Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bunda Trisnawati

Resep Urap Jawa Uendhooolll

Kuliner | Friday, 19 May 2023, 21:13 WIB

Resep urap dari Jawa

Dari berbagai jenis masakan asli jawa tengah, inilah resep yang paling mudah diingat. Disamping mudah, murah, tetapi juga menyehatkan.Urap adalah masakan tradisional yg digemari semua kalangan. Hampir disetiap cuaca dan kesempatan ataupun acara-acara pesta dan acara resmi lain,urap bisa disuguhkan. Bahannya mudah didapatkan dan semua mengandung banyak Vitamin. Bisa disuguhkan dengan rasa gurih ataupun pedas. Berikut adalah resep yang selalu saya pakai dalam membuat urap yang rasanya masih terasa saat masih kecil hingga dewasa sekarang. Dan urap ini bisa disuguhkan juga dengan nasi hangat dan tempe mendoan sehingga menambah kenikmatan yang luar biasa.

Bahan Sayuran :

-Kacang panjang 1/4

-Bayam 1 ikat

-Tauge 1/4

-Kemangi 2 ikat

-Wortel 2 buah

-Sawi putih 1/4

Bumbu ulek :

-Cabai Rawit 10 biji

-Cabai kriting 5 biji

-Bawang merah 8 siung

-Bawang putih 4 siung

-kencur 1 ruas

-Daun Jeruk 5 lembar

-Terasi 1 sendok teh

-Penyedap rasa 1 sendok teh

-Garam 2 sendok teh

-Gula Pasir 1 sendok teh

Bahan Pelengkap :

-Kelapa muda parut

-Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :

Siangi semua sayuran, potong-potong dan bersihkan,lalu panaskan kukusan, tunggu mendidih, masukkan satu persatu sayuran secara bergantian sesuai tekstur mudah lunaknya, yaitu terlebih dahulu wortel, kacang panjang, sawi, bayam, terakhir touge, Kecuali kemangi jangan dikukus, tapi taburkan mentah saja.

Sambil menunggu matang semua sayuran,ulek semua bumbu,kecuali daun jeruk,setelah halus tumis dalam minyak panas. Kemudian tunggu sampai harum, lalu masukkan daun jeruk dan parutan kelapa muda,aduk hingga rata dan harum. Test rasa dan bisa disesuaikan dengan selera. Setelah tercampur dan matang, angkat kemudiansisihkan. Tata sayuran diatas piring, kemudian taburkan kemangi dan bumbu urap yg sudah disiapkan tadi. Urap jawa yang gurih dan nikmat, siap dinikmati dengan Nasi anget dan mendoan.

Nanti akan saya share cara membuat mendoan yg uenaak...

Selamat mencoba.....

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image