Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M. Hasan

Erick Thohir Bawa Produk Lokal Mendunia di Piala Dunia U-20

Olahraga | Friday, 10 Mar 2023, 00:22 WIB
Foto: Sportstars.id

Piala Dunia U-20 tak hanya menjadi tantangan bagi Erick Thohir untuk menunjukkan bahwa sepak bola Indonesia tak redup oleh berbagai peristiwa kelam dan juga Indonesia layak ‘diperhitungkan’ oleh FIFA dalam kapasitasnya sebagai ‘tuan rumah’ ajang kejuaraan tertinggi kedua FIFA. Tetapi lebih dari itu, lewat ide cemerlang dan jenius dari nahkoda baru PSSI, Erick Thohir, Piala Dunia U-20 berpotensi menjadi ‘ladang’ pertumbuhan ekonomi bagi UMKM Indonesia.

Hal ini berkat terobosan Erick Thohir yang memberi panggung bagi apparel lokal, bernama Juara, jadi pemegang lisensi merchandise Piala Dunia U-20. Bagi Erick Thohir, peluncuran merchandise Juara ini adalah bagian upaya untuk memeriahkan event terbesar kedua FIFA, yakni kejuaraan dunia U-20. Namun dengan menggandeng apparel lokal ini, sejatinya menunjukkan bahwa Erick ingin agar gelaran akbar ini memiliki dampak positif bagi masyarakat dalam negeri.

Berkah Piala Dunia U-20

Dari sisi ini, maka kita dapat melihat betapa banyak berkah yang bisa dihadirkan dari ajang kejuaraan Piala Dunia U-20 ini nantinya bagi masyarakat Indonesia. Paling tidak dalam konteks spesifik ini, yakni dengan peluncuran apparel Juaraga, maka paling tidak, PSSI telah memberi dampak positif langsung berupa peluang ekonomi bagi apparel lokal pada hajatan besar Piala Dunia U-20. Dengan sendirinya, apa yang dijanjikan oleh Erick Thohir, bahwa sepak bola bukan hanya soal hiburan tapi juga ladang rejeki, benar-benar terealisasikan di sini.

Kedua, ini juga jadi momentum bagi Indonesia untuk menunjukkan bahwa merchandise produk lokal tidak kalah saing dengan produk-produk luar. Sehingga memungkinkan ke depan apparel lokal dilirik oleh industri global. Dalam jangka pandang, apa yang dilakukan oleh Erick adalah perlahan memajukan dan mengenalkan produk lokal ke pentas dunia, mengenalkan kebudayaan Indonesia, dan seluruh kekayaan budaya yang kita miliki.

Berkah Menonton Pemain Bintang

Selain hal-hal di atas, sebuah keberuntungan bagi masyarakat pencinta sepak bola di Indonesia patut diperhitungkan di sini. Sebab, seperti dikatakan oleh Erick Thohir, Piala Dunia U-20 menjadi perhatian dunia. Kejuaraan ini merupakan panggung bagi munculnya bintang-bintang sepak bola dunia. Banyak pemain bintang yang mula-mula bersinar melalui pentas ini. Sebab itu, tak mengejutkan bila banyak para pemandu bakat yang menyaksikan pentas ini.

Untuk sekedar menyebut beberapa nama: Diego Maradona, Lionel Messi, dan beberapa bintang lain. Mereka bersinar mula-mula di pentas ini sebelum akhirnya bergabung di level yang lebih tinggi.

Panggung bagi Apparel Lokal

Mendapat kesempatan strategis ini, apparel lokal, Juaraga, segera tancap gas dengan siap menjual 53 jenis souvenir untuk Piala Dunia U-20 nanti. Apparel lokal ini juga sejalan dengan visi besar Erick Thohir, sebab Juaraga ini melibatkan UMKM sebagai mitra produksi.

Selain itu, untuk bahan baku sendiri dipastikan 95 persen dibuat di Indonesia. Sisanya diimpor untuk komponen-komponen yang memastikan keaslian dan lisensi dari FIFA.

Poinnya, Erick berhasil menjadikan Piala Dunia U-20 untuk menghadirkan hiburan bagi publik, kebanggaan untuk sepak bola Indonesia, dan pertumbuhan ekonomi terutama lewat terpilihnya apparel lokal Juaraga tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image