Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

Wisata Alam Hutan Pinusan Ecopark Lampung Barat

Info Terkini | Tuesday, 28 Mar 2023, 20:53 WIB

Wisata Alam pesona pohon pinus selama ini hanya dikenal di daerah lain di luar Lampung, seperti pulau Jawa, Sumatera, dan daerah lain, Tapi kini bagi anda yang ingin mencoba berlibur di Wisata Alam Pinusan Lampung Barat ini destinasi yang sangat pas untuk bersama keluarga, teman,dan juga kerabat.

Sebelumnya, hutan Pinus itu di biarkan tumbuh secara alami dan belum di buka untuk umum. Saat itu,banyak orang yang melitas baik yang dari Lampung barat menuju Bandara Lampung maupun sebaliknya hanya sekedar melintas saja dan hanya sekedar ingin beristirahat sejenak karena mengingat udaranya yang sejuk. Karena itu warga berinisiatif untuk menjadikannya tempat wisata dan lama kelamaan menjadi daya tarik bagi warga sekitar.

Kini, kawasan tersebut menjadi salah satu tempat wisata di Lampung Barat. Kawasan wisata pinusan Lampung barat ini berada di Suka pura,Kecamatan Sumber Jaya, Kabupaten Lampung Barat. Lampung Barat juga memiliki suhu udara yang dingin terutama dipagi hari. Selain pinusan Lampung Barat juga memiliki tempat wisata lainnya seperti:Puncak Bumi Skala Beghak, Kebun Raya Liwa (KRL), Air Terjun Cengkaan, Situs Megaltikum Batu Brak, Rumah Adat Lampung Barat,Danau Suoh dan temapt-tempat wisata lainnya yang tak kalah indahnya.

Pinus ekopark, sebutan untuk tempat wisata ini. Lampung barat yang kaya hutan alami membuat tempat wisata pinus cepat di kenal oleh wisatawan. Tempat wisata hutan pinus ini berdiri atas tercetusnya oleh Swadaya masyarakat, yang mana masyarakat yang tergabung dalam kelompok Cinta Alam Green Pekon Bina Pemerdayaan Desa Sukapura. Suasana yang asli dan sejuk sangat terasa pepohonan pinus yang rindang memberikan oksigen yang sangat baik.

"Keinginan untuk mengelola hutan pinus ini menjadi tempat wisata karena Lampung Barat memiliki wisata alam yang potensial sekali, serta keadaan masyarakat adalah mayoritas petani, yang mana merupakan Petani musiman yang menghasilkan panen tidak tiap saat,” kata Kusni, anggota kelompok cinta alam green.

Sekarang pinusan sudah banyak memiliki tempat untuk beristirahat.Pengelola hutan pinusan membuat pondok bernuansa alami gubuk ada juga tempat duduk di hiasai dengan susunan ranting, serta gantungan- gantungan payung, yang membuat pinusan menjadi unik dan menarik. Fasilitas Pinus Ekopark, terdiri dari hiasan payung, pondokan atau saung, jembatan kayu, ayunan santai, fliying fox, foto grafer, penyewaan hammock untuk sekedar foto-foto.

Dan untuk harga tiket masuk wisata Pinus sangat murah yaitu hanya di bandrol dengan Rp10.000 rupiah saja per orang dan untuk parkir dibandrol Rp 5.000/kendaraan. “Harga tiket disini murah hanya Rp10.000 Rupiah sudah dapat menikmati fasilitas yang ada disini, serta keindahan alam yang masih asli.,” kata Beno penjaga Hutan Pinus.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image