Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image TITEK PUDJI INDRIYANI

Pentingnya Membahagiakan Karyawan

UMKM | Friday, 03 Nov 2023, 20:23 WIB
Foto : Happy Employes (Sumber : depositphoto)

Karyawan merupakan asset perusahaan yang patut untuk mendapatkan perhatian lebih. Setiap perusahaan pasti ingin mempunyai karyawan loyal. Namun hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Tingkat pressure yang tinggi menjadikan karyawan rentan stress mengakibatkan beberapa hal muncul diantaranya adalah kinerja menurun dan turnover yang tinggi. Jika perusahaan turnover tinggi tentunya akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Selain kegiatan perekrutan karyawan yang kerap terjadi untuk melengkapi posisi karyawan yang resign perusahaan juga akan mengeluaran biaya tambahan untuk kegiatan proses rekrutment, seleksi, dan orientasi karyawan baru. Lantas mengapa karyawan tidak loyal terhadap perusahaan? Ada beberapa hal yang membuat karyawan tidak loyal perusahaan terhadap perusahaan diantaranya lingkungan kerja yang kurang nyaman, tidak adanya ruang untuk berkembang di perusahaan, tidak adanya penghargaan dari perusahaan untuk karyawan, serta masih banyak hal yang mempengaruhi.

Agar tercipta loyalitas tenaga kerja, perusahaan harus memiliki strategi bagaimana menciptakan rasa nyaman bagi karyawan, banyak cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan, beberapa diantaranya, dimulai dengan pemenuhan hak-hak karyawan berupa fasilitas di perusahaan untuk memberikan kenyaman karyawan. Beberapa hak karyawan yang harus dipenuhi diantaranya fasilitas cuti tahunan, BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan, pengembangan skill, upah lembur, tunjangan transportasi, tersedianya ruang laktasi, tersedianya poli klinik, tersedianya tempat ibadah. Dimana fasilitas tersebut sudah diatur oleh Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi, namun beberapa fasilitas tersebut masih belum bisa menjadi jaminan untuk menjadikan karyawan loyal terhadap perusahaan.

Fasilitas bagi karayawan tersebut memang bukanlah hal yang baru, aturan kepegawaian dari Dinas Tenaga Kerja telah mengatur bagaimana hak-hak karyawan menjadi satu hal yang wajib diberikan oleh Perusahaan pemberi kerja. Maka perusahaan semestinya memiliki strategi dan inovasi lain untuk menjadikan karyawan lebih nyaman dan semakin loyal bekerja. Rasa nyaman ini akan berdampak positif sehingga menjadikan karyawan lebih bahagia dan akan mengurangi resiko stress akibat beban pekerjaannya.

Beberapa strategi yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam rangka memberi rasa nyaman dan menciptakan kebahagiaan karyawan diantaranya :

Menyediakan tempat karaoke diarea kantin

Beberapa perusahaan memperbolehkan karyawan menyalurkan hobby bernyanyi di lingkungan kerja, ketika karyawan mulai jenuh di area kerja, karyawan dapat bernyanyi bersama area kantin saat jam istirahat. Selain sebagai sarana hiburan, fasilitas karaoke dapat menjadikan karyawan menunjukan bakat lain sambil mengurangi kejenuhan ditempat kerja. Salah satu manfaat bernyanyi adalah untuk mengurangi stress, meningkatkan rasa bahagia, meningkatkan system kekebelan tubuh, dan mempererat koneksi social

Menyediakan area olah raga di area perusahaan

Perusahaan dapat menyediakan area olah raga misalnya badminton, volley, atau futsal yang dapat digunakan saat jam istirahat dan sepulang kerja. Karena kita tau manfaat dari olah raga bagi para pekerja diantaranya dapat membantu mengelola stress, meningkatkan kinerja otak, menurunkan resiko penyakit, serta membangun hubungan yang bai kantar pemain.

Memberikan penghargaan kepada karyawan

Selain menyediakan area karaoke dan area olah raga, perusahaan juga dapat memberikan penghargaan bagi karyawannya. Penghargaan tidak selalu dengan kenaikan gaji yang akan tetapi dapat diimplementasikan dengan hal hal kecil yang berkesan, misalnya memberikan menu makan siang yang berbeda dengan karyawan yang lain karena pencapaian kerja team pada periode tersebut mencapai target. Kegiatan ini cocok untuk di terapkan pada perusahaan yang karyawannya bekerja dalam team dan penilaian pekerjaan di nilai dari pencapaian target team. Dengan adanya penghargaan kepada team kerja yang berhasil pencapai target akan memotivasi team team yang lain untuk dapat melakukan hal yang sama dan mendapatkan penghargaan dari perusahaan

Merayakan Ulang Tahun Karyawan

Merayakan hari ulang tahun karyawan ? Bagaimana cara merayakannya jika perusahaan memiliki ribuah karyawan? Pertanya ini mungkin akan terlontar karena terkadang kita menyiapkan perayaan ulang tahun dirumauh untuk keluarga dirasa sangat merepotkan. Sebenarnya perusahaan dapat merayakan hari ulang tahun karyawan secara bersamaan, kegiatan ini bisa dilakukan 1 minggu sekali di hari jumat dimana hari jumat perusahaan menyediakan jam istirahat lebih lama dibandingkan dengan hari kerja yang lain, karyawan yang dalam 1 minggu tersebut ulang tahun akan di kumpulkan di kantin pada jam istirahat dengan acara tiup lilin bersama dilanjutkan pemberian hadiah dan makan bersama. Hadiah tidaklah harus mewah, missal hadiah tumbler atau payung yang dapat bermanfaat untuk karyawan dan berdampak ke perusahaan.

Beberapa contoh diatas memang terlihat sederhana, namun tidak semua perusahaan mampu menerapkannya. Maka diperlukan satu pemahaman bersama khususnya jajaran manajemen direksi dan SDM bahwa menciptakan rasa bahagia adalah bagian dari upaya perusahaan menjaga loyalitas karyawan. Upaya perusahaan untuk meningkatkan loyalitas karyawan dengan mengelola stress terlihat simple dan sepele, namun karyawan akan merasa special karena perusahaan memperhatikan hal hal kecil dan sepele tapi tepat sasaran.

Ketika karyawan sudah merasa nyaman dengan suasana kerja, mereka akan merasa bahagia ditempat kerjanya. Kebahagiaan yang menyertai mereka saat bekerja mampu menjadikan karyawan semakin tergerak untuk bekerja lebih maksimal dan melakukan hal yang lebih untuk perusahaan. Maka, ketika karyawan bahagia, perusahaan akan berjaya !

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image