Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Musywil dan Rakerwil ILMMIPA Wilayah 3

Eduaksi | Friday, 30 Dec 2022, 08:21 WIB
Ikatan Lembaga Mahasiswa Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ILMMIPA) Wilayah 3 di Museum Muhammadiyah Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Foto: Istimewa)

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sains dan Teknologi Terapan (FAST) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menjadi tuan rumah dalam perhelatan Musyawarah Wilayah (Musywil) dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Ikatan Lembaga Mahasiswa Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ILMMIPA) Wilayah 3 yang digelar pada 16‒18 Desember 2022. Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Kampus II Unit B UAD.

ILMMIPA Wilayah 3 terdiri atas perguruan tinggi yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Total terdapat 12 lembaga di dalamnya yang terdiri atas BEM FMIPA UNY, LEM FMIPA UII, BEM FAST UAD, BEM KM FMIPA UGM, BEM FMIPA UNS, DEMA FST UIN SUKA, BEM FSM UNDIP, BEM FMIPA UNNES, BEM FMIPATI UPGRIS, DEMA FST UIN Walisongo, BEM FMIPA UNIMUS, dan LK FSM UKSW.

ILMMIPA berfokus pada kegiatan pengembangan ilmu sains, kegiatan sosio-politik di ranah sains, dan pengabdian masyarakat. Sebelumnya, ILMMIPA Wilayah 3 telah menggelar acara first gathering di Universitas Islam Indonesia (UII) pada 29 Oktober 2022. Dalam kegiatan tersebut, peserta yang hadir bersepakat untuk melakukan rekonstruksi lembaga yang diawali dengan pelaksanaan musyawarah dan rapat kerja ILMMIPA Wilayah 3. BEM FAST UAD kemudian mendapatkan amanah untuk menjadi tuan rumah.

Tema yang diusung dalam Musywil dan Rakerwil ILMMIPA Wilayah 3 adalah “Revitalisasi Peran Lembaga dalam Mewujudkan ILMMIPA Wilayah 3 yang Solid dan Berkarakter”. Hal itu selaras dengan harapan bahwa kegiatan tersebut dapat menjadi pemantik untuk menghidupkan kembali dinamika ILMMIPA Wilayah 3 setelah sempat surut karena pandemi. Revitalisasi dan rekonstruksi internal maupun eksternal organisasi menjadi fokus utama dari program kerja ILMMIPA Wilayah 3 selama satu periode ke depan.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta menginap di Wisma Sargede selagi musyawarah dan rapat kerja diadakan di Auditorium Kampus II Unit B UAD. Agenda diawali dengan pembukaan sekaligus seminar nasional dengan topik kontribusi sains untuk masa depan Indonesia yang bertempat di Ruang Serbaguna Kampus IV UAD. Hari terakhir diisi dengan penutupan yang digelar di Aula Masjid Islamic Center UAD. Dilanjutkan dengan field trip para peserta ke Museum Muhammadiyah dan Alun-Alun Kidul Yogyakarta. (tsa/roy)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image