Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ali Muakhir

Muslim Life Fair Bandung 2023, Hadir untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah

Ekonomi Syariah | Sunday, 22 Oct 2023, 06:01 WIB

Lima Events bersama dengan Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) kembali menggelar Indonesia Muslim LifeFair di Bandung Convention Centre (BCC) pada 3 - 5 November 2023. Mengusung tema #HayuNgariungDeui, gelaran Muslim LifeFair ini diikuti sekitar 200 Exhibitor dari Kota Bandung dan sekitarnya serta kota besar lainnya.

Menempati area seluas kurang lebih 8,000 m2, ratusan tenant ini akan menampilkan berbagai kebutuhan produk halal dan islami, mulai dari modest fashion & accessories, halal cosmetics, islamic education, kids & baby products, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal herbal, halal travel, multi product, hingga kuliner halal aman & sehat (KHAS).

Muslim Life Fair (MuFair) Bandung kali ini menjadi gelaran tahun kedua yang dilaksanakan di Bandung. Pada penyelanggaran tahun lalu, Muslim Life Fair Bandung berhasil menarik perhatian lebih dari 20 ribu pengunjung.

“Kami berharap event ini dapat menjadi ajang untuk menggairahkan perekonomian, membangkitkan bisnis produk halal dan UMKM halal di kota Bandung dan sebagai sarana ukhuwah, branding, serta edukasi ilmu agama dan rekreasi keluarga,” ujar General Manager PT Lima Events, Ilham Pradipta.

Lebih lanjut Ilham mengatakan, pameran Muslim LifeFair yang digelar ini turut menyemarakkan HUT Bandung ke-213. Karena itu, untuk mendorong wisatawan lokal ke Bandung dan menasbihkan Bandung sebagai kota wisata belanja dan industri kreatif, MuFair Bandung siap memberikan potongan harga (diskon), dan flash sale hingga 75 persen kepada seluruh pengunjung Muslim LifeFair Bandung.

Selain bazaar produk muslim, MuFair Bandung juga semakin semarak dengan suguhan berbagai rangkaian acara menarik seperti bincang santai parenting, bincang ilmu, bincang kesehatan, kelas taaruf, kajian anak, bedah buku, hingga outdoor activity dengan berbagai wahana bermain, terdiri dari Istana Balon, Tradisional Games, area bermain pasir, dan masih banyak wahana menarik lainnya.

Program existing Serlok Kuliner- bersama dengan Uki Kautsar dan Reda Samudera yang kerap merebut perhatian pengunjung, kali ini pun siap memberikan kejutan program menarik dan obrolan lebih seru seputar bisnis kuliner sambil menyantap hidangan kuliner halal, aman dan lezat di di area multi produk. Salah satu program tersebut adalah mini workshop bersama Chef Agus Jamhari. Workshop lainnya yaitu aneka tips plating makanan, plating donut, hingga fun competition untuk anak

Dengan banyaknya program-program baru yang dikemas kreatif dan mengikuti tren yang berkembang, Ilham Pradipta optimis gelaran MuFair Bandung 2023 bisa lebih banyak menarik perhatian pengunjung.

“Antusias para exhibitor di MuFair 2023, serta dukungan dari berbagai pihak, para asatidz, narasumber ahli dan praktisi bisnis, kami yakin dengan izin Allah gelaran ini bisa lebih banyak memberikan manfaat kepada masyarakat untuk sosialisasi gaya hidup halal sesuai tuntunan sunnah Nabi,” ungkap Ilham Pradipta.

Pihaknya juga berkomitmen untuk menjadikan MuFair ini sebagai platform yang mempromosikan nilai-nilai positif, budaya, muslim lifestyle dan produk yang relevan dengan masyarakat muslim. MuFair dapat memperkuat ekosistem rantai halal dan halal lifestyle menuju Indonesia pusat produsen halal dunia pada 2024.

Sekjen Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) Pusat, Lucky Cahyo mengatakan MuFair Bandung merupakan salah satu upaya mendukung program pemerintah untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi dan memperkuat ekosistem pelaku usaha produk halal, ekonomi dan keuangan syariah.

Dia berharap pameran MuFair di Bandung yang kedua ini dapat menggairahkan pertumbuhan ekonomi di daerah setempat sekaligus mendorong pelaku UMKM produk halal agar dapat berdaya saing hingga di tingkat global.

“Kami berharap MuFair di Bandung kali ini bisa meningkatkan literasi masyarakat Muslim terkait ekonomi dan keuangan syariah. Mengingat pemerintah punya target 2025 itu indeks literasi di angka 50%, sementara saat ini masih 23%. MuFair Bandung menjadi ikhtiar kami untuk mencapai target tersebut,” tutur Lucky Cahyo.

Sementara itu, Ketua KPMI Korwil Bandung, Adnan Noviansyah menuturkan MuFair tahun ini dapat menjadi sarana untuk mempererat ukhuwah islamiyah, membangun ekosistem ekonomi syariah serta mengangkat UMKM produk halal naik kelas.

“Pameran ini adalah salah satu upaya KPMI Korwil Bandung untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk para anggota maupun umat Islam. InsyaAllah setiap tahun, kami akan terus melakukan evaluasi agar pameran ini lebih baik dan menarik lagi dari sebelumnya. Insyaallah bakal ada program-program acara yang baru dan berbeda dari tahun kemarin,” pungkas Adnan.

KPMI sebagai wadah bagi pelaku usaha muslim terus memberikan pembinaan kepada para anggotanya melalui berbagai program. Mulai dari program edukasi, coaching, hingga pelatihan dan pendampingan ekspor.

KPMI juga secara rutin menyelenggarakan business matching dan misi dagang mempertemukan anggota KPMI dengan pengusaha-pengusaha lain baik dari dalam maupun luar negeri.

Adapun untuk harga tiket Muslim LifeFair Bandung 2023 sebesar Rp 20.000 per orang dan dapat dipesan secara online melalui Aplikasi Muslim LifeShop

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image