Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ega Lestari

FKIP UMP GELAR MASA PENGENALAN MAHASISWA SECARA LURING

Eduaksi | Sunday, 18 Sep 2022, 12:11 WIB
Kegiatan foto bersama panitia dan mahasiswa baru FKIP UMP

Purwokerto -414 Mahasiswa baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto ikuti kegiatan Masa Pengenalan Mahasiswa (MPM) tahun 2022 secara luring di Kampus 1 UMP pada tanggal 6 hingga 7 September 2022.

Setelah 2 tahun sebelumnya pelaksanaan MPM diselenggarakan secara daring, pada tahun ini MPM kembali diselenggarakan secara luring.

"MPM pada tahun 2022 ini diselanggarakan secara tatap muka atau luring, dan kita laksanakan selama 2 hari,” ucap Faishal selaku Ketua OC MPM 2022.

Dalam sambutannya pada saat pembukaan MPM 2022, Faishal menginformasikan bahwa MPM merupakan kegiatan wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa baru FKIP UMP sebagai bekal persiapan untuk mengikuti proses pembelajaran di dunia perkuliahan. Setelah mengikuti rangkaian acara MPM, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat. Dimana sertifikat tersebut menjadi salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa.

Kegiatan MPM 2022 dibuka oleh Dekan FKIP UMP. Adapun tema yang diusung pada tahun ini yaitu "Aktualisasi Mahasiswa FKIP dalam Membentuk Karakter Muda yang Religius dan Inovatif di Era 5.0" dari tema tersebut mengarahkan acara ini guna: (1.) Mengenalkan lingkungan kampus Universitas Muhammadiyah Purwokerto, khususnya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kepada mahasiswa baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, (2.) Menanamkan nilai-nilai religius kepada mahasiswa baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, (3.) Memberikan pemahaman pendidik yang berkarakter dan inovatif, (4.) Memotivasi dan mendukung mahasiswa baru untuk berperan aktif dalam organisasi kemahasiswaan, (5.) Melatih kemampuan berpikir kritis mahasiswa baru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jadi garis besar tujuan MPM itu sendiri lebih menyasar kepada Mahasiswa Baru FKIP tahun 2022.

"Dengan serangkaian kegiatan Masa Pengenalan Mahasiswa, para mahasiswa baru diharapkan dapat lebih menata pengetahuan dan sikap dalam mengikuti

kegiatan akademik dan non-akademik. Melalui Kegiatan Masa Pengenalan

Mahasiswa, saya berharap terjadi perubahan pemikiran atau penalaran yang

dinamis bagi seluruh mahasiswa baru FKIP," Kata Drs. Eko Suroso, M.Pd selaku dekan FKIP UMP dalam sambutannya.

Rangkaian kegiatan MPM 2022 dikemas menjadi suatu kegiatan yang berkesan dan menyenenangkan. Kegiatan di hari pertama diawali dengan pembukaan MPM 2022 dan dilanjut dengan perkenalan jajaran pimpinan FKIP UMP. Kemudian acara dilanjut dengan materi terkait strategi menjadi mahasiswa FKIP membentuk karakter muda yang religius dan inovatif di Era 5.0. Kemudian dilanjut dengan parade lembaga FKIP, termasuk pengenalan BEM, DPM, dan HMPS. Di penghujung acara terdapat pengenalan UKM baru yang ada di UMP, yakni UKM cinematografi.

"Kegiatan di hari pertama kita berfokus pada pengenalan lingkungan FKIP UMP, berkaitan juga dengan kegiatan akademik dan kegiatan organisasi kemahasiswaan." Ucap Denanti selaku anggota divisi acara MPM 2022.

Berbeda dengan hari pertama, denanti mengatakan bahwasannya kegiatan di hari kedua akan berfokus kepada mahasiswa baru dimana kegiatan tersebut dirancang guna melatih kreativitas dan kemampuan berpikir kritis. Adapun kegiatan di hari kedua yaitu Sosialisasi dari BNN, Forum Group Discussion (FGD) dan tour fakultas agar para mahasiswa baru mengetahui gedung-gedung di FKIP. Setelah itu, terdapat 7 perwakilan dari mahasiswa baru yang terpilih untuk menampilkan orasi. Penampilan yang dibawakan oleh ketujuh mahasiswa baru ini sangat memukai para juri. Setelah itu, pemberian reward kepada para mahasiswa baru dan pamong. Di penghujung acara hari kedua tim panitia membuat kegiatan menjadi berkesan dengan cara menyanyikan lagu bersama-sama.

"Pelaksanaan kegiatan MPM 2022 selama dua hari dan Alhamdulillah acaranya sukses dan lancar. Untuk semua tujuan yang telah dirumuskan Alhamdulillah juga sudah terealisasikan. Banyak Mahasiswa baru yang memberikan tanggapan positif terkait pelaksanaan kegiatan ini. Acara MPM tahun ini juga menurut saya sangat berkesan, karena memang setelah 2 tahun tidak melaksanakan ospek secara tatap muka seperti tahun ini. Panitia yang bertugas juga sebagian besar mengikuti ospek secara online namun mereka dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan, dan itu menjadi nilai plus bagi kepanitiaan di Tahun ini," Ujar Aziz selaku Koordinator SC MPM 2022. (EL)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image