikasi di dalamnya. konsep penyajian dalam buku ini termasuk ringkas sehingga pembacanya tidak merasa kebosanan. Oleh karena itu, buku ini sangat layak untuk dibaca untuk para mahasiswa khususnya yang akan mendalami Ilmu Hadits.

Kelebihan Buku

Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa yang ingin belajar secara mandiri. Penulis menyajikan buku ini ke dalam beberapa bab yang bekesinambungan antar babnya. selain itu, Buku ini memuat metodologi penulisan suatu kitab secara ringkas sehingga kita dapat membedakan ciri khas kitab satu sama lainnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image