Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muchlas Ardiansyah

Majelis Talim Boto Putih Menggelar Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital

Edukasi | Friday, 18 Aug 2023, 10:41 WIB
Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Digital oleh Dosen STIE YKPN, Aditya Hera Nurmoko

Majelis Ta’lim Boto Putih menggelar sosialisasi pemanfaatan teknologi digital pada 5 Agustus 2023 di Desa Turus, Kabupaten Kulon Progo dengan tema “Study Literasi Digital dan Kajian Rakyat”.

Latar belakang sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan kesempatan belajar bersama dan melihat potensi-potensi penggunaan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. Pimpinan Majelis Ta’lim Boto Putih, Hertogen, mengatakan, “Dalam pertemuan ini ya intinya menimba ilmu pengetahuan untuk masa depan kita agar kita punya kreativitas dan berkarya,” ujarnya.

Sosialisasi pemanfaatan teknologi digital digelar dengan mengundang dua pembicara utama yaitu Dosen STIE YKPN, Aditya Hera Nurmoko dan Pendamping Sertifikasi Halal sekaligus Master of Ceremony (MC), Muhammad Mushodiqin. Adapun peserta sosialisasi diikuti para pemuda dari mahasiswa dan pemuda organisasi. Sosialisasi tersebut dimulai setelah waktu Dzuhur.

Sosialisasi dimulai dengan bacaan Surah Al-Fatihah, dilanjutkan dengan sambutan oleh tuan rumah yaitu Hertogen. Sosialisasi pertama disampaikan oleh Aditya Hera Nurmoko yang membahas mengenai fenomena perkembangan teknologi digital. Beliau mengungkapkan, “Dunia saat ini terhubung satu sama lain lewat internet, termasuk pemikiran dan keilmuan,” ujarnya.

Informasi-informasi hasil perkembangan teknologi digital juga mendukung dunia kepenulisan. Aditya Hera Nurmoko mengimbuhkan, “Kami akan menunjukkan kemudahan kita cara berpikir menimba ilmu dan menggunakan tools secara digital untuk segala macam mencari data, mencari ilmu, membuat buku, membuat artikel, membuat segala macam laporan maupun naskah pidato, itu sangat dimudahkan,” imbuhnya. Apalagi dilengkapi teknologi Artificial Intelligance (AI). Meskipun begitu, penerapannya dalam menulis tetap diperlukan riset lanjutan.

Dilanjutkan sosialisasi kedua oleh Muhammad Mushodiqin yang membahas mengenai kemudahan dalam membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi para pelaku usaha. Beliau menjelaskan, “kalau kita mau ngurus izin cukup klik disini, namanya OSS”, jelasnya. Online Single Submission merupakan sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yang merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja.

Sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada pemateri. Kemudian diakhiri dengan diskusi publik dan motivasi yang dibersamai oleh Consultant Community Development Swara Nusa Institut, Iranda Yudhatama. Beliau menegaskan, “Sumber Daya Manusia itu penting untuk investasi kita ke depan, 50 tahun ke depan Kulon Progo ini jadi salah satu barometer untuk perekonomian DIY,” tegasnya.

Pegiat Sanggar Bumi Menoreh, Tri Hariyono, mengusulkan “Kalau misalnya sebulan sekali melakukan kegiatan yang seperti ini dengan sifatnya topik yang berbeda sesuai dengan konsen atau kebutuhan kita bagaimana?”, usulnya. Usulan ini menuai tanggapan yang positif dari seluruh pembicara sekaligus peserta.

Sosialisasi ditutup pada sore hari dengan do’a bersama dengan khidmat yang dipimpin oleh Kyai Sugeng. Dengan adanya sosialisasi dan rencana sosialisasi lanjutan Majelis Ta’lim Boto Putih, diharapkan mampu memberikan dukungan kepada para pemuda untuk mengoptimalkan teknologi digital. Kemudian mampu menghasilkan berbagai macam karya dan mengembangkan kreativitasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image