Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Apriliani putri shalsabilla

Pengaruh Televisi Keagamaan Dalam Kehidupan

Agama | Thursday, 16 Mar 2023, 10:00 WIB

Media massa dalam penyebaran informasi tentunya banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah Televisi. Penyebaran informasi tentunya bukan hanya berita tentang kejadian terkini ataupun pendidikan, tetapi ada juga penyebaran informasi mengenai keagamaan dalam penggunaan media Televisi ini. Informasi mengenai kegamaan menjadi salah satu hal yang penting karena negara kita sendiri temasuk negara keagamaan, informasi penting dapat disampaikan secara bersamaan dan menjangkau seluruh audience yang ada di Indonesia,bahkan bisa sampai luar negara.

Contohnya adalah berita tentang mulainya puasa Ramadhan dan kapan lebaran Ramadhan, pergantian meteri kegamaan dan lain sebagainya. Dengan adanya penyebaran berita atau informasi menggunakan televisi, tentunya audience yang dijangkau lebih banyak, informasi atau berita yang disampaikan lebih cepat dan akurat sampai ke pendengar, mudah diakses oleh semua orang. Selain itu Televisi juga menjadi salah satu media dakwah dala keagamaan, mengapa?

Karena televisi tidak hanya menjadi salah satu alat pertukaran berita, tetapi juga menjadi media dakwah. Dengan adanya beberapa acara-acara keagamaan yang menjadi salah satu media dakwah bagi agama islam. Hal ini dapat dengan mudah diterima oleh masyarakat karena masyarakat bisa mendapatkan ilmu baru tentang keagamaan dan mudah didapatkan. Salah satunya adalah acara tv kajian pagi yang diadakan di salah satu stasiun tv swasta yag ada di Indonesia. Masyarakat menjadi lebih mudah untuk mengaksesnya, sudah tidak ada kata malas untuk datang ke acara kajian karena sudah ada kajian yang dilangsugkan oleh salah satu stqsiun tv, para penonton atau pendengar cukup hanya duduk dan mendengarkan di rumah masing-masing

Terdapat pula beberapa acara televisi yang berisikan ceramah, masyarakat yang menonton juga tidak perlu lagi bersusah payah untuk datang ke caramah karena sudah ada tayangan tayangan tersebut diacara televisi. Menjadikan televisi sebagai media dakwah merupakan salah satu hal yang sangat positif dilakukan untuk menyebarkan ajaran-ajaran baik dalam kegamaan. Mendengarkan kajian dan ceramah sudah tidak ada halangan dan tidak perlu bersusah payah karena hal tersebut suda tersedia di televisi.

Lalu ada beberapa acara televisi kegamaan yang menarik minat anak-anak untuk lebih dalam mengenal tentang keagamaan. Yakni acara Hafiz Indonesia. Acara ini selalu ada di bulan Ramadhan, acara kegamaan yang menaikkan minat anak-anak untuk menghafal Al-Quran. Bukan hanya menghafal, tetapi dengan mengamalkannnya dan membuat anak-anak bahkan orang dewasa menjadi lebih berusaha keras untuk menjadi versinya yang terbaik.

Acara-acara keagamaan yang ada di televisi atau stasiun televisi kegamaan, tentunya mempermudah segala hal, ketika televisi digunakan utuk hal baik seperti kegamaan, hal ini dapat lebih menonjolkan sisi positif dalam media massa televisi ini. Bahkan dari semuacara telivisi atau peran televises kegamaman yang sangat penting yang sudah dijelakan di atas. Ketika kita tertinggal tayangan mengenai keagamaan tersebut kita masih bisa melihat atau menontonnya kebali melalui siaran ulang televisi yang sudah tersedia.

Begitu mudahnya kita untuk lebih mengenal dan memahami tentang keagamaan melalui acara televisi atau televisi keagamaan. Hal ini menjadi sangat penting karena dengan adanya hal tersebut kita dapat lebih mudah untuk medapatkan informasi atau ilmu kegamaan yang ditayangkan dan diberitahukan melaui stasuin televisi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image