Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sofa

Kepala UPPI Uhamka Hadir Bagikan Pengembangan Publikasi Dosen Uhamka dalam Acara TerasMu

Edukasi | Tuesday, 24 Jan 2023, 12:20 WIB

Herri Mulyono, Kepala Unit Pembina dan Pengembang Publikasi Ilmiah (UPPI) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menjadi narasumber dalam acara TerasMu yang ditayangkan oleh TV Muhammadiyah (TVmu), Sabtu (21/1).

Pada acara ini, Herri Mulyono memberikan gambaran mengenai pengembangan karir dosen melalui publikasi ilmiah. Ia mengungkapkan bahwa UPPI Uhamka hadir berlandaskan kekhawatiran terhadap tingkat publikasi dosen Uhamka yang masih rendah, sehingga Prof Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka menginstruksikan agar berdirinya lembaga yang dapat menaungi dan fokus terhadap penelitian dosen.

"UPPI Uhamka telah berdiri sejak tahun 2016. Hadirnya kami memang berangkat dari kekhawatiran kami mengenai rendahnya tingkat publikasi dosen Uhamka. Akhirnya Prof Gunawan membentuk UPPI Uhamka dengan tujuan agar ada unit yang fokus dan siap dengan peningkatan penelitian dosen Uhamka," ujar Herri.

Ia melanjutkan, dalam membantu pengembangan publikasi dosen, UPPI Uhamka membuat level publikasi dengan jenis penelitian dan dosen bersangkutan, sehingga dosen yang bersangkutan akan memiliki target penelitiannya masing-masing. Selain itu, UPPI juga berkolaborasi dengan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka untuk mengembangkan publikasi dosen melalui pengabdian masyarakat.

“Ketika kami membuat kegiatan dalam Renstra Uhamka, kami turut menata level publikasi dari jenis dan dosennya. Jadi ketika dosen mulai menulis dia sudah tau targetnya seperti apa. Kita juga sudah punya komunikasi baik dengan LPPM Uhamka, dimana mereka juga diminta publikasi pengabdian mereka ke kancah internasional. Kami bekerja sama agar dapat menerbitkan karya-karya dosen. Kami juga berikan penghargaan kepada dosen yang telah memasuki setiap level,” tutur Herri.

Di akhir segmen, Herri menyampaikan bahwa Uhamka terus mendukung visi Muhammadiyah dalam bidang pendidikan, yaitu internasionalisasi kampus dengan membangun kesadaran branding Uhamka secara internasional. Hal ini dapat dilakukan melalui terbangunnya sinergi yang baik dengan pihak luar negeri.

“Sehubungan dengan visi Muhammadiyah dalam bidang pendidikan yaitu internasionalisasi kampus. Uhamka terus mendukung terwujudnya hal itu membangun kesadaran branding secara internasional branding. Seperti kerja sama luar negeri baik dalam ranah ASEAN hingga wilayah Eropa. Kita mulai bangun itu,” pungkasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image