Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nabilah Sobriyanti

Pengembangan Tanaman Sereh Menjadi Sambal Matah Ashoy Sebagai Wujud Inovasi Dari Mahasiswa Kkn Uika

UMKM | Wednesday, 23 Aug 2023, 23:52 WIB

Inovasi merupakan faktor yang penting dalam perkembangan ekonomi dalam meningkatkan daya saing desa. Dalam perekonomian industri yang terjadi mengalami perubahan kearah perekonomian berbasis pengetahuan yang artinya pengetahuan dan inovasi adalah faktor yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi. Inovasi sendiri merupakan pembaharuan yang terbentuk dalam sebuah ide, produk, desain, dan lain sebagainya. Sehingga dengan adanya inovasi, produk dalam desa dapat memiliki daya saing ekonomi yang lebih tinggi.

Pemerintah daerah saat ini dituntut membangun kapasitas penyelenggaraan pemerintahan dan daya saing daerah sesuai dengan amanah undang-undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. Inovasi disegala bidang merupakan jawaban terhadap hal tersebut, termasuk dalam bidang kemajuan ekonomi.

Berkaitan hal tersebut, tentu pemerintah desa ingin menaikkan potensi desanya dalam bidang ekonomi melalui berbagai kebijakan dan inovasi. Menindaklanjuti hal tersebut, maka inovasi desa yang dikembangkan di Desa Gunung Malang berasal dari hal-hal yang mudah ditemukan di Desa tersebut. Saat ini, produk yang banyak diminati berupa makanan. Adapun potensi yang mudah ditemukan di Desa Gunung Malang adalah serai, yang mana tumbuhan tersebut mudah ditemukan dan diolah memnajdi berbagai makanan, sehingga serai ini bisa dijadikan sebagai bahan inovasi untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi dari serai tersebut.

Inovasi Desa Gunung Malang ini ditujukan untuk mengembangkan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan di desa tersebut. Berdasarkan hasil observasi dan idenitifikasi terhadap bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di Desa Gunung Malang, maka pilihan jatuh pada serai yang dapat dikembangkan sebagai inovasi desa. Ada tiga alasan yang melatari. Pertama, serai sebagai bahan dasar yang sangat mudah didapatkan dan ditanam di Desa tersebut. Kedua, hampir seluruh warga sekitar menanam tanaman serai di halaman rumahnya. Ketiga, Serai merupakan bahan herbal yang dapat menjaga kesehatan.

Dalam memperhatikan potensi lokal berupa tanaman Serai sebagai ide inovasi desa, maka inovasi desa Gunung Malang diberi nama “SAMOY” yang merupakan singkatan dari “Sambal Matah Ashoy” yang mudah untuk dibuat oleh warga sekitar dan memiliki nilai jual serta daya saing ekonomi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image