Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Bumi akan Alami 2 Gerhana Bulan ini

Info Terkini | Friday, 06 Oct 2023, 08:57 WIB

Bumi akan alami 2 Gerhana Bulan ini (SSDarindo/Space.com)

Matahari dan Bulan akan mengalami Gerhana Bulan ini. Akan tetapi, untuk dapat melihat kedua peristiwa alam ini secara langsung bisa jadi sulit.

Gerhana Matahari tanggal 14 Oktober akan terlihat dari delapan negara bagian di Barat Daya AS. Gerhana jenis ini terjadi ketika bulan berada sedikit lebih jauh dari Bumi daripada biasanya, membuatnya tampak terlalu kecil untuk menghalangi seluruh matahari dan sebagai gantinya, hanya terlihat "cincin api" yang tipis.

Bagi mereka yang berada di luar jalur annularitas, Gerhana Matahari sebagian juga akan terlihat di seluruh Amerika Serikat. Pada akhir bulan, pada tanggal 28 Oktober, Gerhana Bulan sebagian akan terlihat dari sebagian besar Belahan Bumi Timur, termasuk Eropa, Afrika, Asia, Antartika, dan Oseania.

Selama Gerhana Bulan parsial, Bulan akan melewati bayangan Bumi, membuatnya tampak kurang terang dari biasanya. Gerhana Bulan parsial akan dimulai pada pukul 15:36 EDT (1936 GMT) dan berakhir pada pukul 16:53 EDT (2053 GMT).

Gerhana Matahari Total pada 14 Oktober 2023. Sedangkan Gerhana Matahari Total berikutnya akan terjadi pada 2 Oktober 2024, ketika cincin api akan terlihat dari Samudra Pasifik dan sebagian Amerika Selatan.

Namun, para pengamat Gerhana memiliki peristiwa lain yang tak kalah menarik: Gerhana Matahari Total pada tanggal 8 April 2024 yang telah dipuji sebagai "Gerhana Amerika Besar".

Faktanya, Gerhana Cincin Api pada 14 Oktober digunakan sebagai "pemanasan" oleh para ilmuwan yang bersiap untuk melakukan penelitian atmosfer dan heliosfer selama gerhana total 2024 mendatang.

Gerhana Bulan sebagian pada 28 Oktober 2023

Gerhana Bulan parsial pada 28 Oktober merupakan Gerhana Bulan kedua di tahun ini setelah gerhana bulan penumbra pada 5 Mei. Gerhana tersebut terjadi saat Bulan Purnama melewati bagian terluar bayangan Bumi, yang dikenal sebagai penumbra. Untuk menentukan apakah Anda dapat menyaksikan sendiri gerhana bulan parsial 28 Oktober, In-The-Sky.org telah mengumpulkan peta lokasi yang dapat melihat Bulan memasuki bayangan Bumi.

Meskipun Gerhana Bulan bisa dilihat dengan mata tanpa bantuan atau tanpa pelindung, namun untuk menyaksikan gerhana matahari, Anda harus menggunakan pelindung yang tepat. Untuk melihat Gerhana Matahari Annular 14 Oktober dengan aman atau gerhana matahari lainnya, Anda harus menggunakan filter matahari bersertifikat setiap saat. Bahkan kamera, teropong dan teleskop pun memerlukan filter ini. ***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image