Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image FLEMMO

Komposer Muda Flemmo Kebanjiran Order Aransemen Lagu Berkah Bikin Gebrakan Vlog DSC Diplomat Sukses

Bisnis | Thursday, 04 Nov 2021, 14:17 WIB
Alfath Flemmo Maulasufa, pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music: Presentasi vlog pitch bisnis musik di kompetisi kewirausahaan nasional Diplomat Success Challenge DSC12 2021. Berkah #bikingebrakan video vlog bisnis DSC Diplomat Challenge, kini komposer muda Flemmo kebanjiran order aransemen musik untuk cover lagu. (Tangkapan layar: youtube/FLEMMO).

Saya, Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa, kerap disapa Alfath Flemmo, adalah seorang komposer muda dan produser musik digital era generasi Z. Saya juga pegiat media sosial dan kreator konten kanal YouTube Flemmo Music. Saya merupakan founder dan CEO Flemmo Enterprise Music, sebuah startup bisnis kreatif yang berdiri sejak 30 Desember 2019. Di ajang kompetisi kewirausahaan nasional Diplomat Success Challenge DSC12, saya membuat proposal #bikingebrakan bisnis di sektor ekonomi kreatif. Fokus bisnis saya yaitu jasa produksi musik digital dan aransemen lagu.

Kemudian, proposal Flemmo Music lolos terpilih dalam 1.000 proposal menyisihkan 18.233 peserta kompetitor di lomba kewirausahaan DSC12 Diplomat Success Challenge 2021. Berkah Wismilak Diplomat, kini saya kebanjiran order jasa membuat musik, jingle lagu, dan aransemen musik untuk cover lagu.

Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa, kerap disapa Alfath Flemmo founder dan CEO Flemmo Enterprise Music: Bikin Gebrakan Bisnis 2021 Wismilak Diplomat Success Challenge DSC12. (dok. pribadi).

Ceritanya, setelah saya lolos dalam 1000 proposal Diplomat DSC12, saya membuat video vlog pitch bisnis musik terapi. Lalu saya mengunggahnya di kanal YouTube Flemmo Music pada 31 Oktober 2021. Vlog pitch bisnis Flemmo Enterprise Music berjudul: "MaharsyAlfath Maulasufa Flemmo Enterprise Music DSC12#19127_ #BikinGebrakan #DSC12 Jasa Pembuatan Lagu".

Sehari kemudian, saya kebanjiran pesan masuk melalui aplikasi WhatsApp. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sebagian di antaranya menanyakan dan berkonsultasi tips trik dan kiat sukses bisnis jasa pembuatan lagu dan aransemen. Sebagian lainnya memesan pembuatan jingle lagu, musik untuk iklan, musik latar untuk game dan film pendek, serta musik instrumental untuk video vlog YouTuber.

Flemmo Enterprise Music lolos terpilih dalam 1.000 proposal menyisihkan 18.233 peserta lainnya di ajang kompetisi kewirausahaan DSC12 Diplomat Success Challenge 2021. Berkah Wismilak Diplomat, kini komponis Flemmo kebanjiran order jasa pembuatan musik, jingle lagu, dan aransemen. (dok. pribadi).

Melalui video vlog pitch bisnis, saya menyoroti masalah pembajakan lagu. Pembajakan lagu (song piracy) dapat menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas produksi musik, menurunnya apresiasi masyarakat terhadap musik, dan berkurangnya minat investasi di bidang musik. Hal inilah yang dapat menghambat perkembangan industri musik di Indonesia.

Baca Juga: Karya Maharsyalfath Tembus Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud FeLSI, Menag Yaqut Beri Apresiasi

Melalui Flemmo Enterprise Music, saya aktif merilis lagu digital original di 100 platform streaming. Saya juga sebagai ketua Komunitas Musisi Lintas Genre Indonesia (KAMULAGI). Komunitas Kamulagi menawarkan kegiatan musikal bagi komunitas kaum muda sebagai sarana untuk menyampaikan pesan-pesan positif.

Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa, kerap disapa Alfath Flemmo, adalah seorang komponis muda dan produser musik digital, pegiat media sosial dan kreator konten kanal YouTube Flemmo, founder dan CEO Flemmo Enterprise Music. (dok. pribadi).

Bagi saya, peluang besar di era generasi Z sekarang yaitu profesi sebagai komposer, produser musik, dan audio engineer. Profesi ini sangat langka, suatu keunikan dan keunggulan, serta kesempatan untuk mengeksplorasi, dan membuat gebrakan spektakuler di sektor industri kreatif, jasa pembuatan musik.

Baca Juga: Semangat Moderasi Beragama Lewat Literasi, Alfath Langsung Lolos Final Nasional Artikel FeLSI 2021

Saya menerima jasa pembuatan lagu dan aransemen sejak tahun 2018. Ketika itu saya masih duduk di kelas 3 SMP, dan saya sudah menguasai software FL Studio. Contoh remake lagu dan aransemen musik karya saya 3 tahun yang lalu, telah diunggah di kanal YouTube Flemmo, judulnya "Can't Take My Eyes Off You".

Pelanggan saya berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Saya menawarkan jasa pembuatan musik untuk jingle lagu iklan perusahaan dan organisasi, musik latar untuk film dan games, lagu mars, lagu himne, dan musik instrumental untuk vlogger-Youtuber. Saya juga melayani jasa sound design, mixing-mastering lagu, dan jasa aransemen untuk cover lagu.

Flemmo Enterprise Music menerapkan teori behavior, stimulus-response model Ivan Pavlov ke dalam lagu. (dok. pribadi).

Untuk membuat lagu, saya menerapkan teori behavior, stimulus-response model dari Ivan Pavlov. Saya memadukan nilai-nilai kehidupan ke dalam nada dan irama lagu. Penerapan teori behavior ke dalam lagu dapat memberikan sentuhan psikologis bagi pendengarnya. Dengan demikian, pendengar dapat larut ke alam bawah sadar, sehingga pendengar merespon dengan memberi persepsi bahwa hidup itu perlu konsisten, penuh semangat, dan dinamis.

Dalam membuat musik, saya memadukan berbagai aliran (genre) dan menanamkan kisah-kisah inspiratif ke dalam lagu. Melalui bendera Flemmo Music, saya mengintegrasikan konsep suara detail untuk menggugah perasaan pendengar, sehingga pendengar tenggelam dalam tempat, panorama, waktu, suasana hati, dan suasana imajiner.

Flemmo Enterprise Music menawarkan harga kompetitif untuk jasa pembuatan lagu dan aransemen musik untuk cover lagu. Harga jasa bervariasi mulai Rp500 ribu. (dok. pribadi).

Seiring perkembangan, saya meningkatkan profesionalitas dalam membuat musik dalam berbagai aliran lagu. Saya mengerjakan proses pembuatan lagu secara profesional, di antaranya lagu pop, jazz, EDM, rock, indie, dan dangdut. Saya menawarkan harga jasa yang kompetitif untuk pembuatan musik dan lagu. Harga jasa pembuatan musik dan aransemen bervariasi mulai Rp500 ribu, tergantung tingkat kesulitan lagu. Target pasarnya yaitu masyarakat di seluruh dunia yang membutuhkan hiburan musik.

Di dunia musik, saya menggunakan nama Flemmo. Di antara karya saya berupa musik instrumental, telah tersedia di platform digital Spotify, YouTube Music, Apple, Deezer, dan Amazon. Di antaranya yaitu lagu The Beginning of Us (2020), A Fantasy Can't Gone (2020), dan Dynamic (2021). Saya juga membuat jingle lagu KTT Istanbul Youth Summit 2021 Turki, pada 22 Maret 2021 lalu.

Alfath Flemmo Maulasufa (foto: kiri), Mendapat Penghargaan The Most Outstanding Project Sosio-Edupreneur SEPIA ID di Konferensi Tingkat Tinggi KTT Pemuda Internasional Istanbul Youth Summit (IYS) 2021. Penyerahan Anugerah Award langsung oleh Aldi Subakti CEO IYS - Youth Break the Boundaries (YBB) Foundation di Turki, 25 Maret 2021. (dok. pribadi).

Baca Juga: Menteri Agama Yaqut Qoumas Apresiasi Alfath Penerima Beasiswa YYGS Yale University Amerika Serikat

Beberapa waktu lalu, saya juga berperan di kancah internasional untuk mengubah dunia lebih baik. Saya mempromosikan perdamaian dunia melalui musik dalam program UNESCO Virtual Summer Camp 2021, Yale Young Global Scholars (YYGS) Connect 2021 Yale University Amerika Serikat, AW MUN Conference 2021, dan Konferensi Internasional KTT Istanbul Yout Summit (IYS) 2021 Turki. Saya merasa terhormat ketika Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi dan bangga atas prestasi saya yang ditulis melalui akun Twitter @YaqutCQoumas pada 9 September 2021.

Saya sangat optimis, Flemmo Enterprise Music bisa tumbuh sebagai perusahaan korporasi tangguh dan kuat di sektor industri musik digital. Ke depan, saya akan membuat gebrakan inovatif untuk mewujudkan impian saya sesuai rencana strategis. Impian saya yaitu membangun platform musik terapi untuk kesehatan mental.

Semoga #bikingebrakan Flemmo Enterprise Music di bisnis sektor industri kreatif ini sukses untuk meningkatkan daya saing kewirausahaan melalui produksi musik digital, menciptakan lapangan kerja baru di industri musik tanah air, meningkatkan peran pemuda generasi Z di sektor ekonomi kreatif. *Alfath.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image