Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Oemah Smart, Solusi untuk Rumah Aman Antikejahatan Seksual

Eduaksi | Saturday, 12 Aug 2023, 08:04 WIB
Pembangunan “Oemah Smart” kolaborasi PPK Ormawa IMM BPP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dan Musala Al-Maun Ambarketawang (Dok. Istimewa)

Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPKO) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Bimbingan dan Konseling (BK), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) atau biasa disebut sebagai BPP Universitas Ahmad Dahlan (UAD), memulai program Pembangunan “Oemah Smart”. Ini adalah program inisiasi rumah aman antikejahatan seksual di Kelurahan Ambarketawang pada Sabtu, 29 Juli 2023.

Pembangunan Oemah Smart sebagai sarana tempat antikejahatan seksual ini merupakan kerja sama dengan pihak Musala Al-Maun, Dukuh Gamping Lor, Kalurahan Ambarketawang, Kabupaten Sleman. Tim PPKO mengajak kader IMM BPP dan Takmir Musala Al-Maun untuk membantu proses pembangunan tersebut.

Oemah Smart adalah salah satu program kerja PPKO IMM BPP dengan tema Desa Ramah Anak. Fikri selaku penanggung jawab program tersebut, menyampaikan, “Kami saling gotong royong, saya dan Dita membangun kerja sama dengan mitra yakni Musala Al-Maun. Melalui hal tersebut, kami merumuskan grand design dan rancangan program secara matang. Oemah Smart sengaja dibangun di area musala sebagai sarana saling menyatukan visi dan misi di antara kedua belah pihak.”

Bangunan dari Oemah Smart didesain semi outdoor guna menjadi tempat yang nyaman untuk anak-anak. Tim PPK Ormawa IMM BPP secara internal juga menata interior dari tempat ini. Kemudian, pihak desa baik dukuh hingga lurah juga sangat mendukung adanya kegiatan tersebut.

Diyah Puspitarini, M.Pd. selaku dosen pembimbing tim PPKO IMM BPP secara saksama mendampingi pengajuan surat resmi tanah wakaf dan bukti tanah itu. UAD selaku institusi yang menaungi program ini juga memberikan masukan serta evaluasi program yang telah dilaksanakan. IMM BPP UAD memang terus berusaha untuk memperluas mitra dari program pembangunan ini sebagai bentuk kesungguhan tim PPK Ormawa IMM BPP.

Fikri menyampaikan, “Harapan dari kegiatan ini adalah mampu memperkuat solidaritas sekaligus masyarakat yang tanggap terhadap kejahatan seksual. Dengan adanya Oemah Smart juga bisa dimanfaatkan untuk memperdalam ilmu agama sebagai tameng dari nafsu manusia. Tim berdoa kepada Allah Swt. semoga pembangunan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai cita-cita bersama.” (roy)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image