Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Supadilah

Beberapa Cara Merayakan Kelulusan Dengan Kegiatan Positif

Eduaksi | Saturday, 06 May 2023, 09:16 WIB
Siswa SMA Terpadu Al-Qudwah Lebak Banten merayakan kelulusan

Merayakan kelulusan sekolah identik dengan coret seragam, polos, konvoi kendaraan, dan sejenisnya. Padahal, perayaan seperti itu bisa merugikan banyak orang.

Kemarin ketika melewati jalan di Lampung, bus yang kami tumpangi harus berhenti. Sebab di jalan itu ada serombongan anak sekolah yang sedang merayakan kelulusan mereka.

Seragam mereka letakkan di jalan aspal. Kalau ada yang mempiloks atau coret dengan spidol. Ada juga yang mempiloks saat masih dikenakan. Ada juga yang menggeber-geber motornya. Padahal itu jalur ramai. Dari arah berlawanan juga ada kendaraan yang melintas terpaksa berhenti juga. Macet. Itulah yang terjadi di ruas jalan itu.

Kalau seperti itu kan jadi merugikan banyak orang. Reaksi orang pun bisa negatif. Bisa memberi cemoohan, kekesalan, ejekan bahkan cacian. Lha, kalau seperti itu, siapa yang rugi?

Padahal banyak cara merayakan kelulusan yang bisa dilakukan dengan cara positif.

Pertama, Sujud Syukur

Bagaimana pun kelulusan itu karena izin Allah. Bisa mengerjakan ujian dengan baik juga atas kuasa Allah. Maka, sepatutnya saat lulus, kita berterima kasih juga kepada Allah.

Kedua, Berbagi Makanan Kepada Yang Membutuhkan

Ini juga wujud syukur kepada Allah. Ibarat dapat rezeki, maka rezeki itu dibagi kepada orang lain. Saat membagikan makanan itu sebenarnya kita berbagi kebahagiaan. Malah kita bisa didoakan agar tercapai cita-cita baik kita.

Ketiga, Mendonasikan Seragam

Mungkin seragam yang sedang kelas 3 pakai bisa diwariskan kepada adik kelas. Siapa tahu ada adik kelas yang seragamnya lebih lusuh, hilang, atau lainnya. Nah, bisa tuh seragam yang daripada dicoret tadi didonasikan kepada juniornya.

Keempat, Makan Bersama

Kamu bisa lengkapi kebahagiaan di hari kelulusan dengan makan bersama. Tentu semakin bergembira lagi di hari itu dengan makan-makan.

Nah, itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat pengumuman kelulusan. Bukan hanya kenangan sehari saja tetapi bisa membekas selamanya. Selain itu, bisa diingat oleh orang sebagai kegiatan positif. Ayolah berubah jadi lebih baik daripada sekadar pamer atau pelampiasan saja. Sepakat?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image