Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bola Patrick

3 Laga Comeback Gila Sepak Bola: Indonesia Bisa Kalahkan Thailand!

Olahraga | Saturday, 01 Jan 2022, 15:24 WIB
Timnas Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF 2020

Final Piala AFF 2020 leg kedua akan digelar pada malam 1 Januari 2022 di Stadion Nasional Singapura. Thailand unggul 4-0 atas Timnas Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama tim memiliki kepercayaan diri cukup bagus untuk bisa mengubah keadaan di final leg kedua ini.

Meski sudah tertinggal 0-4, bukan berarti harapan Indonesia untuk juara Piala AFF untuk pertama kalinya memudar.

Para pemain Timnas Indonesia dan Shin Tae-yong bisa bercermin dari sejumlah laga krusial sepak bola level dunia. Klub-klub yang tadinya tertinggal banyak gol, mampu membalikkan keadaan dan malah unggul.

Setidaknya ada 3 laga comeback gila dalam sepak bola yang penuh heroik.

1. Partai Final Liga Champions 2004/2005 antara Liverpool kontra AC Milan di Istanbul, Turki.

Seperti dikutip dari Republika.co.id, penggemar fanatik sepak bola tentu tak akan dapat melupakan final di stadion Olimpiade Ataturk, Turki, 25 Mei 2005 tersebut. Wajar mengingat final yang dimenangkan Liverpool itu penuh dengan rentetan drama.

Drama dimulai dari keunggulan cepat Milan via sang legenda, Paolo Maldini, saat laga berusia satu menit. Setelah itu, tambahan dua gol bomber andal Hernan Crespo. Skor babak pertama berakhir tiga gol tanpa balas bagi Milan.

Kondisi ini membuat Maldini dan kawan-kawan begitu yakin bakal meraih juara untuk ketujuh kalinya. Namun, segalanya berubah pada babak kedua. Liverpool menyamakan kedudukan menjadi 3-3 melalui kapten Steven Gerrard, Vladimir Smicer, serta Xabi Alonso.

Skor tersebut bertahan hingga akhir laga. Saat dilakukan perpanjangan waktu, kedudukan juga masih sama hingga berlanjut ke adu penalti. Ketika tos-tosan, dewi fortuna nyatanya lebih memihak the Reds.

Sepakan Andriy Shevchenko sukses dimentahkan kiper Jerzy Dudek. Liverpool memenangi Liga Champions kelima sepanjang sejarah.

Kemenangan yang dikenal dengan sebutan ‘Miracle of Istanbul’ ini disebut-sebut sebagai salah satu momen terbaik sepanjang sejarah klub yang bermarkas di Anfield tersebut.

2. Partai Perdelapan Final Liga Champions Barcelona vs PSG

Pada 2017 silam, Barcelona membungkam PSG 6-1. Sebelumnya, PSG menang 4-0 atas Blaugrana pada leg pertama di Stadion Parc de Princes.

Barcelona pun melaju ke babak perempat final Liga Champions dengan keunggulan agregat 6-5.

Dari laga di Stadion Camp Nou itu, ungkapan ''La Remontada'', yang secara harfian berarti bangkit atau membalikan keadaan, kian populer di pentas sepak bola Eropa.

3. Partai Semi Final Liga Champions Liverpool vs Barcelona

Liverpool menaklukkan Barcelona 4-0 pada leg kedua semi final Liga Champions 2019 di Stadion Anfield. Comeback brilian setelah takluk 0-3 pada laga pertama membuat Liverpool lolos dengan agregat 4-3.

Liverpool tampil all-out dalam laga leg kedua di kandang sendiri. Bertanding di hadapan puluhan ribu pendukung fanatik yang memberikan dukungan penuh, tim asal Inggris itu tampil agresif sejak bunyi peluit yang mengawali babak pertama.

Padahal, media-media Spanyol saat itu sudah berbicara Barcelona bakal juara lagi usai kemenangan 3-0 di leg pertama. Bahkan, Lionel Messi yang masih memperkuat Barca pun berpidato dan sesumbar akan membawa trofi Liga Champions ke Camp Nou.

Dari rentetan comeback gila ini, para pemain Timnas Indonesia bisa belajar bahwa segalanya bisa terjadi. Kerja keras, percaya diri, bermain cerdas, dan taktis menjadi kunci.

Ibarat pepatah, TAK ADA YANG TIDAK MUNGKIN!

Maju Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2020!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image