Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas ump

Sambut Musyda, FPP UMP Gelar Seminar Nasional

Info Terkini | Tuesday, 09 May 2023, 13:50 WIB
Sambut Musyda, FPP UMP Gelar Seminar Nasional

Fakultas Pertanian dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FPP UMP) gelar seminar nasional pra Musyawarah Daerah (Musyda) Muhammadiyah dan Aisyiyah Banyumas, bertempat di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, pada Jumat (5/5/2023).

Seminar yang bertajuk Pembangunan Pertanian dan Perikanan Terpadu untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional itu menghadirkan empat narasumber yang ahli di bidangnya.

Mereka yakni Dr. Kasan selaku Kepala Badan Kebijakan Perdagangan (BKPerdag) Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, kemudian Dr. rer. agr. Eva Anggraini, S.Pi, M.Si., selaku direktur Direktorat Konektivitas Global Institut Pertanian Bogor (IPB), keduanya hadir melalui zoom meeting. Ada juga Dr. Oetami Dwi Hajoeningtijas, S.P., M.P. selaku dosen prodi Argoteknologi FPP UMP, serta Ir. Sugiyatno, M.M selaku ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas yang hadir secara langsung.

Kegiatan seminar tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang tahun ini menjadi istimewa lantaran bertepatan dengan rangkaian acara Musyda Muhammadiyah dan Aisyiyah serta rangkaian kegiatan Milad UMP ke-58, juga bersamaan dengan pelantikan pengurus Jaringan Petani Muhammadiyah (Jatam) Banyumas.

Dekan FPP UMP Sulistyani Budiningsih, S.P., M.P mengatakan banyak fenomena saat ini yang menjadi ancaman terhadap ketahanan pangan dan kerusakan lingkngan (ekologi), khususnya di Indonesia.

“Dewasa ini kebutuhan pangan semakin meningkat dengan berkembangnya jumlah penduduk di Indonesia. Kemudian, banyak sekali lahan-lahan pertanian yang beralih fungsi juga perubahan cuaca yang berimplikasi pada perubahan musim,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa seminar nasional kali ini sebagai upaya untuk mendukung pencapaian ketahanan pangan nasional yang menjadi program pemerintah.

“Fenomena tersebut dapat diantisipasi melalui berbagai kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, maupun seminar-seminar nasional seperti pada hari ini, kami berharap bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi ajang diskusi serta hasil penelitian dari Bapak/Ibu dapat bermanfaat untk mewujudkan ketahanan pangan nasional,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akdemik dan Kerjasama, Ir. Aman Suyadi, M.P dalam sambutannya menyebutkan mengenai tiga aspek ketahanan pangan yang harus selalu diperhatikan.

“Pertama, tidak cukup produksinya yang melimpah namun distribusinya yang semestinya menjadi perhatian utama. Kedua, mengenai penyediaan pangan di tingkat nasional dan regional. Terakhir, mengenai akses pangan di tingkat rumah tangga yang harus mudah untuk didapatkan,” paparnya.

Kemudian ia juga menambahkan, untuk ke depan ia percaya bahwa Muhammadiyah mampu mewujudkan ketahanan pangan nasional.

“Melalui Jatam Banyumas yang bersamaan dengan acara ini dilantik para pengurusnya, saya berharap mereka dapat menjalin kerja sama dengan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) yang lain agar dapat memenuhi kebutuhan pangan anggotanya, supaya tidak bergantung dan mengandalkan hanya dari pemerintah saja,” pungkasnya. (zah/tgr)

Artikel lengkap bisa diakses DI SINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image