Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image FLEMMO

Bidik Modal Usaha WMP Berprestasi Kemenpora, Komposer Alfath Flemmo Tawarkan Industri Kreatif

Bisnis | Saturday, 15 Oct 2022, 23:31 WIB
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath), founder & CEO Flemmo Enterprise Music lolos Finalis Wirausaha Muda WMP Berprestasi 2022.

Komposer muda Indonesia generasi Z, Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath), founder dan CEO Flemmo Enterprise Music, usaha industri kreatif jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital berbasis teknologi artificial intelligence (AI), lolos final Apresiasi Wirausaha Muda Pemula Dan Penggerak Wirausaha (WMP) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI).

Baca Juga: Lolos Kompetisi UMKM Kekinian CARIpreneur, Alfath Flemmo Tawarkan Musik Teknologi AI

Pengumuman Finalis Apresiasi kepada Wirausaha WMP Berprestasi Tingkat Nasional 2022 disampaikan melalui website resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) - kemenpora.go.id, pada 13 Oktober 2022.

Pengumuman Finalis Apresiasi Kepada Wirausaha Muda Pemula dan Penggerak Wirausaha Berprestasi WMP Tingkat Nasional Tahun 2022 di kemenpora.go.id

"Alhamdulillah, sebagai pebisnis muda generasi Z, saya mengucapkan terima kasih kepada Menpora RI. Proposal bisnis Flemmo Enterprise Music berbasis teknologi AI yang saya ajukan lolos final lomba kewirausahaan nasional Wirausaha Muda Pemula (WMP) Berprestasi Tingkat Nasional 2022", ucap Maharsyalfath Maulasufa, merasa bersyukur.

Pengumuman Finalis Apresiasi kepada Wirausaha Muda WMP Berprestasi Nasional 2022 melalui website resmi kemenpora.go.id, pada 13 Oktober 2022.

Alfath juga mengatakan bahwa tujuan mengikuti Kompetisi Nasional Inovasi dan Teknologi Digital Olahraga KEMENPORA x ISORI 2022 adalah untuk mendukung DBON dalam upaya percepatan penetrasi transformasi digital untuk Indonesia Maju.

"Lihat saja nanti deh, apabila juri memilih saya sebagai pemenang WMP Berprestasi 2022, saya mau kasih hadiah buat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), Bapak Zainudin Amali, berupa lagu-lagu yang saya komposisi sendiri bertema semangat keolahragaan nasional untuk mendukung DBON sebagai media untuk memotivasi para atlet Indonesia", harap Alfath Flemmo.

Baca Juga: Alfath Mahasiswa Ilmu Komunikasi BINUS Garap UMKM Ekonomi Kreatif Raih Juara 3 Nasional JBC 2022

DBON, adalah arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan.

Alfath Flemmo sapaan akrab Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa, komponis muda Indonesia, merupakan musisi gen Z yang fokus pada bisnis musik digital. Karya album Flemmo musical art di antaranya "The Beginning of Us" (2020), "A Fantacy Can't Gone" (2020), dan "Dynamic" (2021), tersedia di media streaming utama Spotify, Apple Music, dan YouTube.

Keuletannya untuk fokus di bisnis musik dan berbagai prestasinya dalam mengomposisi musik, Maharsyalfath Maulasufa mendapat penghargaan dari Sony Music Group (SMG) yang dikelola oleh Institute of International Education (IIE).

Baca Juga: Maharsyalfath Maulasufa, Mahasiswa BINUS University Masuk Top 20 Startup Terbaik

"Saya mendapat anugerah penghargaan SMG Scholarship berupa beasiswa pendanaan studi dari Sony Music Group Global Scholars Program 2022 untuk kuliah S1 Computer Information System for Business and Management (CIS), Faculty of Computer Science, President University, Jababeka Cikarang, Indonesia", ungkap Maharsyalfath Maulasufa.

Untuk menguji kompetensi sebagai pebisnis pemula, Alfath Flemmo aktif mengikuti berbagai lomba model bisnis dan kewirausahaan tingkat nasional hingga internasional.

"Yang masuk final dan juara di antaranya Top 10 Cipta Lagu Lingkungan "Pesona Negeri", Socio-Edupreneur Outstanding Project SEPIA ID - Istanbul Youth Summit 2021 Turki, Top 12 Startup Entrepreneurship World Cup EWC 2021, Best 3 Global Anthem Competition - Youth For Understanding YFU 2021, Winner 3rd Javanese Business Competition JBC 2022, Juara 1 Airlangga Writing Competition AWC 2022, Top 30 Vlog Terbaik Finalis Nasional Lomba Ide Bisnis Diplomat Success Challenge DSC 2022, Finalis CARIpreneur CARInih PTDKI SMESCO 2022, dan Finalis WMP Berprestasi 2022", ujar Alfath Flemmo bersemangat.

Baca Juga: Kado Hari Ibu, Komposer Alfath Flemmo Rilis Lagu

WMP Berprestasi merupakan sosok pemuda yang memiliki motivasi untuk berprestasi (Need for Achievement) melalui berwirausaha. WMP Berprestasi tidak hanya diukur dari jumlah aset yang telah berhasil dicapainya, memiliki karakter kewirausahaan, memiliki rasa percaya diri dan mampu bersikap positif terhadap diri dan lingkungannya.

Dikutip dari laman resmi Kemenpora, bahwa WMP Berprestasi merupakan sosok pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki inisiatif, keuletan, kegigihan, berperilaku kreatif dan inovatif, mampu bekerja keras, berpandangan luas dan memiliki visi kedepan, berani mengambil risiko yang diperhitungkan, serta tanggap terhadap saran dan kritik yang dapat digunakan sebagai masukan untuk memperbaiki diri.

Flemmo Enterprise Music, usaha industri kreatif, jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital berteknologi AI.

Flemmo Enterprise Music atau Flemmo merupakan usaha jasa yang bergerak di bidang industri kreatif, yakni jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital berbasis teknologi AI. Flemmo Music didirikan oleh Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa, seorang musisi komposer muda Indonesia generasi Z, yang berlokasi di Jombang, Jawa Timur, pada 16 Agustus 2018.

Baca Juga: Komposer Muda Flemmo Kebanjiran Order Aransemen Lagu Berkah Bikin Gebrakan Vlog DSC Diplomat Sukses

"Tentunya, Flemmo Music semakin profesional dalam melayani pelanggan. Sebagai pengelola Flemmo, saya berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam mengomposisi lagu dan aransemen musik digital menggunakan software Digital Audio Workstation, FL Studio", tegas Alfath Flemmo pencipta lagu tema lingkungan hidup dan kehutanan berjudul Pesona Negeri.

Lebih lanjut Alfath mengungkapkan keunikan Flemmo Music dalam proses produksi musik.

"Flemmo Enterprise Music mahir dalam memadukan berbagai genre dan memberikan sentuhan psikologis dan kisah inspiratif ke dalam lagu", ujar Alfath Flemmo.

Alfath, komposer muda generasi Z, founder & CEO Flemmo Enterprise Music, berpengalaman lebih dari 4 tahun dalam mengomposisi lagu dan mengaransemen music digital

Alfath, komposer muda Indonesia generasi Z ini menjelaskan bahwa untuk menghasilkan lagu dan musik yang berkualitas tinggi, Flemmo Music menerapkan dan menginovasi teknologi artificial intelligence (AI) dalam pembuatan lagu, sound design, aransemen, musik latar atau background music (BGM) untuk film game, jingle iklan perusahaan, lagu mars, hymne, lagu rakyat (folk), dan lagu kebangsaan (anthem).

"Tahun 2022 ini, Flemmo Music dalam masa pertumbuhan bisnis, berupa peningkatan jumlah pelanggan yang singnifikan dibanding tahun lalu. Flemmo mendapatkan pelanggan baru rata-rata 5 klien per bulan. Bertambahnya jumlah pelanggan ini disebabkan oleh meningkatnya kepercayaan pelanggan", ungkap Maharsyalfath.

Maharsyalfath Maulasufa, musisi muda kelahiran Jombang 3 Februari 2004, mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi BINUS Malang dan sekaligus sebagai mahasiswa S1 Ilmu Komputer Prodi Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen di President University, memaparkan bahwa dalam membuat lagu, Flemmo Music memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam proses mengomposisi musik.

"Flemmo Music menerapkan teknologi AI dan Teori Behaviour Stimulus-Response model Ivan Pavlov ke dalam lagu, mengintegrasikan konsep suara detail untuk menggugah perasaan pendengar. Tujuannya agar pendengar tenggelam dalam tempat, panorama, waktu, suasana hati, dan suasana imajiner", papar Maharsyalfath Maulasufa.

Dalam hal marketing, Alfath mengatakan bahwa untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi produksi lagu, Flemmo selalu berupaya meng-upgrade sarana dan prasarana teknologi. Hal ini merupakan bagian dari strategi pemasaran untuk mendukung proyek yang sedang digarap Flemmo, yakni pengembangan platform digital e-commerce untuk scala-up usaha.

Alfath Maulasufa sebagai pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music juga meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), soft-skill untuk mendukung transformasi digital, melalui pelatihan selama 2 bulan di bidang Creative Audio Production yang diselenggarakan oleh Santri Digitalpreneur Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Pengembangan SDM perusahaan Flemmo Enterprise Music bertujuan untuk meningkatkan kualitas konten di kanal YouTube.com/Flemmo.

"Untuk mendukung pengembangan platform digital, saya juga mengikuti pelatihan 50 jam Kotlin for Android dan Web Development di Dicoding Academy Indonesia untuk membangun website bisnis flemmomusic dot com", ujar Maharsyalfath.

Selain itu, Alfath Flemmo juga mengikuti berbagai pelatihan bisnis, manajemen, digital marketing, dan leadership melalui #1000StartupDigital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

"Flemmo Music senantiasa berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial dan pendidikan. Di komunitas global, Flemmo mengadakan acara dan diskusi musik dengan anak muda bertajuk "Musisi, Agen Perubahan di Masyarakat" dalam perayaan ulang tahun Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) pada Desember 2020", ujar Maharsyalfath Maulasufa peraih Juara 1 Tingkat Nasional Lomba Menulis Esai Ilmiah SDGs, Airlangga Writing Competition AWC 2022 yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya.

Alfath Flemmo merupakan komposer muda Indonesia generasi Z yang aktif dalam kegiatan internasional.

"Di program Yale Young Global Scholars (YYGS), Flemmo mengomposisi lagu berjudul Awareness tentang kesehatan di masa pandemi. Flemmo juga menciptakan jingle untuk konferensi internasional Istanbul Youth Summit (IYS) 2021 di Turki, dan masuk 3 final terbaik komposisi lagu "Happy Day" di lomba anthem global untuk organisasi pemuda internasional Youth For Understanding (YFU)", kisah Maharsyalfath, Ambassador dan Alumni Program YYGS Connect 2021, Yale University, Amerika Serikat.

Kontribusi usaha Flemmo Music untuk masyarakat Indonesia, di antaranya aransemen untuk hymne Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), cipta lagu lingkungan hidup "Pesona Negeri", dan jingle Zona Integritas untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Flemmo berencana membangun e-commerce platform musik digital dengan menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam jasa pembuatan lagu dan aransemen musik, menghubungkan customer dengan freelancer, mendampingi musisi ke label rekaman, mendistribusikan lagu ke platform streaming, dan menciptakan musik sebagai preview produk bisnis di media sosial dan e-commerce masa depan.

Ke depannya, Flemmo Music juga berencana bekerja sama dengan industri label rekaman. Platform digital Flemmo ini juga dapat digunakan sebagai A&R, distributor, atau perusahaan musik untuk mencari bakat dan mengawasi perkembangan artis rekaman (penyanyi, instrumentalis, band) dan penulis lagu.

"Alhamdulillah, selama tahun 2022 terdapat peningkatan jumlah klien yang cukup signifikan untuk jasa aransemen dan pembuatan lagu, naik lima kali lipat dari tahun lalu", pungkas Alfath Flemmo komponis muda Indonesia generasi Z yang berprestasi di kancah internasional, pencipta jingle song Istanbul Youth Summit 2021 Turki.

Penulis: Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath Flemmo) adalah seorang komposer dan produser musik Indonesia; jurnalis lepas; penerima Sony Music Group Global Scholars Program 2022 yang disponsori oleh Sony Music Group (SMG) dan dikelola oleh Institute of International Education (IIE); Delegasi IYS 2021 Turki; Delegasi UNESCO IMUN dan AWMUN Camp; Penerima Beasiswa YYGS Yale University 2021, Penerima Widia Scholarship 2022; Penerima Beasiswa Prestasi BPI/BIM Kemendikbud Ristek 2022, Komposer Pendiri Startup FlemmoMusic.com; YouTuber Flemmo; Co-Founder Socio-Edupreneur Sepia.ID; Founder & Programmer di AlfathDev & FiGO Tech, Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi BINUS University Binusian 2026, Mahasiswa S1 Information System for Business and Management - Faculty of Computer Science President University 2022/2023.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image