Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anjani Rahmania

Tanggapan tentang Seorang Introvert

Edukasi | Saturday, 29 Apr 2023, 08:59 WIB

Menurut ahli di American Psychological Association,seseorang yang introvert cenderung menarik diri, pendiam, tenang, suka menyendiri, dan tidak tergesa-gesa atau berhati-hati. Tak cuma itu, seorang introvert juga lebih suka bekerja secara mandiri. Sayangnya, sifat atau karakter inilah yang sering kali menimbulkan berbagai “masalah”. Orang introvert sering kali dianggap sebagai antisosial, pemalu, bahkan orang yang muak dengan hubungan sosial. Sedari kecil mungkin kita sudah sering mendengar kalau supel, berinteraksi, bergaul–apapun namanya merupakan hal yang sangat baik. Sementara itu, pemalu dan pendiam itu jelek. Hal yang perlu diingat, ciri-ciri introvert juga memiliki kesamaan dengan ekstrovert kok. Mereka juga memiliki ambisi, hasrat, semangat, pandangan, dan pendapat mengenai hal-hal di lingkungannya. Hanya saja, mereka tak ingin membaginya dengan orang lain. Sebenarnya, introvert berbeda dengan pemalu, karena pemalu lebih takut terhadap pandangan atau penilaian sosial terhadap dirinya. Introvert lebih mengenai cara seseorang merespon stimulasi, termasuk stimulasi sosial. Bila ekstrovert benar-benar mengharapkan banyak sekali stimulasi, sedangkan introvert justru sebaliknya. Mereka merasa paling nyaman, hidup, dan bersemangat, ketika berada di lingkungan yang sepi dan tenang. Memang tidak setiap saat dan tidak mutlak, tetapi kebanyakan orang introvert sering menginginkan kondisi tersebut. Ada 4 jenis introvert,tipe-tipe ini memperhitungkan berbagai kepribadian introvert dan mengakui bahwa intovensi adalah spectrum.Berikut ini adalah 4 tipe introvert.

1. Social Introvert, Adalah orang introvert yang paling tidak kelihatan seperti orang introvert. Dia cenderung sangat suka bersosialisasi dan berinteraksi tapi hanya di circle terdekat dia saja. Tapi social introvert tetap bakal nih tidak suka sama acar-acara yang rame banget,berisik banget atau banyak orang banget.

2. Thinking Introvert, Nah ini adalah introvert yang suka berfikir,introveksi dan menganalisa hal-hal yang terjadi di sekitar dia. Introvert ini bisa banget ditempat yang rame itu mojok aja menganalisa sekeliling dan tenggelam dalam pikiran nggak ngomong satu kata pun.

3. Anxious Introvert, Adalah orang introvert yang gampang cemas ini adalah tipe-tipe orang yang setelah interaksi social biasa akan berfikir seperti “ Tadi aku salah ngomong nggak ya,tadi aku over sharing nggak ya, orang bakal mikir apa ya sama aku.” .

4. Restrained Introvert, Nah introvert ini adalah orang-orang yang cenderung sangat tertutup dan sangat-sangat misterius diawal-awal kamu kenal dia. Introvert ini cenderung sangat lama sebelum mengambil sebuah keputusan dan sebelum melakukan sesuatu. Singkatnya, introvert sangat pemilih tentang siapa yang akan mereka bawa ke dalam hidupnya.

Nah, bila kamu masuk ke dalam kehidupan para introvert, berarti kamu sangat berharga bagi mereka. Kualitas inilah yang membuat introvert menjadi teman setia, penuh perhatian, dan berkomitmen. Nah, sudah tahu kan ada apa di balik para introvert dan cara hidup yang paling nyaman menurut mereka? Kesimpulannya, sama sekali tidak ada yang salah dengan seorang introvert.Jadi, andaikan kamu melihat ada seorang anak kecil di sudut kelas yang tidak terlalu banyak berpartisipasi, atau yang diam seribu bahasa dan minim peran serta, janganlah berprasangka buruk. Cobalah berpikir positif, Hal istimewa apa yang akan mereka lakukan ke depannya

Mahasiswi prodi kebidanan

Poltekkes Kemenkes pangkal pinang

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image