Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fiorenza Norman

Tingkatkan Rasa 'Pede' Melalui Mengerjakan Tugas Akademikmu Sendiri!

Eduaksi | Monday, 14 Aug 2023, 08:50 WIB

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu program yang wajib dilakukan, khususnya pada mahasiswa Universitas Diponegoro. Melalui KKN lah kegiatan "pengabdian masyarakat" karena terjun langsung dengan hidup berdampingan dengan masyarakat. Selain itu, mahasiswa KKN memiliki 'tugas' untuk mengimplementasikan langsung keilmuan yang mereka pelajari selama perkuliahannya guna memberikan dampak serta kontribusi bagi masyarakat.

Pada kesempatan ini, salah seorang mahasiswi KKN Tim II Undip 2022/2023, Fiorenza Julian Norman, berkesempatan untuk terjun langsung melalui KKN. Fiorenza sebagai mahasiswi Psikologi dengan ketertarikan pada dunia pendidikan memilih sekolah dasar di desa penempatannya yakni Desa Sokosari untuk mengimplementasikan keilmuannya.

Mengenal 'Efikasi Diri Akademik' Melalui Program KKN

Pelaksanaan Program Kerja Monodisiplin (27/7) di SDN 02 Sokosari

Menurut Myers (1989), seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan merasakan bahwa dirinya berkompeten. Hal ini yang ingin diimplementasikan oleh Fiorenza akibat melihat banyaknya isu di dunia pendidikan khususnya isu mencontek membuat urgensinya semakin tinggi, harapannya dengan mampu membuat siswa berkompeten maka ia pun akan memiliki rasa percaya diri yang bagus dalam mengerjakan tugas akademik.

Pak Sudarto, Kepala Sekolah SDN 02 Sokosari, menanggapi dengan baik dan antusias ketika KKN mengajukan program-program yang ingin dilakukan di sekolah, "Kami terbuka, mana tau dari mahasiswa KKN ada yang memiliki bakat tertentu, bisa diajari (siswa/siswi) di sini",ujarnya.

Kelas 3 dipilih sebagai tempat pelaksanaan program. Ketika mahasiswa KKN datang, mereka langsung menunjukkan antusias ditandai dengan suasana kelas yang mendadak riuh. Degan total 25 siswa, kelas dibagi menjadi empat kelompok dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait efikasi diri akademik yang ditemukan pada kehidupan sehari-hari seperti "Sebutkan 2 pelajaran kesukaanmu dan alasannya!", "Jika sedang mengerjakan tugas, siapa orang yang paling senang membantu kamu?", "Jika kamu tidak bisa menjawab PR, apa yang akan kamu lakukan?", dan "Tuliskan 1 hewan yang menurutmu sifatnya mirip denganmu?".Pertanyaan-pertanyaan ini ditempel pada infraboard dan jawaban para siswa ditulis dan ditempel di tempat yang sama.

Penerapan model pembelajaran seperti ini diharapkan bersifat sustainable karena guru mampu mengimplementasikan model ini pada tematik apapun sehingga pembelajaran di dalam kelas lebih bervariatif dan tidak membuat siswa merasa monoton.

Ditulis oleh: Fiorenza Norman (Psikologi, 2020)

Dosen Pembimbing Lapangan: Yayuk Astuti, S.Si., Ph.D.

Lokasi KKN: Desa Sokosari, Kec. Karanganyar, Kab. Pekalongan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image