Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bapas Kelas I Surakarta

Peringatan Isra Miraj Bapas Surakarta, Ustaz Reza Ajak Seluruh Pegawai dan Klien Bersihkan Hati

Info Terkini | Monday, 13 Mar 2023, 09:48 WIB

SURAKARTA – Bapas Kelas I Surakarta melaksanakan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Ruang Serbaguna, Jumat (10/03). Tidak hanya diikuti pegawai, kegiatan kerohanian ini juga diikuti Klien Bapas yang beragama Islam. Klien diikutkan karena kegiatan ini menjadi bagian dari program bimbingan kemandirian bagi Klien.

Bapas Surakarta adakan pengajian Isra Miraj bersama Klien Pemasyarakatan(10/03). Dok. Humas Bapas Surakarta

Dalam sambutannya, Kepala Bapas Surakarta Susana Tri Agustin menyampaikan peringatan Isra Miraj ini penting diselenggarakan karena pegawai Bapas tidak melulu harus bekerja tapi harus diberikan siraman rohani. “Harapannya dengan adanya siraman rohani, akan berdampak positif pada kinerja setiap pegawai”, tutur Susana.

Selain itu Kabapas juga mengungkapkan kegiatan kerohanian ini jadi ajang silaturahmi baik antar pegawai, antar pegawai dengan klien, dan tentunya dengan Ustaz atau pemateri yang diundang untuk mengisi acara.

Dalam peringatan Isra Miraj kali ini Bapas Surakarta menghadirkan Ustaz Reza Muhdhor Assegaf sebagai pemateri. Diawal materi, Ustaz yang terlihat masih muda dan murah senyum ini menyampaikan bahwa semua yang hadir adalah orang-orang pilihan Allah SWT karena digerakan kepada kebaikan untuk menimba ilmu.

Ustaz Reza kemudian menjelaskan bahwa hati setiap orang ibarat seperti tanaman. Tanaman butuh disirami, diberi pupuk, dan dirawat dengan baik. Begitu juga dengan hati, jika tidak disirami dan dirawat dengan baik bisa mati. Agar hati tetap hidup tentu harus disirami, salah satu caranya dengan mendengarkan pengajian seperti saat ini.

“Hati yang mati lebih bahaya dari jasad yang mati”, ungkap Ustaz Reza.

“Maka dari itu jangan sampai hati kita mati, sebab jika hati sudah mati mendengar nasihat siapapun akan mental”, lanjut Ustaz.

Ustaz yang kerap disapa Habib Reza ini kemudian menjelaskan bahwa sebelum melakukan perjalanan Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW dibersihkan terlebih dahulu batinnya, meski sebenarnya hati Nabi tidak kotor. Hal ini mengandung pelajaran bahwa sebelum bertemu dengan Allah SWT setiap insan harus membersihkan hati.

“Semua makhluk hidup kelak akan bertemu Allah SWT”, terang Ustaz.

“Maka dari itu bersihkan hati kita. Jangan sampai ada iri, dengki, dan segala sesuatu yang mengotori hati. Karena Allah SWT bukan memandang rupa atau jasad kita tetapi Allah SWT memandang hati kita”, pungkas Ustaz.

Secara keseluruhan peringatan Isra Miraj berjalan dengan lancar. Seluruh pegawai dan Klien menyimak dengan khusyuk ilmu yang disampaikan. Semoga seluruh pegawai dan Klien bisa mengambil dan mengamalkan ilmu yang sudah didapat di kehidupan sehari-hari.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image