Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ahmad Oki Fahruli

Prospek Kerja Sistem Informasi Saat ini

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 03 Oct 2023, 10:39 WIB

Prospek kerja sistem informasi pada saat ini cukup bagus. Dari masa ke masa disiplin ilmu satu ini tentu akan selalu diperlukan dalam setiap aspek kehidupan. Tidak terkecuali untuk pada masa sekarang, dimana industri dna teknologi perkembang sangat pesat.

Para lulusan dari program studi ini memiliki peluang karir dan prospek kerja sistem informasi yang cukup tinggi. Berbagai macam jenjang karir dan jenis-jenis yang diberikan juga bervariasi dan cukup menjanjikan. Ini tentu menjadi modal besar di pasar tenaga kerja. Berikut beberapa di antaranya.

Pexels/Yan krukau

Programmer menjadi sebuah pekerjaan dengan prospek kerja sistem informasi yang dilakukan oleh para pembuat program yang didasarkan pada lembar spesifikasi software engineering. Seorang programmer pasti sudah menguasai dengan pasti bahasa-bahasa pemrograman.

Seperti CSS, SQL, HTML, JavaScript, PHP, XML, Python dan masih banyak lagi lainnya. Pekerja ini harus memastikan bahwa program yang dibuatnya telah berjalan dengan benar dan sesuai. Untuk itu, mereka akan melakukan banyak uji coba dengan melakukan perkiraan pada tiap kasus yang terjadi.

Berikutnya adalah konsultasi IT. Pekerja ni menjadi sebuah penghubung antara tim teknis dan anggota staf supaya bisa mengetahui kebutuhan model dan strategi bisnis kliennya dengan baik. Profesi ini sudah cukup terkenal, sehingga tidak lagi terlihat sebagai pekerjaan asing di negara ini.

Bahkan ada banyak sekali perusahaan yang memberikan jasa konsultan IT pada bidang ini. Tentunya dengan tawaran gaji yang cukup fantastis. Seorang konsultan IT harus memahami kepribadian berikut juga harapan kliennya dan mentranslatenya ke bentuk teknologi informasi itu sendiri.

Pekerjaan selanjutnya adalah digital marketing. Staff digital marketing atau yang lebih dikenal sebagai digital marketer adalah sebuah pekerjaan yang penempatannya berada pada bidang pemasaran memakai platform-platform digital.

Seorang digital marketer memiliki tanggung jawab penuh pada pemasaran produk perusahaannya. Jika Anda ingin menjadi seorang digital marketer, maka terdapat teknik-teknik yang perlu dikuasai seperti SEO, SEM, content marketing, email marketing, social media ads, dan pemakaian media sosial juga.

Application engineer menjadi sebuah profesi insinyur aplikasi yang cukup asing di bidang pekerjaan ini. Memiliki tugas untuk melakukan perancangan, pengembangan dan pengujian terhadap aplikasi-aplikasi perangkat lunak.

Profesi ini tidak langsung menangani mengenai program atau kode software inti, tetapi mereka mempunyai daya paham mengenai penulisan dan penempatan source code. Pekerjaan ini bertugas untuk melakukan pengujian aplikasi, pengevaluasian dan memberikan feedback ke pelanggannya.

Data scientist adalah seseorang yang mengendalikan teknologi untuk mengolah data. Memiliki tanggung jawab mulai dari tahap analisis hingga memperoleh insight atau memberikan rekomendasi untuk melakukan pengembangan terhadap usahanya.

Seorang data scientist mempunyai tugas untuk melakukan penganalisisan banyak macam data dalam jumlah cukup banyak yang sudah digabungkan di perusahaannya. Ini tentu akan membutuhkan kemampuan untuk melakukan penganalisisan data dan konsistensi datasetnya juga.

Technopreneur menjadi nama untuk orang yang memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir untuk kemudian mengoptimalkannya dalam pengembangan sebuah usaha tertentu. Atau bisa juga disebut sebagai orang yang melakukan pengelolaan usaha memakai basis teknologi.

Adanya technopreneur ini sebagai akibat dari bergesernya ekonomi dari sumber resource based ke knowledge based. Untuk bisa membuatnya tetap dapat bersaing di mata dunia pada era seperti sekarang, Anda harus melakukan pembaruan dalam usahanya tersebut.

Demikian pembahasan mengenai prospek kerja sistem informasi. Bagi Anda yang tertarik dan sedang melaksanakan studi program studi satu ini, tidak perlu khawatir. Karena jurusan ini akan mampu membawa banyak pengaruh besar bagi dirinya sendiri dan orang lain juga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image