Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image kkn.kedungudi30. Umsida

Bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Tim KKN-P kelompok 30 Ikut Serta Dalam Pembuatan Pupuk Organik

Eduaksi | Friday, 20 Jan 2023, 13:42 WIB
dok/ kkn-p umsida kelompok 30 kedungudi 2023

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) ikut serta dalam pembuatan pupuk kompos di desa Kedungudi. Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 30 bersama Kelompok wanita tani (KWT) yang beranggotakan ibu-ibu dari desa Kedungudi melakukan pembuatan pupuk kompos, Kamis (19/01/2023).

Pembuatan pupuk kompos dilakukan setiap 2 minggu sekali. Kegiatan ini dilakukan pada jam 09.00 hingga 12.30 siang. Pembuatan pupuk kompos ini memerlukan beberapa bahan yaitu rumput, serabut kelapa, kotoran kambing, sampah organik rumah tangga dan air yang diberi campuran khusus untuk mempercepat proses fermentasi. dalam Proses pembuatan pupuk kompos dilakukan pemotongan serabut kelapa dan rumput serta sampah-sampah organik dari rumah tangga kemudian digiling menggunakan mesin.

Untuk proses pembuatan pupuk organik baru dilakukan setiap 2 minggu sekali. Setiap 3 hari sekali, pupuk akan diaduk kembali kemudian disiram air yang sudah diberi campuran untuk mempercepat proses pembuatan pupuk organik. Menurut salah satu anggota KWT dalam Pembuatan pupuk organik ini memakan waktu sekitar 2 bulan kemudian pupuk sudah siap dijual.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image