Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dwi Rahma

Peran Televisi Keagamaan Dalam Kehidupan

Agama | Thursday, 16 Mar 2023, 00:13 WIB

Televisi merupakan media elektronik yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Hal ini menjadi indikasi bahwa masyarakat Indonesia mulai mengikuti perkembangan teknologi. Televisi merupakan salah satu media yang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari. Selain menyajikan hiburan, televisi juga menayangkan berbagai program yang bernilai pendidikan dan spiritual, termasuk program religi. Televisi adalah media yang bisa digunakan untuk kepentingan pengelolanya, jika diarahkan terhadap hal-hal yang negatif maka akan menghasilkan nilai-nilai negatif begitu pula sebaliknya.

Televisi juga dapat dijadikan sebagai alat dakwah dalam pengembangan atau pengenalan ajaran Islam. Program televisi dapat disajikan dengan memperhatikan urgensi nilai-nilai Islam di masyarakat. Misalnya, ceramah atau pidato islami sebelum subuh atau setelah salat Subuh di saluran televisi swasta menunjukkan penggunaan televisi yang baik dalam membentuk nilai keagamaan. Kepedulian televisi terhadap kepentingan Islam juga ditunjukkan dengan fakta bahwa hampir semua televisi swasta menampilkan informasi tentang waktu jam sholat.

Selain itu, ada talkshow Islami, konten Islami semakin banyak muncul menjelang Ramadhan dan ada banyak program lainnya. Kehadiran dakwah di media televisi menitikberatkan pada bagaimana dakwah agama dikemas dan disajikan secara berbeda. Misalnya, Indosiar memiliki program Dakwah. "Mamah dan Aa" merupakan acara religi yang membahas masalah keluarga yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Mamah Dedeh berceramah dengan bahasa yang padat dan sederhana. Mamah Dedeh juga menjawab pertanyaan yang dikirimkan pemirsa melalui email dan telepon, serta berkesempatan untuk bertanya kepada masyarakat yang hadir.

Trans TV memiliki program dakwah bertajuk "Islam itu indah", sebuah program dakwah yang mengundang dua bintang tamu dan mengaji jamaah dari beberapa kota. Komunitas yang berpartisipasi tidak hanya perempuan, tetapi juga laki-laki bahkan anak-anak. Topik yang disajikan bervariasi setiap minggunya. TV One memiliki program Dakwah bertajuk “Indonesiaku Damai” yang merupakan Tausiyah besar yang diadakan di masjid-masjid seluruh Indonesia. Acara ini disiarkan secara langsung, dengan jamaah dari area sekitar masjid.

Ketika agama ditampilkan di televisi sangat erat kaitannya dengan kepentingan media, yaitu: selera publik. Hal ini dibuktikan dengan ceramah agama tidak hanya harus menunjukkan pengetahuan agama yang dalam oleh Ustaz yang membawakannya, tetapi juga harus disesuaikan dengan selera masyarakat. Tidak membosankan, mengandung unsur humor dan bisa menghibur. Hal ini berbeda dengan acara keagamaan yang sebaliknya acara dikemas secara bermartabat dan khidmat dan tidak boleh dilewatkan atau dianggap sebagai lelucon. Pengemasan ceramah dakwah di televisi saat ini bertujuan untuk menarik perhatian sebanyak mungkin penonton karena dapat menikmati acara dakwah dengan lebih nyaman.

Televisi keagamaan dapat membantu orang memperdalam pemahaman mereka tentang agama. Program keagamaan seperti ceramah agama, siaran keagamaan dan kajian Islam dapat membantu masyarakat memperdalam pemahamannya terhadap ajaran agama. Program-program ini menampilkan ulama atau cendekiawan yang mengajarkan nilai-nilai agama dengan cara yang jelas dan mudah dipahami. Melalui televisi keagamaan, masyarakat dapat belajar tentang ajaran agama dan praktik keagamaan yang lebih baik sehingga mereka dapat menjalankan agamanya dengan lebih baik dan benar.

Televisi keagamaan dapat memberikan inspirasi dan dorongan kepada masyarakat. Acara religi kerap menghadirkan kisah-kisah inspiratif para pemuka agama dan masyarakat yang berhasil menjalani kehidupannya sesuai dengan nilai-nilai agama yang sempurna. Kisah-kisah tersebut dapat menginspirasi dan memotivasi masyarakat untuk menjalani kehidupannya dengan kebaikan dan nilai-nilai agama yang baik.

Televisi keagamaan dapat membantu masyarakat mengatasi permasalahan hidup. Program-program keagamaan seringkali berhadapan dengan persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang keagamaan. Program-program tersebut memberikan wawasan dan solusi dari sudut pandang agama agar masyarakat dapat mengatasi permasalahannya dengan baik dan sesuai dengan ajaran agama.

Televisi religi juga dapat membantu memperkuat persatuan dan kesatuan masyarakat. Program keagamaan seringkali memiliki berbagai acara yang melibatkan orang-orang dari latar belakang dan agama yang berbeda. Melalui program-program tersebut, masyarakat dapat saling mengenal dan memahami perbedaan mereka untuk menciptakan persatuan dan kesatuan yang lebih baik.

Singkatnya, televisi keagamaan memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Melalui program-program keagamaan masyarakat dapat memperdalam pemahaman agama, memperoleh inspirasi dan motivasi, mengatasi permasalahan hidup dan memperkokoh persatuan dan kesatuan. Oleh karena itu, televisi keagamaan harus lebih dikembangkan dan didukung, sehingga lebih membawa manfaat bagi masyarakat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image