Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image fitri zakiah hutabarat

Landasan Filosofis dan Psikologis Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Madrasah

Eduaksi | Tuesday, 17 Oct 2023, 12:25 WIB
menggunakan foto sendiri

1. Hakikat dan Pengertian Landasan Filosofis di Sekolah dan Madrasah

Dalam Kamus Besar Bahasa filosofis berarti berdasarkan filsafat. Menurut John S. Brubacher filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu Philo dan sophia yang artinya cinta kebijaksanaan atau pembelajaran. Filsafat dan praktek pendidikan memberikan pedoman dan metodologi bagi praktik pendidikan, serta memberikan bahan refleksi filosofis,9 karena landasan filosofis menjadi landasan penting bagi pengembangan kurikulum.

a) Landasan Filosofis Pendidikan Idealisme

Berdasarkan pemikiran filosofis idealisme bahwa tujuan pendidikan harus dikembangkan dalam upaya pembentukan karakter, pembentukan bakat manusia dan kebajikan sosial sesuai dengan sifat manusia

b) Landasan Filosofis Pendidikan Realisme

Pada kurikulum filosofi realisme, harus dikembangkan secara komprehensif hingga mencakup informasi ilmiah, sosial, dan berbasis nilai. Secara metodologis, unsur kebiasaan mempunyai arti dan prioritas yang sangat penting dalam pelaksanaan program pendidikan atau pembelajaran filsafat realisme.

c) Landasan Filosofis Pendidikan Fragmatisme

Proses pendidikan dan pembelajaran harus berorientasi secara metodis pada pemecahan masalah dan pelatih menjadi pembimbing siswa

d) Landasan Filosofis Pendidikan Nasional

Pasal 20 UU Sisdiknas No. 2003 menyatakan: “Pendidikan nasional berdasarkan Pancasila dan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Misi pendidikan nasional adalah mengembangkan keterampilan dan membentuk watak yang bernilai guna mencerdaskan kehidupan umat.

2. Kajian Konstitusional dan Operasional Landasan Filosofis di Sekolah dan Madrasah

Konstitusi adalah landasan hukum tertinggi di Indonesia. Filosofis dicirikan oleh dua hal, yaitu pendidikan sebagai acuan budaya dan pendidikan mempersiapkan manusia untuk hidup, dan landasan ini menentukan kualitas siswa yang dicapai melalui kurikulum, sumber kurikulum, dan isi.16 Kurikulum dikembangkan menggunakan filosofis, yaitu: a) Pendidikan berakar pada budaya bangsa, dan b) Siswa adalah pewaris budaya kreatif bangsa.

3. Hakikat dan Pengertian Landasan Psikologis di Sekolah dan Madrasah

Psikologi menjadi dasar pengembangan kurikulum, agar tujuan pendidikan berhasil secara optimal. Landasan psikologis merupakan kurikulum yang didasarkan pada pertimbangan kehidupan spiritual siswa yang harus diperhatikan saat membuat kurikulum, dan mata pelajaran harus disesuaikan dengan tingkat perkembangan siswa.

4. Kajian Konstitusional dan Operasional Landasan Psikologis di Sekolah dan Madrasah

Dalam perspektif psikologis, karakter muncul karena minat, kemampuan dan tahapan perkembangan siswa, dan masalah-masalah yang harus dipertimbangkan dalam mempersiapkan kurikulum yaitu: 1) Pemilihan dan pengorganisasian bahan pelajaran, 2) Menentukan kegiatan belajar mengajar, dan 3) Merancang kondisi pembelajaran yang optimal.

Yang perlu diperhatikan dalam merancang kurikulum, yaitu psikologi perkembangan dan psikologi pembelajaran. Dengan pertimbangan tersebut guru mampu menerapkan kurikulum sesuai dengan tingkat perkembangannya, dan tidak ada yang lain dalam pengembangan kurikulum.

Menurut S.Nasution,landasan psikologi ini dalam pengembangan kurikulum sangat diperlukan, terutama dalam: 1)Pemilihan dan pengorganisasian bahan kajian, 2) Menentukan kegiatan belajar yang paling tepat dan, 3) Merancangkon isi pembelajaran yang optimal untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image