Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Siswa SMK Harus Banyak Kembangkan Keterampilan

Edukasi | Monday, 19 Jun 2023, 14:42 WIB
Mahasiswa Magister Informatika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bersama guru dan siswa SMK Informatika Wonosobo (Foto: Istimewa)

Dalam rangka implementasi Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, mahasiswa Magister Informatika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses selenggarakan Program Pemberdayaan Umat (Prodamat) dalam bentuk pelatihan dan sosialisasi bertajuk “Mencegah dan Mengatasi Cyberbullying Melalui Etika Bermedia Sosial” di SMK Informatika Wonosobo secara daring dan luring pada Senin, (12-6-2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen UAD dalam keterlibatan di masyarakat dan tanggung jawab sosial. Lewat mahasiswa Magister Informatika, pelatihan dan sosialisasi diberikan bertujuan untuk meningkatkan skil siswa dibidang keilmuan Informatika, literasi teknologi sekaligus inovasi di sekolah lokal.

Mengingat pentingnya beradaptasi dengan era digital, mahasiswa Magister Informatika UAD secara sukarela menyumbangkan keahliannya untuk menjembatani kesenjangan digital dan memberdayakan generasi muda. Dengan begitu, siswa dan guru akan lebih terampil menggunakan teknologi dan lebih bertanggung jawab ketika bersosial media, terutama dalam ranah pendidikan.

Sosialisasi yang diberikan berupa pemahaman tentang dampak cyberbullying di dunia media sosial dengan pemateri Fitriah dan Syifa’ah Mawarni yang dibimbing oleh Ir. Sunardi, S.T., M.T., dan Herman, S.Kom., M.Sc., Ph.D. Sedangkan untuk pelatihan, siswa mendapat pelatihan desain UI/UX dengan pemateri Asno Azzawagama Firdaus dan Dianda Rifaldi yang dibimbing oleh Drs. Abdul Fadlil M.T. Ph.D. dan Dr. Murinto, S.Si., M.Kom.

Lebih lanjut, mengingat kebutuhan administrasi sekolah dan proses pengembangan keterampilan pada siswa, mahasiswa UAD juga memberikan pelatihan tentang pemanfaatan google sites dengan pemateri Alwas Muis dan Muhajir Yunus di bawah bimbingan Dr. Imam Riadi, M.Kom., dan Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D.

Demi menunjang salah satu mata pelajaran di jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), mahasiswa memberikan pelatihan disertai dengan materi tentang pemrograman basis data dengan pemateri Ainin Maftukhah dan Rio Subandi di bawah bimbingan Rusydi Umar, S.T., M.T., Ph.D., dan Drs. Abdul Fadlil M.T. Ph.D.

Salah satu perwakilan sekolah sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, karena sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan siswa dan peluang karier masa depan siswa di bidang Informatika. Pihak sekolah berharap UAD dan SMK Informatika Wonosobo bisa terus menjalin kerja sama dengan kegiatan-kegiatan serupa lainnya.

Dari peserta berjumlah 20 orang untuk tiap-tiap kelas memberikan respons positif selama pelatihan berlangsung. Melihat siswa sangat antusias dan aktif bertanya selama kegiatan, mahasiswa UAD berharap dapat memberikan pemahaman lebih baik tentang teknologi informasi. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menginspirasi dan memotivasi generasi muda untuk mengembangkan minat mereka dalam bidang teknologi informasi. (doc/guf)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image