Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aradea Galang Bayu Wiratama

Sudah Lolos Seleksi Masuk Perguruan Tinggi? Lakukan Hal Produktif Berikut!

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 03 May 2023, 19:20 WIB

Tidak terasa kita sudah memasuki bulan Mei, bulan pelaksanaan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yaitu UTBK SNBT. Momen ini tentu menjadi momen yang sangat diperhatikan oleh teman-teman yang duduk di bangku akhir SMA atau bahkan teman-teman yang sedang gapyear. Banyak hal telah dikorbankan serta dipersiapkan untuk menghadapi UTBK SNBT tersebut. Ada yang mengikuti bimbingan belajar tambahan, baik itu secara luring ataupun daring, ada pula yang belajar secara mandiri tanpa kursus tambahan. Semua itu dilakukan demi bisa mendapatkan hasil yang terbaik pada saat UTBK SNBT nantinya.

Sementara itu, bagi teman-teman kelas 12 yang sudah lolos jalur SNBP sejak bulan Maret lalu maupun jalur lainnya, tentunya sudah dapat bernafas lega dan mempunyai waktu senggang. Oleh karena itu, sambil menunggu jadwal masuk perkuliahan, berikut adalah rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan :

Cari tahu lebih dalam tentang seluk beluk perkuliahan

sumber: pixabay.com

Sebagai mahasiswa baru, nantinya pasti akan menghadapi perbedaan antara masa SMA dengan dunia kuliah. Akan lebih mudah bagi para maba atau mahasiswa baru jika sudah mengetahui sedikit tentang dunia perkuliahan. Teman-teman juga sebelumnya tentu sudah mencari informasi tentang program studi atau kampus itu sendiri, nah sebagai maba teman-teman bisa menggali informasi lebih dalam seperti, apa saja mata kuliah yang akan didapatkan, hingga berbagai organisasi atau UKM yang ada di kampus. Kalian bisa mengembangkan minat dan bakat melalui organisasi kemahasiswaan ataupun UKM yang ada tersebut. Teman-teman juga bisa mengulik seputar ospek yang akan dilakukan, baik itu ospek kampus, ospek fakultas, maupun ospek program studi jika ada. Jangan malu dan ragu untuk coba menghubungi kakak tingkat atau kenalan yang teman-teman punya untuk menggali informasi lebih dalam.

Telusuri informasi tentang Beasiswa

Sebagai mahasiswa, akan lebih banyak biaya yang akan dikeluarkan, mulai dari untuk biaya tes masuk perguruan tinggi itu sendiri, biaya UKT, hingga biaya hidup serta biaya sewa indekos atau asrama. Beasiswa tentu menjadi salah satu pilihan yang akan sangat membantu beban finansial mahasiswa tersebut. Banyak beasiswa yang dibuka untuk mahasiswa yang memfasilitasi bantuan berupa uang pendidikan, uang buku, uang saku atau biaya hidup, dan lainnya. Terlepas dari aspek finansial, beasiswa juga memberikan benefit lain seperti relasi yang menarik serta mungkin juga pelatihan atau pengembangan diri. Meskipun kebanyakan beasiswa untuk mahasiswa S1 dibuka untuk minimal mahasiswa semester 4 ke atas, tetapi ada pula beasiswa yang sudah bisa diikuti sejak mahasiswa baru atau bahkan sejak lulus dari SMA. Beberapa beasiswa yang sudah dapat diikuti oleh mahasiswa semester satu antara lain adalah :

- Beasiswa KIP-K

Teman-teman sudah bisa mendaftar beasiswa KIP-K melalui proses seleksi masuk perguruan tinggi yaitu SNBP dan SNBT sehingga persiapan untuk mendaftar sekaligus harus dipersiapkan bersama dengan berkas seleksi masuk perguruan tinggi itu. Umumnya, beasiswa KIP-K ini memiliki daftar program studi dan kampus tertentu saja yang bisa diikuti oleh program KIP-K ini. Pastikan program studi dan kampus yang ingin kalian daftarkan sudah sesuai dengan daftar yang tersedia.

- Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan merupakan salah satu beasiswa yang terkenal karena memberikan bantuan finansial yang cukup besar. Salah satu poin yang sering digarisbawahi tentang beasiswa ini adalah pembuatan esai serta proses wawancaranya. Tiap tahun biasanya akan diberikan tema yang berbeda untuk pembuatan esai yang digunakan sebagai seleksi administrasi beasiswa unggulan ini. Teman-teman yang ingin mendaftar Beasiswa Unggulan ini bisa mulai berlatih membuat esai serta persiapan wawancara agar lebih matang. Informasi mengenai BPI dapat dilihat melalui laman beasiswa.kemdikbud.go.id/

- Beasiswa Pendidikan Indonesia

BPI ini mungkin masih terdengar asing di kalangan masyarakat, tetapi skema dan bantuan yang diberikan kurang lebih sama dengan Beasiswa Unggulan. Proses seleksinya pun hampir sama, meliputi seleksi administrasi termasuk pembuatan esai hingga tahapan wawancara. BPI ini sebenarnya tidak hanya untuk jenjang S1 saja, tetapi juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa S2 dan S3. Untuk jenjang S1 sendiri, BPI mempunyai tiga jenis awardee yaitu Beasiswa Indonesia Maju (BIM), Calon Guru SMK, dan Pelaku Budaya. Pendaftaran BPI tahun 2023 sudah dibuka sejak tanggal 2 Mei 2023. Informasi mengenai BPI dapat dilihat melalui laman beasiswa.kemdikbud.go.id/ ataupun akun instagram @awardee_bpi

- Asrama Mahasiswa Nasional

Beasiswa AMN juga merupakan beasiswa yang termasuk baru. Beasiswa AMN ini selain memberikan bantuan secara finansial, juga menawarkan kesempatan bantuan berupa hunian di asrama secara gratis sehingga mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya untuk hunian seperti indekos.

Bersyukur dan nikmati setiap waktu

Setelah lolos seleksi perguruan tinggi, jangan lupa untuk bersyukur atas apa yang telah teman-teman raih. Mungkin saja itu semua adalah harapan atau hal yang telah dicita-citakan sejak lama. Selain itu, sudah pasti jangan lupa nikmati waktu yang ada sebelum memasuki dunia perkuliahan. Teman-teman bisa sekadar membeli makanan kesukaan, bermain games, menonton film/series favorit, bahkan liburan atau jalan-jalan sebagai bentuk self reward dan penyemangat atas apa yang telah diraih. Selain itu, mungkin bagi yang akan berpisah dengan teman seperjuangan semasa SMA, kalian bisa menghabiskan waktu bersama sebelum terpisah untuk kuliah.

Demikian adalah beberapa hal yang dapat teman-teman lakukan sebelum menginjak bangku perkuliahan. Selamat telah menjadi mahasiswa, yang tentu akan lebih berat dari masa SMA. Akan tetapi, ingatlah semua perjuangan yang telah dilakukan serta harapan yang dicita-citakan. Jangan menyerah dan yakinlah semua pasti akan terbayarkan. Salam.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image