Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dini Naily Farchati

Matematika Itu Timeless dan Prospek Kerjanya Luas

Edukasi | 2024-06-19 23:37:01

Menempuh jenjang pendidikan di perguruan tinggi merupakan tahap akhir opsional pada pendidikan formal. Lulusan perguruan tinggi berhak memperoleh gelar akademik, profesi, atau vokasi sesuai dengan pilihan program studi yang diambil. Di sini, saya akan menjelaskan lebih lanjut terkait salah satu program studi, yaitu S1 Matematika atau matematika murni serta prospeknya di dunia kerja.

Program studi Matematika merupakan studi yang mempelajari matematika murni seperti aljabar, geometri, dan analisis matematika. Mahasiswa di jurusan ini juga berpeluang untuk mempelajari statistika, komputasi, aktuaria, dan riset komputasi. Di jurusan Matematika, kita akan berkutik dengan angka, pemodelan, dan hal lainnya yang ditujukan untuk berkarir sebagai praktisi di berbagai bidang industri ataupun ingin mengembangkan keilmuan matematika.

sumber: https://skuling.id/wp-content/uploads/2024/02/cara-menghafal-rumus-matematika.png

Disebut sebagai mata kuliah yang rumit, Matematika merupakan program studi yang masih sepi peminat. Tidak hanya sebatas jago berhitung, Matematika juga berhubungan dengan analisis, geometri, dan algoritma pemograman. Selama berkuliah di program studi Matematika, kita akan mempelajari banyak kasus-kasus, seperti mengutak-atik dan membongkar serta membuktikan teorema-teorema dalam matematika. Oleh karena itu, lulusan Matematika dikenal memiliki pengetahuan dan keahlian diantaranya memiliki kemampuan analisis baik, dapat berpikir terstruktur, detil, teliti, dan tekun, kemampuan problem solving, kemampuan bepikir kritis dan rasional, kemampuan berhitung, serta kemampuan meneliti.

“Menurutku, Matematika itu timeless. Karena Matematika menjadi dasar dari ilmu lain.” Ikhsan, Mahasiswa Matematika Universitas Airlangga

Ilmu matematika sejatinya sangat aplikatif sehingga banyak peluang karir bagi lulusannya. Hampir semua bidang kerja memerlukan penerapan ilmu matematika, sebab profesi di bidang matematika berurusan dengan pengolahan data dan menafsirkan temuan yang didapat di lapangan. Profesi ini memerlukan analisis dan proses pengambilan keputusan menggunakan perhitungan secara sistematis. Lulusan Matematika juga memiliki peluang di berbagai sektor, diantaranya sektor keuangan, teknologi informasi, bisnis, serta pendidikan.

Peluang karir lulusan Matematika di sektor keuangan

Sarjana Matematika bisa bekerja di Kementrian Keuangan, Bank Indonesia, atau Otoritas Jasa Keuangan untuk lembaga pemerintahan, kemudian perusahaan investasi ataupun perusahaan lainnya untuk melakukan analisis risiko, mengevaluasi kinerja keuangan, dan memproyeksi keuangan.

Peluang karir lulusan Matematika di sektor teknologi informasi

Ilmu matematika memiliki peran yang besar dalam kemajuan IPTEK. Diantaranya yaitu sebagai dasar pemograman komputer, dasar hitung dalam suatu pengembangan alat modern, dapat menyajikan suatu problematika dengan grafik, dll.

Peluang karir lulusan Matematika di sektor bisnis

Banyak perusahaan membutuhkan lulusan matematika sebagai analis bisnis pada bagian production planning control maupun supply chain management. Lulusan Matematika memiliki peluang untuk menjadi seorang big data analyst. Mereka dapat mengaplikasikan ilmu matematika, statistika, algoritma dan pemograman, akuntansi, ekonomi, manajemen, dan ilmu data (data scientist). Kompetensi ini juga dapat membekali mahasiswa untuk menjadi aktuaris profesional.

Peluang karir lulusan Matematika di sektor pendidikan

Menjadi lulusan Matematika dapat melanjutkan karir mereka dalam penelitian untuk mengembangkan keilmuan matematika atau bahkan menjadi tenaga pendidik, seperti dosen atau guru tingkat SD, SMP, dan SMA. Namun, perlu dilakukan tahap PPG (Pendidikan Profesi Guru) untuk tenaga pendidik SD, SMP, dan SMA sebab bukan lulusan jurusan pendidikan.

Sekian informasi terkait kompetensi dan prospek kerja lulusan program studi Matematika atau matematika murni, semoga bermanfaat dan dapat membantu pembaca memenuhi kebutuhan akan informasi tersebut. Untuk kamu yang memiliki ketertarikan dalam dunia hitung menghitung dan mempunyai kemampuan analisis yang kuat, semoga artikel ini dapat membantu meyakinkanmu untuk membuat keputusan itu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image