Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aliffiana putri Teresa

Jarang Diminati, Jurusan Sosiologi Masuk dalam Jurusan Paling di Sesali

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 08 Jun 2023, 21:36 WIB

Jurusan sosiologi termasuk jurusan yang sepi peminat karena dianggap tidak memberikan prospek kerja yang menjanjikan. Sosiologi termasuk dalam ilmu terapan yang mempelajari bagaimana manusia hidup bersama. Melalui studi sosiologi, mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang kompleksitas manusia sebagai makhluk sosial. Mereka mempelajari struktur sosial, pola-pola perilaku, dinamika kekuasaan, dan konstruksi sosial yang membentuk masyarakat. Pemahaman ini tidak hanya memberikan kepuasan intelektual, tetapi juga membuka wawasan yang penting dalam memahami dunia di sekitar kita.

Banyak mahasiswa atau calon mahasiswa yang lebih memilih jurusan yang dianggap memiliki prospek karir yang lebih jelas, seperti teknik, kedokteran, atau bisnis. Akibatnya, jurusan sosiologi seringkali masuk dalam daftar jurusan yang paling disesali oleh banyak orang. Namun, pandangan ini kurang adil dan mengabaikan nilai dan manfaat yang dimiliki oleh jurusan sosiologi.

Sosiologi juga menawarkan pemahaman mendalam tentang masalah sosial yang kompleks. Di zaman modern yang penuh dengan tantangan seperti ketimpangan ekonomi, diskriminasi, ketimpangan gender, konflik etnis dan masalah lingkungan, sosiologi memainkan peran penting dalam menganalisis dan mencari solusi. Melalui pendekatan sosiologi, mahasiswa sosiologi dilatih untuk memahami akar permasalahan tersebut dan menemukan cara untuk perubahan sosial yang lebih baik.

Selain itu, sosiologi juga mempromosikan pemikiran kritis dan refleksi, yang penting dalam masyarakat. Mempelajari sosiologi memungkinkan mahasiswa untuk melihat dunia dari perspektif yang lebih luas, mempertanyakan norma sosial yang ada, dan menganalisis ketidakadilan dan ketidaksetaraan dalam masyarakat. Pemikiran kritis ini penting untuk mempromosikan perubahan sosial yang lebih adil.

Namun, penting untuk diingat bahwa sosiologi bukan hanya tentang mendapatkan pekerjaan, tetapi juga tentang mengembangkan pemahaman dan keterampilan yang mendalam. Selain itu, lulusan sosiolog memiliki fleksibilitas dan keterampilan yang dapat diterapkan di berbagai bidang pekerjaan.

Secara umum, jurusan sosiologi adalah pilihan yang berharga dan penting dalam pendidikan tinggi. Meskipun jarang diminati dan sering masuk dalam daftar jurusan yang paling disesalkan, pendapat ini perlu dipertimbangkan kembali. Sosiologi memberikan pemahaman yang mendalam tentang masyarakat, memberikan keterampilan yang berharga, dan mempromosikan pemikiran kritis dan perubahan sosial yang lebih baik. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali nilai dan manfaat yang dimiliki jurusan sosiologi dalam masyarakat kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image