Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

PPSDM Migas Dongkrak Pemahaman Pengantar Ekonomi Migas untuk ASN KESDM

Info Terkini | Monday, 25 Sep 2023, 14:52 WIB

Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) perlu untuk memahami konsep dan prinsip dasar ekonomi migas karena ruang lingkup kerjanya berhubungan erat dengan industri minyak dan gas bumi secara menyeluruh.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) sebagai satuan kerja di bawah Kementerian ESDM yang mengembangankan Sumber Daya Manusia di sektor migas telah melaksanakan pelatihan dengan judul Pengantar Ekonomi Migas pada 12 – 14 September 2023.

Agus Wibowo sebagai Course Leader menjelaskan bahwa peserta mendapat materi tentang keekonomian hulu gas bergantung pada karakter lapangan.

“Harga gas di Indonesia secara umum sangatlah kompetitif di Asia Tenggara. Nilai keekonomiannya bergantung pada sejumlah karakteristik lapangan. Sedangkan harga gas di pengguna akhir masih banyak bergantung pada factor – factor lainnya,” ungkapnya ketika menjelaskan tentang beberapa materi pada pelatihan tersebut.

Pengetahuan mendasar terkait ekonomi Migas diberikan melalui ilmu Pengantar Ekonomi Migas kepada peserta dengan harapan peserta dapat memahami hal tersebut seperti Proses Bisnis di Industri Migas, Metode Tekno Ekonomi, Pajak dan Insentif, Perhitungan keekonomian berdasarkan pola bisnis industri migas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image