Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image abu hasan syadzali

Ternyata Ini Dia 8 Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Lebih Tahan Lama

Teknologi | Tuesday, 06 Jun 2023, 19:58 WIB

Laptop menjadi salah satu perangkat yang memang banyak digunakan, terutama untuk kalangan orang bekerja. Hal tersebut karena laptop sangat mudah dibawa kemana saja, sehingga kamu dapat mengoperasikannya kapan saja dimana saja. Selain itu laptop juga dapat membantu banyak aktivitas mulai dari mengerjakan tugas kuliah, pekerjaan, hingga bermain game. Namun kamu juga perlu memperhatikan beberapa cara merawat baterai laptop supaya tidak mudah rusak.

Hal tersebut karena penggunaan laptop juga dibatasi oleh daya baterainya, terutama saat kamu kesulitan mendapatkan colokan untuk mengecasnya. Sehingga kendala tersebut dapat memperparah keadaan baterai, dan membuatnya mudah rusak atau boros. Selain itu penyebab dari baterai yang mudah rusak adalah, ketika kamu melakukan perawatan dengan metode salah. Oleh karenanya ketika kamu ingin laptop dapat bekerja secara maksimal, maka rawat perangkat tersebut dengan cara yang tepat terutama di bagian baterainya.

Wajib Tahu Berikut Beberapa Cara Merawat Baterai Laptop dengan Mudah

Sebenarnya laptop kekinian sudah dilengkapi dengan software serta teknologi penghemat baterai, hal tersebut bertujuan untuk pengguna supaya dapat menggunakannya lebih lama tanpa harus mencolok charger. Namun hal ini bukan berarti kamu bisa menggunakan laptop dengan bebas, karena perangkat tersebut bisa kehabisan daya kapan saja.

Tips Merawat Baterai Laptop dengan Benar

Beberapa orang memang sering menggunakan laptop untuk menyelesaikan urusannya, sehingga kamu harus membuat baterainya awet supaya aktivitas tidak terganggu. Sehingga untuk kamu yang bingung mengenai cara merawat baterai laptop, silahkan simak ulasan di bawah ini.

1. Pastikan untuk Menghindari Overheat dan Selalu Perhatikan Suhu Laptop

Ketika kamu menggunakan laptop secara intense misal untuk kerja, bermain game, atau menonton film. Hal tersebut tentu akan membuat suhu laptop menjadi meningkat, apalagi saat tidak didukung dengan kipas yang memadai. Sehingga biasanya hal tersebut akan menyebabkan overheat, atau laptop kepanasan. Sedangkan suhu laptop yang meningkat, akan menyebabkan penggunaan daya baterainya. Oleh karena itu untuk kamu yang ingin baterai laptop tetap awet, silahkan hindari overheat dan selalu pantau suhu laptop.

Berikutnya kamu juga harus memperhatikan lingkungan saat akan menggunakan laptop, sebab hal ini akan berpengaruh ke daya baterai serta suhu panasnya. Pastikan kamu juga tidak memilih tempat yang panas, sebab dapat membuat laptop bekerja lebih keras dan menguras daya baterai dengan cepat.

2. Hindari untuk Tidak Menggunakan Banyak Aplikasi

Ketika kamu sedang bingung mencari cara merawat baterai laptop dengan baik, maka salah satunya adalah jangan menggunakan banyak aplikasi di dalam perangkat tersebut. Hal ini karena ketika kamu membuka banyak aplikasi di dalam 1 waktu, sudah pasti laptop akan bekerja jauh lebih keras lagi. Sehingga hal tersebut tidak baik untuk terus dilakukan, serta dapat menguras baterai lebih cepat dari biasanya. Selain itu kamu juga bisa menutup semua aplikasi yang tidak digunakan, supaya daya baterai tetap tahan lama dan awet.

3. Jangan Biarkan Laptop Mati Total

Semua orang tentu ingin mempunyai perangkat yang baterainya awet baik dari kalangan ponsel hingga laptop, namun untuk mendapatkan hal tersebut maka kamu bisa merawatnya dengan baik. Karena memang biasanya seseorang yang terlalu fokus bermain game, bekerja, atau menonton film maka mereka akan lupa mengecas laptopnya. Sehingga hal tersebut menjadi salah satu penyebab baterai laptop mudah rusak, dan akan berakhir dengan mati total.

Kebiasaan ini memang jarang diperhatikan, sehingga sangat berpengaruh ke kualitas baterai yang mudah boros dan menurun. Sedangkan hal tersebut bisa membuat komponen pada baterai menjadi cepat rusak, sehingga kamu harus memperhatikan akan hal ini. Selain itu ketika kamu ingin baterai laptop tidak mudah rusak, sebaiknya cas perangkat tersebut sebelum di bawah 20%.

4. Gunakan Charger Asli dan Mematikan Laptop Ketika di Cas

Untuk kamu yang sering mengecas laptop sambil digunakan, sebaiknya hindari hal tersebut. Karena mematikan laptop ketika di cas, jauh akan membuat baterai menjadi lebih cepat penuh. Selain itu ketika kamu tidak menggunakan laptop sambil di cas, maka hal tersebut akan membuat baterainya lebih awet.

Hal tersebut bisa terjadi karena laptop terhindar dari aktivitas berat. Lalu jangan lupa ketika mengecasnya kamu harus menggunakan charger asli. Karena ketika kamu menggunakan charger palsu, sudah dipastikan bahwa arus listrik ke laptop tidak akan stabil dan membuat baterainya cepat rusak. Oleh karena itu pastikan tidak membeli atau menggunakan charger KW, supaya daya baterai lebih tahan lama.

5. Selalu Update Software Secara Berkala

Cara merawat baterai laptop supaya tetap tahan lama adalah dengan rajin update softwarenya karena hal tersebut dapat memperbaiki bugs, mengoptimalkan penggunaan resource, serta membuat baterai laptop lebih awet. Oleh karenanya bagi kamu yang sering mengalami baterai laptop boros, sebaiknya mulai menerapkan langkah update software ini. Hal tersebut juga mampu memaksimalkan penggunaan baterai, sehingga tidak akan mudah rusak atau boros ketika digunakan.

6. Cabut Charger saat Baterai Sudah Terisi Full

Ketika kamu ingin daya baterai bisa bertahan lebih lama, maka sebaiknya jangan menggunakan laptop sambil dihidupkan. Karena memang hal tersebut dapat membuat baterai mudah boros, dan tentunya cepat rusak. Sehingga ketika baterai sudah di bawah 20%, maka segeralah untuk mengecasnya terlebih dahulu.

Jangan lupa matikan laptop ketika sedang di cas, supaya baterai lebih awet dan cepat penuh. Berikutnya ketika baterai sudah terisi dengan full, maka kamu bisa mencabutnya. Karena membiarkan charger tetap menempel saat baterai sudah penuh, justru akan membuat laptop bekerja semakin extra. Sehingga hal tersebut juga membuat kapasitasnya cepat bocor, serta menyebabkan fungsi baterai semakin menurun.

7. Silahkan Aktifkan Mode Power Saver

Mungkin cara merawat baterai laptop yang benar adalah, silahkan kamu aktifkan mode power saver. Namun memang kebanyakan laptop windows, maka perangkatnya akan diatur oleh mode balance. Sehingga untuk kamu yang ingin baterai sedikit lebih tahan lama, maka bisa mengubah mode tersebut menjadi power saver.

Sedangkan untuk caranya kamu bisa masuk ke pengaturan daya laptop melalui panel control, setelah itu silahkan klik "Icon Baterai" pada taskbar di bagian sisi kanan bawah layar. Berikutnya pilih power mode: Battery saver, maka secara otomatis mode laptop akan berubah.

8. Silahkan Simpan Laptop dengan Aman dan Baik

Untuk kamu yang sedang mengalami baterai laptop boros, maka dapat memperhatikan tempat penyimpanannya. Terutama saat kamu akan melakukan perjalanan dalam jangka lama, dan tidak membawa laptop. Maka silahkan kamu lepas baterainya, lalu simpan di tempat yang aman dan baik. Namun jika kamu menggunakan laptop dengan baterai tanam, silahkan cas perangkat tersebut hingga baterainya penuh 100%. Setelah itu kamu bisa menyimpan laptop di tempat dengan suhu normal, supaya perangkatnya tidak overheat atau kepanasan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image