Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image ummu ainnur rahmah

Pengobatan Batuk dengan Jeruk Nipis dan Kecap, Apakah Efektif?

Edukasi | Thursday, 26 Oct 2023, 14:41 WIB

PENGOBATAN BATUK DENGAN JERUK NIPIS DAN KECAP? APAKAH EFEKTIF?

Banyak masyarakat percaya pengobatan tradisional dengan jeruk nipis dan kecap dapat menyembuhkan atau mengurangi batuk. Kepercayaan terhadap keefisienan dari pengobatan alami ini memang sudah ada sejak dahulu. Namun, apakah pengobatan batuk dengan jeruk nipis dan kecap ini efektif?

Batuk merupakan refleks fisiologis tubuh kita untuk mengeluarkan benda benda asing yang masuk melalui udara ke tenggorokan kita. Sekarang ini polutan-polutan udara di sekitar kita menjadi sangat buruk akibat dari asap kendaraan, pembakaran batu bara, dan pembakaran terbuka. Hal tersebut dapat memicu terjadinya batuk yang nantinya akan membuat iritasi pada tenggorokan dan alergi.

Batuk merupakan penyakit ringan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat beraktifitas di luar maupun di dalam ruangan. Batuk tidak pandang bulu dalam menyerang tubuh seseorang, baik anak-anak maupun orang dewasa dapat terserang batuk dengan mudah apabila tidak menjaga kesehatannya dengan baik. Batuk ada yang berdahak dan tidak berdahak. Batuk yang berdahak disebabkan adanya benda asing yang belum berhasil dikeluarkan dari tenggorokan kita, sedangkan batuk tidak berdahak bisa disebabkan oleh benda asing yang masuk ke tenggorokan.

Saat batuk sirkulasi udara pada jalan napas kita terganggu dan perlu dilakukan pembersihan agar sirkulasi udara dapat dihirup dengan baik. Pembersihan sirkulasi udara dapat dilakukan dengan mengeluarkan dahak melalui batuk yang merupakan cara untuk menjaga kebersihan tenggorokan dari kotoran kotoran yang masuk melalui udara.

Penderita yang mengalami batuk biasanya diberikan penanganan dengan mengonsumsi obat dari resep dokter maupun pembelian di apotek. Selain itu, pemberian obat dapat dilakukan dengan cara tradisional berupa larutan jeruk nipis dan kecap yang dapat dikombinasi dengan madu. Menurut beberapa pakar jeruk nipis efektif untuk penyembuhan batuk karena ia mengandung minyak atsiri, berbagai zat yang dapat melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan, dan mengandung vitamin C yang kaya antioksidan sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang oleh virus penyebab batuk.

Mengkonsumsi jeruk nipis dapat meredakan batuk tetapi tidak dengan kecap. Jeruk nipis mengandung asam nitrat dengan tingkat keasaman ber pH 2,48 - 2,5. Hal inilah yang memicu masyarakat untuk mengurangi konsumsi jeruk nipis secara langsung tetapi dengan bantuan kecap untuk mengurangi keasaman dari jeruk nipis.

Khasiat jeruk nipis selain untuk pengobatan batuk adalah sebagai obat kecantikan, menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti disentri, sembelit, ambeien, dan suara serak Penyembuhan batuk dapat dilakukan dengan cara lain selain jeruk nipis dan kecap.

Dalam upaya pengobatan batuk secara alami, terdapat beragam metode yang dapat digunakan, tanpa harus bergantung pada jeruk dan kecap. Beberapa alternatif lain yang efektif mencakup penggunaan ramuan herbal, seperti mengonsumsi madu atau mengonsumsi air hangat untuk mencegah dehidrasi. Mari kita eksplorasi beberapa dari metode-metode ini untuk meredakan batuk secara alami.

CARA PENGOBATAN BATUK DENGAN BAHAN ALAMI

1. MENGONSUMSI AIR HANGAT

Dengan mengonsumsi air hangat, dapat mengencerkan dahak yang menempel pada tenggorokan kita karena dapat memicu produksi air liur yang banyak untuk merublikasi tenggorokan. Sehingga kita dapat lebih lega ketika mengalami batuk kering. Air hangat juga dapat membantu mencegah dehidrasi.

2. MENGONSUMSI MADU

Madu dapat di percaya untuk menyembuhkan batuk karena kandungan yang dapat membantu meredakan nyeri tenggorokan akibat batuk. Madu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita agar tidak mudah terserang bakteri atau virus. Madu memiliki sifat antimikroba yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri atau virus penyebab batuk.

3. MENGONSUMSI BUAH NANAS

Nanas memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat yang dimiliki nanas berupa enzim bromelain yang bersifat mukolitik sehingga lendir dapat terpecah oleh adanya enzim tersebut. Enzim ini juga bersifat antiinflamasi yang dapat mencegah terjadinya radang tenggorokan.

4. MENGONSUMSI JAHE

Jahe memiliki kandungan seperti gingerol, zingeron, shogaol, gingerin dan zingerberin. Kandungan tersebut dapat mengatasi penyakit terkait dengan gangguan tenggorokan. Mengonsumsi jahe dapat secara langsung di konsumsi secara mentah- mentah ataupun dibuat minuman.

5. MENGONSUMSI KENCUR

Kencur mengandung minyak atsiri yang berkhasiat sebagai obat tradisional. Kandungan ini dapat mengurangi batuk dan pilek. Keluarnya sekret yang tertahan dapat dibersihkan dari saluran pernapasan dengan pengaplikasian ekstrak kencur.

Nah kita sudah tau nih mengenai khasiat dari jeruk nipis, kecap, dan obat herbal lain yang dapat membantu untuk mengobati batuk ataupun sakit tenggorokan. Penting bagi kita juga untuk membatasi konsumsi obat tradisional tersebut secara berlebihan. Walaupun obat tradisional dapat mengurangi gejala batuk tetapi apabila batuk berkepanjangan maka harus diperiksakan ke dokter untuk memperoleh pengobatan yang lebih efektif.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image