Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image MUTIA SAHARA

Serunya Nge-Games Sambil Belajar Bahasa Inggris: Yang Cupu Jadi Suhu!

Edukasi | Saturday, 28 Oct 2023, 12:35 WIB
freepik.com" />
ng-game adalah aktivitas yang mengasyikan. sumber ilustrasi: freepik.com

Belajar bahasa Inggris memang bisa menjadi hal yang membosankan dan sulit bagi sebagian orang. Namun, ada cara yang bisa membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih seru dan menyenangkan, yaitu dengan bermain Games Android berbahasa Inggris.

Pengalaman Menarik Belajar Bahasa Inggris Lewat Games Android

Siapa di sini yang masih saja kesulitan belajar berbahasa inggris dan masih malas jika mengikuti pembelajaran bahasa inggris di sekolah/kursus? Ya, saya juga merasakan hal yang sama lho....!

Faktanya, bahasa Inggris adalah bahasa global yang memiliki peran penting dalam komunikasi internasional, belajar, dan karir. Namun, bagi banyak orang di seluruh dunia, termasuk saya, belajar bahasa ini menjadi sebuah tantangan yang menarik dan seru. Ada berbagai metode untuk mempelajari bahasa Inggris, tetapi dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sebuah pengalaman menarik, di mana saya belajar bahasa Inggris melalui Game Android.

Saya sedari kecil sangat menyukai games. Dulu games yang saya mainkan adalah permainan-permainan di nintendo, beberapa permainan PS juga pernah saya mainkan, hihihihi. Padalah saya adalah anak perempuan, di mana pada zaman 2000-an ketika saya SD, anak-anak perempuan lebih menyukai bermain masak-masakan, barbie, atau karet, tetapi dari semua itu saya lebih senang bermain dengan stik nintendo/PS.

Ya, saya pernah mengalami hidup di zaman tidak ada handphone dengan secanggih kini, dimana games hanya dimainkan lewat alat persegi panjang berlayar sentuh. Apa kamu juga salah satu yang pernah mengalaminya? Selamat, kita se-frekuensi dan senasib ya hihihi

Dan ketika per-handphone-nan yang canggih menyerang negara Indonesia boom, banyak sekali games android yang lebih menarik, seru, dan juga sangat mudah kita mainkan. Saya tidak menyangka akan terjadi perubahan yang secepat ini. Banyak sekali games yang bisa kita temukan dan install dari Google Play Store. Dari mulai games Angry Birds, Candy Crush Saga, Minecraft, The Sims Mobile, PUBG Mobile, sampai games yang terkenal adalah Mobile Legend. Bermain pun tidak perlu menggunakan stik lagi, tetapi langsung bermain dengan layar sentuh.

Saya teringat dulu, awal mula perpindahan pengguna dari hp BB (yang se-zaman dengan saya pasti tau hp BlackBerry), menjadi hp android layar sentuh. Yang sebelumnya saya mainkan hanyalah bounce, classic snacks dan xox, hihihi, tetapi setelah berganti ke hp android, banyak sekali games dengan tampilan dan teknik permainan yang menarik. Namun, saking banyaknya saya bingung mau memainkan apa, hihihi... .

Apakah, anda kenal dengan salah satu gamers Miawaug? Ya, dia adalah salah satu youtuber gamers yang saya sukai. Channel Miawaug selalu memberikan hiburan ketika dia bermain salah satu games. Yang saya ingat dan mulai menyukai channel ini adalah ketika menonton seri game Until Dawn.

Dari sana saya mengenal gameplay yang memiliki storyline dan sangat interaktif di mana kita sebagai pengguna dapat menjadi salahsatu pemeran dalam cerita games tersebut. Itulah, hal yang sangat menarik bagi saya, games ini memberikan pengguna ruang untuk menentukan sendiri keputusannya yang akan mempengaruhi jalan ceritanya, dan pada kesempatan ini juga, kita di ajak untuk menjadi pengguna games yang kritis dalam menentukan setiap pilihan pada alur cerita.

Ada banyak sekali game android berbasis storytelling yang dapat kamu coba: The Walking Dead, Little Misfortune, Little Nightmares, Dreadout, Genshin Impact, Sims, dan masih banyak lagi. Jenis game ini memiliki fitur teks dan dialog berbahasa inggris, namun juga memiliki banyak setingan bahasa lainnya yang dapat dipilih pengguna. Nah, di sini lah yang menarik-nya. Fitur teks dan dialog berbahasa Inggris pada game memberikan kita peluang sebagai pengguna untuk mempelajari bahasa Inggris. Menarik bukan?

Salah satunya yang pernah saya coba adalah game menarik dari series The Walking Dead. Game ini menceritakan kisah Lee Everett, seorang narapidana yang harus melindungi seorang gadis kecil dari zombie. Ketika saya mencoba bermain games The Walking Dead untuk mengisi waktu luang, saya mulai belajar bahasa Inggris secara tidak sadar. Saya belajar kosakata baru, tata bahasa, dan cara berbicara bahasa Inggris yang aktif dan sesuai budaya sehari-hari mereka.

Menariknya dalam game The Walking Dead, di sana menampilkan situasi yang tidak mungkin terjadi di kehidupan nyata, namun dapat kita rasakan sensasi menegangkan dalam cerita, situasi yang menyeramkan dan tentunya kita seperti dibawa masuk ke dalam dunia cerita nya. Tantangannya adalah kita tentu harus memahami setiap kalimat dalam pilihan yang diberikan, karena dari setiap pilihan akan membawa kita kepada alur cerita yang berbeda. Sungguh permainan yang seru, menantang, menguji adrenalin dan tentunya menguji kemampuan pemahaman berbahasa Inggris kita.

Tips dan Trik Belajar Bahasa Inggris Lewat Games Android

Berikut adalah beberapa tips dan trik agar bisa menambah kosakata dan mampu berbicara bahasa Inggris melalui pengalaman bermain games berbahasa Inggris:

1. Pilihlah games yang sesuai dengan kemampuanmu

Jika kamu baru mulai belajar bahasa Inggris, pilihlah games yang memiliki tingkat kesulitan yang rendah. Kamu bisa mulai dengan games yang memiliki fitur terjemahan bahasa Inggris-Indonesia.

2. Bacalah teks dan dialog dalam games

Jangan hanya fokus pada gameplay saja. Luangkan waktu untuk membaca teks dan dialog dalam games. Kamu bisa menggunakan fitur terjemahan bahasa Inggris-Indonesia untuk membantumu memahami maknanya.

3. Ikuti tutorial bahasa Inggris

Beberapa games memiliki fitur tutorial bahasa Inggris. Fitur ini bisa membantumu belajar kosakata dan tata bahasa bahasa Inggris.

4. Bermainlah dengan teman-teman

Bermainlah dengan teman-teman yang juga belajar bahasa Inggris. Kamu bisa saling membantu untuk memahami makna teks dan dialog dalam games.

Saat kita menghadapi perjalanan belajar bahasa Inggris melalui game Android, kita mungkin mengalami momen-momen frustrasi, kebingungan, bahkan merasa lelah dan tak mampu. Namun, ingatlah bahwa setiap langkah kecil yang kamu ambil membawa kamu lebih dekat ke penguasaan dan pemahaman bahasa ini. Seiring waktu, kamu akan menemukan diri mu mampu berbicara bahasa Inggris dengan percaya diri.

Ingatlah bahwa belajar bahasa adalah sebuah petualangan yang penuh kesenangan dan tantangan. Jangan takut membuat kesalahan, karena dari kesalahan kita belajar. Teruslah bermain, tertawa, dan belajar bahasa Inggris dengan semangat! Seperti kata Albert Einstein, "The only source of knowledge is experience." Artinya, Satu-satunya sumber pengetahuan adalah pengalaman.

Segera instal game Android favorit Anda dan nikmati perjalanan belajar bahasa Inggris yang penuh warna, menegangkan juga mengesankan yang mungkin bisa merubah kamu dari cupu menjadi suhu dalam belajar Bahasa Inggris. Selamat belajar dan selamat bersenang-senang!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image