Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image FLEMMO

Wirausaha Muda Kemenpora, Alfath Flemmo Beri Solusi Modal Sejuta Rupiah Jadi Artis Musik Spotify

Lomba | Tuesday, 25 Oct 2022, 17:54 WIB
Komposer Maharsyalfath Maulasufa (Alfath Flemmo), Top 10 Industri Kreatif Wirausaha Muda Pemula WMP Berprestasi Kemenpora RI 2022 mempresentasikan company profile Flemmo Enterprise Music di ASTON Kartika Hotel & Conference Center, Jakarta Barat, pada 24 Oktober 2022. (dok.pribadi).
Komposer Maharsyalfath Maulasufa (Alfath Flemmo), Top 10 Industri Kreatif Wirausaha Muda Pemula WMP Berprestasi Kemenpora RI 2022 mempresentasikan company profile Flemmo Enterprise Music di ASTON Kartika Hotel & Conference Center, Jakarta Barat, pada 24 Oktober 2022. (dok.pribadi).

Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (20) atau Alfath Flemmo, komposer muda Indonesia generasi Z, pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music, usaha kreatif jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital mendapat apresiasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). Alfath Flemmo masuk top 10 finalis nasional kategori industri kreatif Wirausaha Muda Pemula dan Penggerak (WMP) Berprestasi 2022.

Alfath Flemmo mengikuti acara Apresiasi Wirausaha Muda Pemula (WMP) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2022 di ASTON Kartika Grogol Hotel & Conference Center, Jakarta Barat, pada 23-25 Oktober 2022. Ia terinspirasi dari saran dewan juri WMP Berprestasi Kemenpora RI untuk mengembangkan pasar berupa paket penawaran lagu original mulai satu juta rupiah kepada siapa saja yang ingin menjadi artis musik di platform digital.

Baca Juga: Bidik Modal Usaha WMP Berprestasi Kemenpora, Komposer Alfath Flemmo Tawarkan Industri Kreatif

“Saya terinspirasi dari Bapak Kukuh dan Ibu Diah Yusuf (Indonesia Prima), dewan juri senior lomba WMP Kemenpora 2022 kategori industri kreatif. Hari ini saya langsung membuat gebrakan paket lagu original modal sejuta rupiah sudah bisa jadi artis”, ujar Alfath Flemmo (25/10).

Flemmo Enterprise Music memberikan penawaran berupa paket menjadi artis musik dengan modal mulai sejuta rupiah. Dengan modal satu jutaan rupiah, siapapun yang memesan musik kepada Flemmo bisa mendapatkan satu lagu original berbagai aliran musik, gratis proses mixing mastering lagu, gratis merilis lagu melalui akun Flemmo Enterprise Music di Spotify, gratis distribusi lagu ke 100 platform musik digital, dan gratis sampul lagu (artwork).

Baca Juga: Lolos Kompetisi UMKM Kekinian CARIpreneur, Alfath Flemmo Tawarkan Musik Teknologi AI

Alfath Flemmo Wirausaha Muda Pemula Berprestasi Tingkat Nasional Kementerian Pemuda dan Olahraga Kemenpora RI 2022
Alfath Flemmo Wirausaha Muda Pemula Berprestasi Tingkat Nasional Kementerian Pemuda dan Olahraga Kemenpora RI 2022

Di dunia musik Indonesia, Alfath Flemmo dikenal sebagai entrepreneur muda professional yang fokus di industri kreatif jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital harga super murah dengan hasil berkualitas tinggi. Dirinya mengusung konsep pelayanan mudah, ramah, murah, cepat, dan berbasis teknologi artificial intelligence (AI) yang sudah beroperasi sejak 2018. Kini, klien Flemmo Music sudah tersebar di seluruh Indonesia hingga mancanegara.

Baca Juga: Alfath Mahasiswa Ilmu Komunikasi BINUS Garap UMKM Ekonomi Kreatif Raih Juara 3 Nasional JBC 2022

Alfath Flemmo mengatakan, dalam catatan order selama Januari-Oktober 2022, Flemmo Music mengalami peningkatan permintaan order lagu musik original. Peningkatan ini disebabkan oleh pergeseran perilaku konsumen, yaitu adanya perubahan tren peminat artis musik Indonesia.

Maharsyalfath Maulasufa, founder dan CEO Flemmo Enterprise Music, Wirausaha Muda Pemula (WMP) Berprestasi, bersama Bapak Imam Gunawan, Asdep Kewirausahaan Kemenpora RI di ASTON Kartika Hotel & Conference Center, Jakarta Barat, pada 23 Oktober 2022.
Maharsyalfath Maulasufa, founder dan CEO Flemmo Enterprise Music, Wirausaha Muda Pemula (WMP) Berprestasi, bersama Bapak Imam Gunawan, Asdep Kewirausahaan Kemenpora RI di ASTON Kartika Hotel & Conference Center, Jakarta Barat, pada 23 Oktober 2022.

Lebih lanjut Alfath Flemmo menjelaskan fenomena ini merupakan peluang besar bagi industri musik digital di Indonesia. Sebagian besar klien Flemmo meminta pembuatan lagu musik original dapat selesai dalam satu hingga dua hari saja. Sehingga, tim produksi Flemmo pun bekerja cepat menyesuaikan permintaan pasar. Peluang ini juga ditunjang oleh kanal YouTube Flemmo Music yang sudah ditonton lebih dari 116 ribu viewers pada akhir Oktober 2022.

Baca Juga: Maharsyalfath Maulasufa, Mahasiswa BINUS University Masuk Top 20 Startup Terbaik

Sebagian dari masyarakat Indonesia sudah mengenal Flemmo Music sebagai pebisnis musik yang menawarkan banyak kelebihan dalam jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital. Melalui Flemmo Enterprise Music, Alfath menerapkan teknologi artificial intelligence (AI) dalam mengomposisi lagu musik, menghubungkan klien dengan freelancer, mendampingi musisi ke label rekaman, mendistribusikan lagu ke platform streaming, dan menciptakan musik sebagai preview produk bisnis di media sosial dan e-commerce.

Maharsyalfath Maulasufa Wirausaha Muda Pemula Berprestasi Tingkat Nasional Kementerian Pemuda dan Olahraga Kemenpora RI 2022
Maharsyalfath Maulasufa Wirausaha Muda Pemula Berprestasi Tingkat Nasional Kementerian Pemuda dan Olahraga Kemenpora RI 2022

Tentang prospek bisnis musik, Flemmo juga telah meriset pasar pada periode Januari-September 2022. Hasil pencarian kombinasi frase kata kunci untuk pasar Indonesia "jasa pembuatan lagu dan aransemen musik" melalui analisis mesin pencarian, terdapat potensi market sebanyak 200 klien per hari.

Baca Juga: Kado Hari Ibu, Komposer Alfath Flemmo Rilis Lagu

Berdasarkan riset pasar yang dilakukan Flemmo Enterprise, sebagai upaya untuk melipatgandakan jumlah klien di tahun 2023 mendatang, Alfath Flemmo optimis dapat merebut 1% dari pasar per hari atau sebanyak 2 pelanggan baru per hari.

Flemmo Music menargetkan 60 klien per bulan atau 720 klien per tahun. Dengan nilai jual per lagu sejuta rupiah, omset Flemmo Music bisa mencapai Rp750 juta per tahun.

Baca Juga: Komposer Muda Flemmo Kebanjiran Order Aransemen Lagu Berkah Bikin Gebrakan Vlog DSC Diplomat Sukses

"Tahun 2023, saya optimis pelanggan Flemmo Enterprise Music diperkirakan akan meningkat tajam sekitar 12 kali atau 1200% dari tahun 2022", pungkas Alfath Flemmo, penerima Sony Music Group Global Scholars Program 2022 yang disponsori oleh Sony Music Group (SMG) dan dikelola oleh Institute of International Education (IIE).

Baca Juga: Menteri Agama Yaqut Qoumas Apresiasi Alfath Penerima Beasiswa YYGS Yale University Amerika Serikat

Profil Penulis:

Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath Flemmo) adalah seorang komposer dan produser musik digital Indonesia; Pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music; Penerima Sony Music Group Global Scholars Program 2022 yang disponsori oleh Sony Music Group (SMG) dan dikelola oleh Institute of International Education (IIE); jurnalis lepas; Top 10 Wirausaha Muda WMP Berprestasi Sektor Industri Kreatif Kemenpora RI 2022; Delegasi IYS 2021 Turki; Delegasi UNESCO IMUN dan AWMUN Camp; Penerima Beasiswa YYGS Yale University 2021, Penerima Widia Scholarship 2022; Penerima Beasiswa Prestasi BPI/BIM Kemendikbud Ristek 2022, YouTuber Flemmo; Co-Founder Socio-Edupreneur Sepia.ID; Founder & Programmer di AlfathDev & FiGO Tech, Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi BINUS University Binusian 2026, Mahasiswa S1 Information System for Business and Management - Faculty of Computer Science President University 2022/2023.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image