Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Faiza Kamilla

Pengaruh Televisi Keagamaan terhadap Kehidupan Sehari-hari

Agama | Thursday, 16 Mar 2023, 10:01 WIB

Di era saat ini penggunaan smartphone untuk mencari informasi lebih mendominasi dari pada penggunaan televisi. Meskipun Kecanggihan smartphone saat ini mampu memberikan pelayan modern kepada masyarakat layaknya televisi yang menampilan program acara, film, maupun berita, penggunaan televisi tidaklah hilang sepenuhnya walau memang tidak dapat dipungkiri adanya pengurangan konsumen pada salah satu media massa ini. Penggunaan televisi masih menjadi media massa yang penting terkait penyebaran informasi yang ditujukan kepada penikmat acara televisi.

Televisi merupakan salah satu media massa yang sampai saat ini masih banyak digunakan oleh seluruh khalayak masyarakat. Seiring berjalannya waktu televisi semakin canggih dengan fitur dan program televisi yang beragam mulai dari acara berita, acara hiburan, hingga acara keagamaan. Adanya televisi tentu sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi maupun pengetahuan. Hal ini dirasakan terutama oleh kalangan orangtua atau lansia yang mungkin masih banyak yang mengalami kegagapan teknologi saat menggunakan smartphone.

https://id.pinterest.com/pin/622622717254525044/" />
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/622622717254525044/

Adanya televisi merupakan sebuah perkembangan signifikan dalam kehidupan manusia. Sehingga banyak manusia yang sampai detik ini masih mengikuti dan mengambil informasi melalui media massa televisi.

Televisi memiliki berbagai macam program yang ditawarkan untuk publik, keberagaman acara ini membuat kita mempunyai berbagai macam pilihan untuk ditonton, untuk orang yang menyukai music maka akan cenderung meilihat program televisi yang menawarkan perbincangan mengenai music, orang yang senang membaca berita akan memilih menonton berita yang ada di televisi dibandingkan menonton program lain. Tontonan ini tentu memiliki tujuan rating dan share agar stasiun televisi memiliki keuntungan sehingga tayangan di televisi sangat lah beragram agar dapat diperhitungkan publik menyukai program televisi yang bagaimana.

Dakwah merupakan bagian integral dari pengalaman Islam, sehingga proses dakwah dapat dilakukan dengan berbagai cara dengan menggunakan media sepanjang sesuai dengan ajaran Islam. Namun karena sifat dakwah yang spesifik, maka hanya perbuatan-perbuatan yang menyangkut ajakan, ajakan, ajakan dan penyampaian pesan oleh seseorang atau sekelompok orang (organisasi/lembaga) agar orang dan masyarakat lain beragama Islam. Untuk menjadi disebut tindakan dakwah dalam arti luas. Mulkhan, 1992: 101). Dakwahtainment didefinisikan sebagai konsep yang menggabungkan penyebaran Islam dalam bentuk siaran hiburan di televisi, yang memungkinkan pemirsa menonton televisi di rumah atau di tempat-tempat yang tersedia layanan ini. Dewasa ini, maraknya berbagai program dakwah di televisi sebenarnya tidak terlepas dari keberadaan masyarakat Indonesia, khususnya dalam arti religius, sehingga hampir semua stasiun televisi menayangkan program-program yang bernada religius. Acara dan program Islam sangat terasa selama Ramadhan. Proporsi acara religi lebih tinggi dari pada bulan-bulan biasa, sehingga sinetron menjadi sinetron religi. Program-program siaran yang bernuansa religi dapat digolongkan sebagai dakwah Islam, namun sekaligus sebagai hiburan, konsep ini kemudian disebut sebagai dakwahtainment.

Program televisi pada bulan Ramadhan mendorong banyak masyarakat untuk mendengarkan dakwa, mengaji, dan menonton program-program yang dapat memenuhi kebutuhan rohani. Walau sebenarnya program tersebut hanya terjadi selama 30 hari dalam setahun tetapi memiliki impact yang sangat besar untuk masyarakat khususnya orang Indonesia pada saat bulan puasa.

Dari fenomena tersebut kita dapat mengetahui bahwa masyarakat mengikuti pola hidup dengan apa yang sedang trending di dunia salah satu media yang efektif dalam melakukan hal tersebut adalah media massa televisi sehingga program televisi mengenai keagamaan seharusnya lebih banyak lagi tayang di Indonesia tidak hanya ketika bulan Ramadhan tetapi juga dalam keseharian lainnya agar pendidikan nilai dan moral agama dapat melekat pada pemikiran generasi muda yang masih membutuhkan media sebagai ruang untuk berkembang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image