Manfaatkan Media Sosial Tampung Aspirasi Warga Kota

Image
Hamdani
Curhat | Wednesday, 14 Sep 2022, 14:57 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar bincang-bincang siaran Podcast Antara Aceh di Kantor Perum LKBN Antara Biro Aceh di Banda Aceh, Selasa (13/9/2022). Foto Dokumentasi Humas

Banda Aceh – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh, Farid Nyak Umar, menyampaikan jika dirinya memanfaatkan media sosial untuk menampung berbagai keluhan dan aspirasi warga Kota Banda Aceh. Hal ini disampaikan Farid dalam bincang-bincang siaran Podcast Antara Aceh di Kantor Perum LKBN Antara Biro Aceh di Banda Aceh, Selasa (13/9/2022).

“Salah satu tugas kita selaku anggota DPRK adalah menyerap aspirasi masyarakat, maka saya memanfaatkan media sosial untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat,” kata Farid Nyak Umar dalam podcast tersebut.

Farid menjelaskan, melalui medsos dirinya bisa mengabarkan kegiatan dan kerja-kerja dewan, serta apa yang sedang dilakukan oleh wakil rakyat. Ini sering dilakukan khususnya saat masa pandemi Covid-19. Itu merupakan bentuk penyebarluasan informasi dan bentuk pertanggungjawaban dirinya kepada publik agar mengetahui apa yang dikerjakan oleh para legislator.

“Karena kita ingin masyarakat tahu apa yang kita kerjakan dan ini merupakan tanggung jawab sosial kepada para konstituen dalam menjalankan fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Jadi, dengan aktif di media sosial bisa lebih memudahkan kerja-kerja kita,” uja Ketua DPD PKS Banda Aceh itu.

Melalui media sosial dirinya juga dapat berinteraksi secara aktif dengan masyarakat. Selain itu juga banyak komentar mengenai laporan dan keluhan yang perlu ditindaklanjuti dan disampaikan kepada pihak terkait.

Namun, juga ada komentar-komentar yang mengkritisi sehingga perlu disikapi secara bijak dan arif. Hal ini menjadi penting untuk introspeksi karena media sosial berhubungan dengan publik. Maka sebagai pejabat publik tentunya tidak boleh "baperan" jika ada kritikan dari masyarakat.

“Jadi media sosial ini penting bagi saya dan ini adalah sarana yang memudahkan saya untuk berinteraksi dengan segenap masyarakat Kota Banda Aceh,” sebut Farid.

Selain menampung aspirasi melalui media sosial, dirinya juga berkewajiban untuk menyerap dan menerima segala aspirasi dari masyarakat, baik melalui kegiatan reses, kunjungan kerja lapangan, pansus, atau saat menerima audiensi kelompok masyarakat. Aspirasi juga dapat diserap melalui pertemuan yang bersifat informal seperti sedang berada di masjid, di warkop, atau di tempat lainya.[]

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Suara Rakjat

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Link Download GB WhatsApp Versi Terbaru September 2022 Termudah dan Tercepat!

Image

20 Nama FF Keren Tanpa Simbol, Buat Cowok dan Cewek Beserta Artinya Terbaru 2022

Image

6 Orang WBP Lapas Perempuan Palembang Kanwil Sumsel Terima Asimilasi Dirumah

Image

Lapas Brebes Ikuti Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022

Image

Ucapan Selamat Hari Kesaktian Pancasila dari Rupbasan Palembang

Image

Pendekatan Matematika dalam Mitigasi Bencana

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image